Tahu Whey? Ternyata Manfaatnya Tak Kalah Dengan Keju!

Mungkin sebagaian dari kamu belum tahu manfaat apa yang tersembunyi di balik whey. Sebelum membahasnya, ada baiknya kamu tahu dulu apa itu whey. Whey adalah cairan agak kekuningan yang tertinggal saat membuat keju. Whey juga merupakan komponen cairan dalam yoghurt.

Biasanya banyak orang yang membuang whey karena sudah tak ada gunanya. Tapi beruntuglah kamu yang membaca artikel ini dan tahu manfaat dahsyat yang ada dalam whey. Whey sarat dengan protein alami dan memiliki beberapa manfaat kesehatan:

  • Membangun kekuatan otot.
  • Menyediakan energi sel.
  • Meningkatkan kekebalan.
  • Mencegah penyakit kanker dan HIV.
  • Menurunkan tekanan darah ke tingkat yang sehat tanpa efek samping, tidak seperti obat tekanan darah.
  • Mengurangi risiko trombosis, sehingga membantu mencegah serangan jantung dan stroke.
  • Meningkatkan kesehatan prostat dan mencegah kanker prostat.
  • Meningkatkan bakteri usus yang sehat dan menghambat bakteri berbahaya.
  • Menyucikan kandung kemih dan membantu mencegah infeksi kandung kemih.
  • Mengoreksi ketidakseimbangan hormon.
  • Memperlambat penuaan.
  • Meningkatkan berat badan.
  • Memperbaiki pencernaan, dalam cara yang mirip dengan serat.
  • Mendukung fungsi ginjal yang sehat.

Protein dalam whey begitu berharga, itulah mengapa banyak binaragawan mengkonsumsi bubuk protein whey setiap hari. Nah, selain manfaat di atas, berikut beberapa kegunaan whey untuk kegiatan sehari-hari

1. Bisa jadi bahan membuat adonan

Adonan roti dari whey via Google Image

Kebanyakan orang menggunakan air sebagai bahan adonan, nah untuk menggantikan air kamu bisa menggunakan whey. Manfaatnya adalah, roti yang kamu buat jadi memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, whey juga bisa ditambahkan ke dalam jus. Selain bergizi, jus dengan whey bisa

2. Untuk memasak nasi, pasta atau sayuran.

Untuk memasak nasi via Asia Dish

 

Jika kamu kebetulan punya banyak whey, kamu bisa menggunakannya untuk merebus nasi, pasta atau sayuran. Nasi jadi lebih wangi dan tahan lama. Bila dicampur dalam pasta atau sayuran, akan menambah kadar protein yang sangat berguna untuk pertumbuhan. Selain itu, bila kamu ingin membuat sup, kamu bisa gunakan whey sebagai bahan utama.

3. Whey sangat baik untuk rambut

Untuk rambut via Wiki How

 

Protein dalam whey sangat bagus untuk rambut. Cara penggunaannya dengan memakai whey sebagai pengganti shampo. Tuangkan whey ke rambut dan pijat-pijat sampai rata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. Cara ini juga bisa mencegah rambut halus (tak menempel)

4. Bisa buat mandi.

Untuk spa via Weihergut

Beberapa spa di dunia menawarkan pemandian menggunakan whey, karena whey memiliki sifat membersihkan, melembutkan, melembabkan dan mencerahan  kulit. Whey juga kaya akan anti-mikroba dan sedikit asam, yang baik untuk keseimbangan pH kulit kepala. Cara penggunaanya adalah dengan menempatkan 1-2 cangkir whey dalam bak mandi dan berendamlah selama 20 menit.  Atau kamu bisa menggunakan handuk yang sudah dibahasi dengan whey, lalu menggosoknya di seluruh tubuhmu. Diamkan selama 15 – 20 menit dan kemudian bilas. Kamu bisa melakukannya sesering mungkin untuk hasil maksimal.

5. Untuk menyuburkan tanaman.

Untuk tanaman via Lowes

Whey sangat bagus untuk menyuburkan tanaman. Untuk menerapkannya kamu bisa langsung menyiram tanamanmu dengan whey saat pagi dan sore hari. Kenapa pagi dan sore? Karena di waktu ini adalah keadaan dimana tumbuhan sedang mencari asupan yang diperlukan untuk tumbuh.

Pada dasarnya whey kaya akan manfaat, tapi kadang kita suka melupakannya karena itu adalah ampas. Jadi, mulai dari sekarang jangan langsung buah whey-mu ya… terapkanlah untuk hal-hal yang sebenarnya lebih berguna. Selamat mencoba.

Leave a Reply