Tak Perlu Obat Penenang Atau Pergi ke Psikiater. 6 Teknik Pernapasan Ini Bisa Membuatmu Relaks Sepanjang Waktu

Bila kamu termasuk orang yang selalu sibuk dengan aktivitas, rasanya kamu harus pandai membagi waktu agar tubuh selalu dalam keadaan prima. Ya, tak bisa dihindari kalau terlalu sering bekerja bisa membuat tubuh berada di bawah tekanan. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan teknik pernapasan yang kami buat di bawah ini. Sistem pernapasan yang tepat bisa meningkatkan pikiran dan tubuh mampu berfungsi lebih baik. Selain itu, perasaan yang tenang juga akan kamu dapatkan dan membuatmu jadi lebih fresh.

Banyak instruktur yoga mengatakan bahwa teknik yang tepat dalam bernapas tidak sama seperti biasanya. Ada bebera[a teknik khusus untuk mendapatkan rasa tenang dari bernapas. Nah, bila kamu ingin mencobanya, berikut kami beri instruksinya.

1. Bernapas dengan teknik equal breathing.

equal breathing via www.youtube.com

equal breathing via www.youtube.com

Teknik ini bisa kamu lakukan dengan menarik napas selama 4 kali hitungan lewat hidung. Equal breathing juga berfungsi menambahkan resistensi alami pada pernapasanmu. Jadi bila kamu merasa lelah atau malas, kamu bisa bernapas dengan menggunakan teknik ini. Agar lebih maksimal, pada hitungan ke enam hingga delapan kamu bisa sedikit mengangkat kepala. Hal ini bertujuan menenangkan sistem saraf, mengurangi stress dan menajamkan fokusmu.

2. Bernapas dengan teknik abdominal breathing technique.

breathing technique via woman.thenest.com

breathing technique via woman.thenest.com

Teknik bernapas ini dilakukan dengan perut, dimana kamu harus meletakkan tangan kanan di dada dan tangan kiri di perut. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam lewat hidung dan pastikan diafragmamu mengembang dengan cukup agar paru-paru bisa renggang. Lakukan teknik ini selama 10 menit, dan pada hitungan keenam dan kesepuluh, kamu secara tak langsung telah menurunkan denyut jantung dan tekanan darah. Agar mendapatkan hasil yang baik, kamu bisa melakukannya tiap hari selama 6-8 minggu.

3. Bernapas dengan teknik nadi shodhana.

nadi shodhana via zamayoga.com.au

nadi shodhana via zamayoga.com.au

Teknik ini pada dasarnya mengoptimalkan bagian hidung. Pernapasan hidung secara bergiliran bisa membawa keseimbangan dan ketenangan. Selain itu juga bisa menyatukan sisi kiri dan sisi kanan otak agar tubuh bisa lebih fresh. Bila kamu tertarik mencobanya, kamu bisa mengambil posisi meditasi. Duduk dengan nyaman. Setelah itu, puncak inhalasi bisa kamu lakukan dengan menutup lubang hidung kiri dengan jari manis, lalu buang napas lewat lubang hidung kanan. Lakukan hal ini secara bergantian dan berulang selama 5 menit. Maka ketenangan batin akan segera kamu rasakan.

4. Bernapas dengan teknik kapalabhati atau skull shining breath.

skull shining breath via www.zliving.com

skull shining breath via www.zliving.com

Teknik ini juga fokus pada paru-paru dan hidung. Untuk mencobanya, kamu bisa menghirup udara pelan-pelan lalu diselingi napas cepat. Hal ini untuk menguatkan otot perut bagian bawah. Banyak praktisi yoga menganjurkan teknik ini karena juga bisa menghangatkan tubuh dan melepas energi buruk dalam tubuh. Bila kamu lakukan secara rutin, teknik ini sangat efektif memperbaiki energi pada otak. Jadi, yu dicoba.

5. Bernapas dengan teknik progressive relaxation.

progressive relaxation via www.wisegeek.com

progressive relaxation via www.wisegeek.com

Bila kamu termasuk orang yang sering duduk menghadap komputer, teknik ini sangat baik untuk meredakan ketegangan di leher sampai kaki. Progressive relaxation juga bisa membantu memperlancar udara yang masuk dan keluar. Nah, bila ingin mencobanya, kamu bisa menghirup napas lewat hidung dan tahan selama 5 detik. Lakukan lagi sampai aliran napasmu membaik. Saat kamu melakukan teknik progressive relaxation, secara tak langsung otot-otot yang tegang akan merenggang.

6. Bernapas dengan teknik guided visualization.

guided visualization via www.healthtap.com

guided visualization via www.healthtap.com

Teknik ini pada dasarnya lebih menonjolkan kekuatan pikiran. Kamu harus mengambil napas dalam-dalam sambil mengosongkan pikirian. Kamu harus fokus pada pikiran positif dan membuang pikiran negatif. Banyak praktisi yoga menyarankan teknik ini pada mereka yang sering mengalami rasa lelah tak berkesudahan. Oh ya, untuk melakukan teknik guided visualization kamu harus berada pada situasi yang tenang dan nyaman ya…

Tak perlu mengkonsumsi obat penenang atau pergi ke psikiater. Dengan teknik pernapasan di atas, rasanya sudah cukup untuk membantumu mengusir rasa lelah dan membuatmu jadi lebih tenang menjalani hidup.

Leave a Reply