Yuk, Icip-Icip 8 Makanan Khas Malang Ini. Dijamin Nagih Banget!

Kuliner khas Malang

Bicara soal wisata kuliner, Malang menjadi salah satu tempat yang memiliki kuliner-kuliner unik nan lezat. Oleh karena itu, Malang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Indonesia yang banyak diburu para wisatawan. Seperti wisata-wisata kuliner lainnya, Kuliner Malang  pun menjajakan berbagai macam makanan unik yang jarang ditemukan di daerah-daerah lainnya. Pesona wisata kuliner seolah menjadi bagian yang penting dari identitas suatu kota atau daerah, khususnya dalam mempromosikan obyek pariwisata daerah tersebut. Nah, saat kamu berkunjung ke Malang, berikut ini kuliner-kuliner lezatnya yang tak boleh begitu saja boleh kamu lewatkan.

1. Mencicipi Bakso Malang yang keberadaanya sudah berkelana ke mana-mana.

Bakso Malang via bullyyourbelly.com

Bakso Malang via bullyyourbelly.com

Sudah pernah makan Bakso Malang? Pasti pernah dong ya. Wajar saja, keberadaanya memang sudah melanglang buana kemana-mana. Bakso Malang ini merupakan makanan khas Malang yang kelezatannya sudah tak diragukan lagi, harganya pun sangat ekonomis. Yang membedakan bakso Malang dari bakso-bakso lainnya adalah cita rasanya. Meskipun Bakso Malang bisa kamu jumpai dimana-mana, tapi tak ada salahnya jika kamu menyantapnya langsung di daerah kelahirannya. Jika kamu tertarik untuk mencicipi, datang saja ke Jln. Batanghari No. 5, Malang.

2. Jangan lewatkan Bakso Bakar Malang yang kelezetannya bisa membuatmu melayang-layang.

Bakso Bakar Malang via www.putrinyanormal.com

Bakso Bakar Malang via www.putrinyanormal.com

Jika ke Malang, jangan sampai kamu lewatkan bakso bakar yang kelezatannya bisa membuat kamu melayang-layang. Bakso bakar yang paling terkenal di Malang adalah bakso bakar Pak Man yang letaknya di jln. Diponegoro No. 19, Malang.

Makanan simpel dan ekonomis ini berbahan dasar bakso yang dibakar dengan berbagai racikan bumbu. Level kepedasannya pun berbeda-beda, dari level pedas biasa sampai level pedas luar biasa. Lokasinya yang strategis dan harganya yang sangat ekonomis, membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung, terutama  pengunjung mahasiswa. Jika kondisi keuanganmu sedang menipis, bisa banget nih datang ke sini. Bahkan kamu bisa mendapatkan mie dan bihun gratis. Mantep banget, kan?

3. Opor khas Malang, makanan paling bersahabat di Kota Malang.

Opor khas Malang via www.masakandapurku.com

Opor khas Malang via www.masakandapurku.com

Opor khas Malang disebut juga dengan nama orem-orem. Makanan berat yang satu mungkin terdengar asing di telinga orang-orang yang tinggal di luar Jawa Timur. Tapi, kelezatannya, mampu membuat kamu ketagihan untuk terus mencobanya. Orem-orem ini berbahan dasar potongan ketupat dengan kuah santan kental yang dicampur suwiran ayam, irisan tempe, tauge, dan. Uhhh, yummi.

Orem-orem ini dulunya hanya bisa ditemukan saat syukuran atau di pesta pernikahan, namun seiring berjalannya waktu, keberadaanya semakin berkembang hingga kamu sudah bisa menjumpai orem-orem diberbagai rumah makan yang banyak menjajakan makanan khas Malang. mendol, telur asin, mendol dan krupuk untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

4. Setelah mengelilingi keindahan Malam di Malang, yuk coba Sego Goreng Mawut. Dijamin laparmu langsung hilang.

Sego Goreng Mawut via www.indischekoffie.com

Sego Goreng Mawut via www.indischekoffie.com

Sego goreng mawut yang berbahan dasar nasi dan mie ini merupakan jenis makanan berkarbohidrat tinggi. Itulah mengapa, makanan yang satu ini bisa menjadi solusi terbaik buat orang-orang yang diserang kelaparan tingkat tinggi. Jadi buat kamu yang sudah lelah dan merasa sangat kelaparan setelah seharian keliling Malang, sebaiknya kamu coba menu ini. Jika ditanya rasa, tak usah diragukan lagi, pastinya sedap sekali. Jangan khawatir kesusahan mencari letak sego goreng mawut Sego mawut, karena keberadaanya bisa kamu jumpai di mana-mana, di setiap sudut kota Malang dia ada.

5. Ingin merasakan sensasi rasa yang berbeda dari mie ayam? Coba cicipi Cwie Mi Malang.

Cwie Mi Malang via reseponline.info

Cwie Mi Malang via reseponline.info

Cwie Mi Malang, mungkin sepintas mirip dengan mie ayam. Yang membedakan keduanya adalah  tekstur mie dan seladanya yang lebih halus. Bukan hanya itu, taburan ayam pada Cwie Mie Malang ini juga berberda dengan mie ayam-mie ayam pada umumnya. Teksur Ayam pada Cwie Mie Malang ini lebih halus dan lembut menyerupai abon ayam.

Jika ditanya rasa, Cwie Mie Malang ini cenderung lebih asin sehingga menimbulkan efek segar dan gurih di lidahmu. Menggugah selera sekali, bukan? Jika ingin mencicipinya, kamu tidak perlu pusing-pusing untuk mencarinya, karena makanana jenis ini bisa kamu temukan di mana-mana.

6. Hangatkan dingin tubuhmu dengan minuman Angsle khas Malang.

Angsle Malang via elshinta.com

Angsle Malang via elshinta.com

Selain Apel, Malang juga terkenal dengan hawa dinginnya. Jika petang datang, hawa dingin akan semakin menusuk tulang. Untuk mengatasi suhu dingin yang begitu menusuk, penduduk setempat biasanya meminum semangkuk angsle. Nah, buah kamu yang belum terbisa dengan hawa dingin kota Malang, semangkuk angsle bisa menjadi minuman yang menghangatkan.

Minuman Angsle ini mirip dengan sekoteng atau wedang ronde. Yang membedakan minuman angsle  selain dari cita rasanya yaitu dari segi komposisinya . Minuman angsle ini memiliki komposisi kacang hijau rebus, potongan roti, kacang, bubur mutiara, putu mayang, tape singkong, dan ketan kukus.

7. Tempe Gembus khas Malang, cemilan paling merakyat di Malang.

Tempe Gembus khas Malang via www.masakandapurku.com

Tempe Gembus khas Malang via www.masakandapurku.com

Ada lagi cemilan sedap yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Malang, yaitu Menjes. Menjes atau yang lebih kita kenal dengan nama tempe gembus ini memiliki cita rasa yang luar biasa, terlebih jika disantapnya dalam keadaan masih hangat yang dipadu dengan cabe rawit.  Minumannya teh panas atau kopi. Uhhhh, nikmat sekali. Menjes ini bisa berbahan dasar tempe atau ampas tahu yang dicampur tepung  kemudian digoreng. Menjes yang berbahan dasar tempe disebut menjes kasar, sementa menjes yang berbahan dasar tahu disebut menjes halus.

8. Selain Menjes, Mendol Tempe juga cemilan khas Malang yang tak boleh kamu lewatkan.

Mendol Tempe Malang via www.masakandapurku.com

Mendol Tempe Malang via www.masakandapurku.com

Mendol tempe yang berbahan dasar tempe ini menjadi lauk pauk yang cukup digemari oleh warga Malang. Jika kamu tertarik ingin mencoba di rumah berikut ini cara mengolahnya; pertema,  tumbuk campuran bawang putih, bawang merah, cabe rawit, daun jeruk, garam, kencur dan penyedap rasa hingga halus, lalu campurkan ke dalam tempe yang sebelumnya sudah ditumbuk halus, lalu aduk-aduk hingga merata dan membentuk adonan, selanjutnya adonan dibentuk menyerupai combro kemudian goreng hingga matang.

Gimana? Tertarik buat nyicipin kuliner khas Malang di atas? Atau ada rekomendasi lain? Yuk, share!

Leave a Reply