Tinjauan Medis: Ternyata Wudhu Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Wudhu adalah syarat untuk membersihkan atau mensucikan jiwa-raga dari hadast kecil. Wudhu juga menjadi salah satu amalan yang harus dilakuakn sebelum menjalankan ibadah shalat. Berwudhu wajib hukumnya bagi seseorang yang akan menjalankan ibadah sholat. Selain mendatangkan pahala, wudhu juga ternyata memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini manfaat wudhu menurut tinjauan medis yang harus kamu ketahui. Yuk simak sama-sama!

Berkumur-kumur Membantu Menghilangkan Bakteri Dalam Mulut.

Berkumur via abiummi.com

Berkumur via abiummi.com

Berkumur merupakan sunnah dalam tahap berwudhu. Selain menyegarkan dan membersihkan, berkumur juga melindungi dari kerusakan gigi, melindungi dari penyakit gusi, melindungi dari infeksi saluran pernafasan, dan mengangkat sisa-sisa makanan dalam mulut. Berwudhu juga membantu membunuh kuman-kuman yang ada dalam mulut. Kuman-kuman tersebut biasanya berada di permukaan gigi, di atas lidah, dan di daerah air liur.  Dengan mulut yang bersih dan segar, maka shalat akan terasa menenangkan.

Membersihkan Hidung Bagian Dalam Membantu Menjaga Hidung Dari Kuman.

Membersihkan hidung via www.dream.co.id

Membersihkan hidung via www.dream.co.id

Tahap wudhu berikutnya setelah berkumur adalah Istinsyaq. Istinsyaq yaitu menghirup air lewat hidung lalu langsung mengeluarkannya lagi. Manfaat dari Istinsyaq untuk membersihkan kuman-kuman yang ada di dalam hidung. Istinsyaq juga mampu melindungi dari penyakit sistem pernafasan. Fakta tersebut semakin diperkuat oleh pemaparan yang diungkapkan oleh Komite kongres di Kairo, yang menjelaskan bahwa membersihkan hidung sebanyak lima kali dalam sehari bisa membantu melindungi rongga hidung dari segala macam infeksi hidung, terutama peradangan.

Membasuh Wajah Membantu Menjaga Kesegaran Kulit Wajah.

Membasuh wajah via blog.blanja.com

Membasuh wajah via blog.blanja.com

Tahap berwudhu berikutnya adalah membasuh wajah. Air wudhu yang membasuh wajah membantu membersihkan serta memberikan sensasi yang segar pada kulit wajah. Dengan wajah yang segar, menjalani aktivitas seharian juga jadi lebih menyenangkan. Selain memberikan sensasi menyegarkan, membasuh wajah juga bermanfaat melindungi dari segala macam infeski wajah, seperti: jerawat, komedo ataupun infeksi lainnya. Berwudhu semacam obat alami untuk mengatasi berbagai macam permasalahan pada wajah. Manfaat lainnya, yaitu membantu pori-pori untuk bernafas, meremajakan kulit, dan mengurangi depresi.

Menetralkan Kulit Dari Sisa-sisa Keringat.

Mentetralkan via www.dream.co.id

Mentetralkan via www.dream.co.id

Membasuh wajah dan tangan membantu menghilangkan sisa-sisa keringat yang menempel seharian. Kadar lemak dan minyak pun akan cepat hilang. Hal tersebut tentu memberi berpengaruh baik pada kesehatan. Sejumlah ahli memaparkan bahwa saat membasuh tangan, secara tak langsung energi yang buruk juga ikut terbuang. Membasuh tangan juga berdampak pada titik akupuntur yang bermanfaat untuk me-rileks-kan tubuh dan membantu melenyapkan pikiran yang cemas.

Membasuh Daerah Kepala Membantu Menjernihkan Otak.

Membasuh kepala via www.fiqhindonesia.com

Membasuh kepala via www.fiqhindonesia.com

Membasuh daerah kepala saat berwudhu bermanfaat untuk mempertajam ingatan,  menjernihkan otak, dan melindungi rambut dari kerontokan. Bukan hanya itu, rutin membasuh daerah kepala juga membantu melindungi dari gangguan pikun. Itulah sebabnya, mulai dari sekarang, perbanyaklah wudhu kalau kamu nggak mau pikun.

Membasuh Telinga Membantu Merangsang Keseimbangan Kulit.

Membersihkan telinga via liputanantarkota.tk

Membersihkan telinga via liputanantarkota.tk

Selain daerah wajah, daerah telinga juga menjadi tempat yang sering terkena debu. Dengan rutin berwudhu, maka debu, minyak, dan lemak yang menempel pada daerah telinga akan hilang.  Memasuh telinga juga memberi sensasi yang menyegarkan. Manfaat lainnya dari membasuh telinga yaitu menjaga keseimbangan sistem pendengaran, membantu membersihkan bagian dalam dan bagian luar telinga.

Membasuh Kaki Membantu Melindungi Dari Serangan Jamur Nakal.

Membasuh kaki via kitamuslim1.wordpress.com

Membasuh kaki via kitamuslim1.wordpress.com

Membasuh kaki dengan disertai dengan pijatan kecil-kecil saat berwudhu berguna untuk menjaga daerah kaki dari serangan jamur. Pijatan-pijatan yang dilakukan juga bermanfaat untuk mengaktifkan sistem aliran darah di telapak kaki. Selain itu, membasuh kaki juga menciptakan rasa nyaman dan ketenangan yang berdampak pada aspek psikologi. Membasuh kaki saat berwudhu memiliki manfaat yang hampir sama dengan spa kaki.

Memperlancar Sirkulasi Darah Pada Jari-jari Tangan dan Kaki.

Jari dan tangan via indoagensbobet.blogspot.com

Jari dan tangan via indoagensbobet.blogspot.com

Berwudhu pada area jemari tangan dan kaki bermanfaat untuk relaksasi, meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar sirkulasi darah. Sehingga area tangan dan kaki terbebas dari pegal-pegal dan kesemutan. Cara ini juga sering dilakukan banyak musafir ketika berada dalam perjalanan yang melelahkan. Tak ada salahnya kamu coba, daripada harus pergi ke panti pijet?

Berwudhu bukan hanya kegiatan wajib yang harus dilakukan sebelum sholat, tapi berwudhu  juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita.  Jadi jika ingin ingin hidup kamu lebih sehat dan penuh barokah, maka berwudhulah. Semoga Allah memberkati kita semua. Amin 🙂

Leave a Reply