Tentang Keberadaan Dinosaurus dan Nabi Adam AS. Se-zamankah?

Banyak sekali misteri yang menyelimuti sejarah manusia di dunia, mulai dari misteri awal penciptaan manusia sampai masa kini yang sebagian orang menganggap sudah mendekati akhir jaman masih juga misteri tersebut belum terpecahkan.

Allah SWT berfirman:

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.’ Mereka berkata, ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engakau dan mensucikan Engkau? Allah berfirman, ‘Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al Baqarah: 30).

Satu dari sekian banyak misteri yang hingga kini masih menjadi perdebatan yaitu fakta Dinosaurus.

Kapan sich masa kehidupan Dinosaurus? Se-zamankah dengan masa kehidupan nabi Adam? Ataukah tidak? Berikut pemaparannya.

Manusia Purba via www.masuk-islam.com

Manusia Purba via www.masuk-islam.com

Siapa yang tidak tahu Dinosaurus? Hampir semua orang pasti mengetehuinya binatang purba yang ini lewat beberapa film yang digarap oleh hollywood. Bukan hanya lewat film-film dinosaurus ini semakin diyakini keberadaannya, tapi juga juga melalui sejumlah fosilnya yang ditemukan diberbagai negara. Dan ini tentu semakin menguatkan teori yang menyebutkan bahwa ratusan juta tahun lalu Dinosaurus pernah hidup di bumi sebelum akhirnya asteroid jatuh 65 juta tahun lalu dan memusnahkan mereka.

Seorang penelitian dan seorang direktur Hayden Planetarium bernama Dr. Neil Tyson menyebutkan bahwa 70% dari berbagai spesies dinosaurus yang ada di bumi musnah karena hantaman asteroid.

Kepopuleran Dinosaurus ini bermula pada tahun 1912, ketika Charles Brown yang merupakan seorang ahli maletologi mengklaim telah menemukan fragmen tengkorak dan tulang rahang yang diperkirakan berusia 500 ribu tahun. Namun penemuan tersebut diragukan keberadaanya dan temukan juga ada unsur pemalsuan pada tahun 1953.

Misteri keberadaan Dinosaurus seolah tak pernah mati, berbagai teori ilmiah pun ramai memperbincangankan masa kehidupan Dinosaurus di bumi ini. Bahkan beberapa diantaranya ada yang menghubung-hubungkan dengan masa kehidupan nabi Adam AS sekitar 3760 SM.  Tapi, j sejumlah peneliti menyebutkan bahwa Dinosauruslah yang hidup lebih dulu dibandingkan dengan nabi Adam AS, sebab jika dilihat dari rentang waktunya, dionosaurus sudah ada sejak ratusan juta tahun yang lalu, sementara nabi nabi Adam AS hidup sekitar 3760 SM. Meski demikian, tidak semua misteri mengenai keterkaitan khidupan nabi Adam AS. dan kehidupan Dinosaurus bersifat pasti dan bisa dipecahkan.

Berapa Tinggi Nabi Adam AS? Berapa Tinggi Dinosaurus?

Nabi adam dan dinosaurus via ohngonoto.blogspot.com

Nabi adam dan dinosaurus via ohngonoto.blogspot.com

Nabi Adam AS diperkirakan memiliki tinggi 60 hasta (sekitar 27 meter) dengan usia lebih dari 900 tahun. Subhanallah, tingga nabi Adam sangat jauh berbeda dengan rata-rata tinggi manusia saat ini. Rasulullah SAW bersabda:

“Allah menciptakan Adam dengan tinggi 60 hasta. Kemudian setelah Adam makhluk itu semakin berkurang tingginya seperti sekarang ini.” (HR. Bukhari).

Sementara untuk tinggi Dinosaurus, rata-rata tinggi Dinosaurus yaitu dibawah 16 meter, jauh lebih pendek dari ukuran tinggi badan nabi Adam AS. Jadi kamu sudah bisa menilai, jika tinggi tubuh Dinosaurus disejarkan dengan tinggi tubuh nabi Adam, Dinosaurus terlihatjustru  begitu kecil jika dibandingkan dengan nabi Adam AS.

Begitulah misteri kehidupan nabi Adam AS. dan kehidupan Dinosaurus yang hingga kini masih saja menjadi perdebatan. Beberapa peneliti menyakini bahwa Dinosaurus sezaman dengan nabi Adam AS, semetara peneliti lainnya berpendapat bahwa Dinosauruslah yang hidup lebih dulu dibanding nabi Adam AS. Ada juga yang menyebutkan bahwa Dinosaurus hidup setelah masa kehidupan nabi Adam AS. Bahkan dalam Al quran dan Hadist pun tidak dijelaskan secara jelas tentang masa kehidupan Dinosaurus dan Nabi Adam AS.

Allah SWT berfirman:

“Dan tiadalah binatang – binatang dan burung – burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah kami lupakan sesuatupun dalam kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.” (QS. Al An’Am: 38).

Kisah Dinosaurus dan Nabi Adam AS

Dinosaurus dan Nabi Adam AS via www.pulsk.com

Dinosaurus dan Nabi Adam AS via www.pulsk.com

Allah SWT berfirman:

“Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan diatas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki. Sedangkan sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah mecnciptakan apa yang dikehendakiNya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. An Nuur: 45).

Dalam ayat tersebut, Allah SWT memberikan petunjuk mengenai ciri-ciri fisik makhluk hidup ciptaannya. Namun kita sudah terlanjur terhipnotis dan mempercayai bentuk Dinosaurus melalui film-film Box Office tentang Dinosaurus. Semoga kita bisa lebih bijak mengambil hikmah atau pelajaran dari tanda-tanda yang diberikan Allah, salah satu diantaranya adalah misteri kehidupan di dunia. Karena tanpa kita sadari, sesungguhnya Allah SWT selalu mengajarkan kepada umatNya untuk terus belajar dan terus berkembang dari hal-hal yang tidak terduga.

Leave a Reply