Yuk Tangkap Keindahan Pulau Belitung Dengan Mengunjungi 7 Spot Cantik Ini

Indonesia begitu indah, begitu penuh pesona. Banyak spot di Indonesia yang harus kamu sambangi mulai dari Sabang sampai Merauke. Kali ini isikulkas.com akan membawa kamu ke sebuah tempat cantik yang dulu pernah dijadikan setting tempat dalam sebuah film terkemuka di Indonesia Laskar Pelangi. Yup, bener banget, pulau Belitung.

Dikutip dari wikipedia: Pulau Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut), diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar. Sebagian besar penduduknya, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut.

Lokasinya yang dekat pesisi pantai membuat pulau Belitung ini kaya akan wisata lautnya yang menawan. Nah, penasaran seperti apa pesona pulau Belitung yang pernah dijadikan setting tempat dalam film Laskar Pelangi? Yuk jelajahi sama-sama keindahannya.

1. Sebelum jelajahi keeksotisan deretan pantai-pantainya, yuk sambangi dulu Museum Kata Andrea Hirata.

Museum Kata Andrea Hirata via mitrabelitung.com

Museum Kata Andrea Hirata via mitrabelitung.com

Museum Kata Andera Hirata ini merupakan Museum Sastra pertama di tanah air Indonesia. Museum yang terletak di Dsa. Lenggang, Kec. Gantung, Belitung Timur atau sekitar 2 jam dari Tanjung Pandan ini berisi berbagai dokumen-dokumen sastra dan tentunya dokumentasi karya Laskar Pelangi. Museum ini memang selalu identik dengan Laskar Pelangi, bahkan nama-nama ruangan yang ada di dalamnya diambil dari nama-nama tokoh yang ada di novel Laskar Pelangi.

Buat para pecinta kopi, di bagian belakang museum tedapat sebuah ruangan kuno yang menyediakan kopi tradisional yang bisa langsung kamu nikmati. Bukan hanya wisatawan lokal saja yang tertarik mengunjungi museum ini, wisatawan mancanegara juga. So, kamu nggak tertarikt nih mengunjungi museum ini?

2. Setelah puas mengunjungi museumnya, yuk langsung cus ke deretan pantai-pantainya. Mulai dari pantai Pantai Tanjung Tinggi yang begitu memesona.

Pantai Tanjung Tinggi via www.sumatratour.org

Pantai Tanjung Tinggi via www.sumatratour.org

Pantai yang menjadi salah satu primadona pulau Belitung ini terletak 30 km dari kota Tanjung Pandan. Adanya film Laskar Pelangi sangat membantu sekali mempublikasikan Pantai Tanjung Tinggi ini sehingga pantai ini kini menjadi salah satu primadona pulau Belitung.

Pantai ini dihiasi airnya yang berwarana biru nan bersih, hamparan pasir putih dan berbagai bentuk bebatuan granit yang siap memanjakan matamu. Bebatuan granit yang tersusun sedemikian cantik ini seolah menambah keindahan pantai yang satu ini. Seperti disusun sedemikian indah, bebatuan granit ini menjadi pemandangan yang sempurna. Siapapun yang berada disini rasanya engga untuk cepat-cepat pergi.

3. Pulau Lengkuas, tempat snorkeling terbaik di pulau Belitung.

Pulau Lengkuas via www.belitungcobila.com

Pulau Lengkuas via www.belitungcobila.com

Buat kamu yang hobby snorkeling, maka Pulau Lengkuas ini bisa menjadi pilihan. Aneka biota laut di pulau ini begitu aneka ragam, membuatmu rasanya betah lama-lama berada di tempat ini. untuk bisa sampai ke Pulau Lengkuas, kamu bisa menggunakan jasa penyewaan perahu nelayan dari Pantai Tanjung Kelayang. Selain bisa bersnokeling sesuka hati, kamu juga bisa menaiki mercusuar untuk menikmati pemandangan cantik sekitar pantai terlebih saat sunset tiba. Buat yang ingin snorkeling, harap tetap hati-hati ya, jangan sampai merusak atau menginjak karang dan aneka biota laut lainnya. Tetap jaga keindahan alam sekitar.

4. Pulau Memperak, tempat yang akan memberimu ketenangan lahir dan batin.

Pulau Memperak via blog.gogonesia.com

Pulau Memperak via blog.gogonesia.com

Pulau Memperak ini merupakan pulau tersembunyi di Belitung yang memiliki pesona yang layak sekali untuk kamu sambangi. Pulau yang satu ini berada di sebelah timur laut Pulau Belitung dengan titik koordinat -2.710292,108.429822. Kabarnya pulau ini hanya dihuni satu orang yang merupakan penjaga pulau Memperak. Berada disini seperti tengah berada di pulau pribadi. Nah, buat kamu yang tertarik datang ke pulau ini sebaiknya bawa perbekalan yang memadai bila perlu yang banyak biar muat untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa untuk berfoto dengan aneka biota laut yang ada di pulau ini.

5. Tenangkan pikiranmu di Pantai Burung Mandi sembari menikmati segarnya es kelapa muda.

Pantai Burung Mandi via indonesiapunyaloh.blogspot.com

Pantai Burung Mandi via indonesiapunyaloh.blogspot.com

Pantai ini berada sekitar 85 km dari Tanjung Pandan, tepatnya berada dekat dengan  kawasan Kota Manggar, Belitung Timur. Pantai Burung Mandi ini bisa menjadi alternatif destinasi ketika berkunjung ke pulau Belitung. Pantai Burung Mandi ini memiliki tipe yang berbeda dengan pantai-pantai yang tersebar di Pulau Belitung. Hamparan pasir putihnya yang luas dan sepoi anginnya yang menampar pelan bisa sedikit membantu kamu yang tengah ditindih kepenatan. Bukan hanya itu, disini kamu juga bisa menikmati es kelapa muda yang akan membuatmu semakin bertambah segar. Waktu terbaik berada di tempat ini adalah sore hari, sebab sunset disini cantik sekali.

6. Jangan sampai ketinggalan nih Pantai Tanjung Kelayang saat kamu berkunjung ke Bellitung.

Pantai Tanjung Kelayang via www.sefyrabelitungtravel.com

Pantai Tanjung Kelayang via www.sefyrabelitungtravel.com

Pantai ini berada tak jauh dari pantai Tanjung Tinggi atau sekitar 27 km dari Tanjung Pandan. Keindahan pantai yang satu ini patut juga nih untuk kamu sambangi. Disini juga kamu bisa menyambangi pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai dengan menyewa perahu nelayan. Dijamin deh perjalanan kamu Belitung akan semakin berkesan dan menyenangkan.

7. Danau Kaolin, sisi lain dari pulau Belitung.

Danau Kaolin via www.tempatwisatakita.net

Danau Kaolin via www.tempatwisatakita.net

Saat masa penjajahan dulu, danau Kaolin merupakan tempat pertambangan yang begitu tersohor fi Belitung. Namun seiring berjalannya waktu, lokasi pertambangan ini akhirnya ditutup. Namun yang membuat warga Belitung terkejut yaitu terbentuknya sebuah danau alami yang dipenuhi air berwarna biru. Benar-benar epik sekali.  Bukan Cuma epik, disini juga kamu bisa mandi sesuka hati kamu tanpa perlu takut tercekik oleh bau belerang. Bahkan warga setempat memercayai bahwa danau ini berguna untuk mengobati penyakit kulit. Tempat ini kini menjadi surga bagi para pecinta selfie. Ah, rasanya sayang sekali kalau ke Belitung nggak berkunjung ke tempat ini.

Pulau Bellitung memang indah dan menawan. Pulau Belitung adalah satu surga Indonesia yang keserhanaannya tak bisa terbantahkan. Pulau Belitung rasanya menjadi tempat tepat untuk melarikan diri buat kamu yang sudah penat dengan suasana kota. Tertarik untuk datang? Semoga bermanfaat ya. Dan selamat jalan-jalan. Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar.

Leave a Reply