Ternyata 3 Tindakan Ini Bisa Membuat Allah SWT Malas Mengajak Kita Bicara Dihari Kiamat

Menjadi manusia yang disayang Allah SWT adalah impian bagi setiap umat muslim di dunia. Untuk mendapat kasih sayang Allah, setiap hamba diwajibkan untuk mematuhi segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Bahkan kelak di hari kiamat, Allah akan mengajak bicara para hambaNya yang patuh dengan penuh kasih sayang. Lalu, bagaimana dengan hamba yang menentangNya, apakah Allah akan tetap mengajakNya bicara dengan penuh kasih sayang atau malah sebaliknya?

Bagi hamba yang  menentang, Allah tidak lagi mengajaknya bicara dengan penuh kelembutan. Bahkan Allah melihat mereka yang menentang penuh dengan kemurkaan. Jika kamu mengaku hamba Allah yang patuh, berikut ini 3 tindakan yang harus kamu tahu agar Allah tidak malas mengajakmu bicara saat hari kiamat kelak. Simak baik-baik ya.

1. Musbil atau menghindari memakai pakaian dan celana di bawah mata kaki.

pakaian dan celana di bawah mata kaki via pustakaimamsyafii.com

pakaian dan celana di bawah mata kaki via pustakaimamsyafii.com

Allah SWT tidak menyukai mereka yang memakai pakaian atau celana melebihi mata kaki (musbil). Bahakn saat hari kiamat kelak, Allah tidak akan mengajaknya bicara.

Rasulullah SAW bersabda.

 “Siapa yang menyeret kainnya karena sombong maka Allah tidak akan melihat kepadanya pada hari kiamat.” Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya salah satu bagian kainnya melorot tetapi aku berusaha untuk menjaganya (agar tidak melebihi mata kaki).” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Engkau tidak melakukannya karena sombong.” (HR Al Bukhari).

2. Orang yang suka mengungkit-ungkit pemberiannya kepada orang.

Bergosip via pancakestime.com

Bergosip via pancakestime.com

Orang yang mengungkit-ungkit pemberiannya pada orang lain adalah orang yang paling dimurkai Allah. Kelak saat hari kiamat, orang tersebut menjadi orang pertama yang tidak akan diajak bicara Allah SWT. Sebab, mengungkit-ungkin pemberian itu sama artinya membatalkan sebuah amal.

Tidak mau amal baikmu hilang begitu saja, kan? Tidak mau dimuraki Allah, kan? Maka, hindari mengungkit-ungkit apapun yang sudah kamu berikan pada orang lain.

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al Baqaroh ayat 264:

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian membatalkan sedekah kalian dengan mengungkit dan menyakiti, seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya ingin dilihat manusia dan tidak beriman kepada Allah dan hari Akhir.” (Al baqarah: 264).

3. Menjual barang dagangan dengan sumpah palsu.

Melanggar janji via kelleemaize.com

Melanggar janji via kelleemaize.com

Selain memakai pakaian atau celana melebihi mata kaki dan mengungkit-ungkit, orang yang menjual barang-barang dagangannya dengan sumpah palsu juga menjadi tindakan yang sangat dimurkai Allah dan membuat Allah malas untuk mengajaknya bicara kelak pas hari kiamat.

Rasulullah SAW bersabda:

“Dua orang yang sedang berjual beli itu punya khiyar (pilihan) selama keduanya belum berpisah, jika keduanya jujur dan menjelaskan maka jual belinya akan diberkahi. Dan jika keduanya menyembunyikan (aib) dan berdusta maka akan dicabut keberkahannya.” (HR Al Bukhari dan Muslim).

Jadilah hamba yang patuh dan disayang Allah. Hamba yang disayang Allah SWT niscaya akan selalu berkah hidupnya. Semoga kita dilindungi dari murka Allah SWT.

Leave a Reply