Tahu Kenapa Kamu Merinding? Nih, 7 Perubahan Fisik yang Dilakukan Tubuh Tanpa Kamu Sadari

Tanpa kita sadari, tubuh sering melakukan aktivitas yang pada dasarnya adalah sistem pertahanan. Entah bagaimana kerjanya, perubahan atau gerakan yang tak kita sadari menjadi semacam pelindung dari hal-hal yang negatif. Hal ini pernah dibuktikan oleh para peneliti dari Newcastle University. Mereka menemukan bahwa ketika kita berada di bawah air, jari-jari akan mengerut. Perubahan tersebut terjadi untuk mencegah jari menjadi licin dan memberi kita pegangan yang lebih baik. Menakjubkan ya?

Nah, ada banyak perubahan fisik dalam tubuh yang tak kita sadari sebenarnya membantu tubuh bertahan dan mengontorl agar semuanya baik-baik saja. Yuk, simak…

1. Wajah Merona

Merona

Menurut psikolog dari Cambridge University, wajah merona merupakan akibat interaksi sosial dengan manusia lain. Ini sinyal kepada orang lain bahwa kita marah atau malu –yang secara tersirat memberitahukan mereka untuk meninggalkan kita sendirian. Wajah merona biasanya berwarna merah atau pink. Perbedaan warna ini disebabkan oleh gen dan warna kulit.

2. Ingus

Ingus

Bagi beberapa orang, ingus terdengar menjijikan dan gejala yang harus dihindari. Tapi tahukah kamu kalau ingus merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh? Para peneliti di University of Waikato di Selandia Baru mengungkapkan bagaimana lendir sebenarnya adalah salah satu dari perangkap cerdik alam. Ingus mencegah kuman jahat yang masuk melalui hidung dan paru-paru kita –tempat di mana kuman bisa melakukan lebih banyak kerusakan. Jadi mulai sekarang jangan pernah malu untuk mengeluarkan ingus ya.

3. Bersin

Bersin

Bila ingus merupakan penghalang terhadap virus yang akan masuk ke tubuh melalui saluran udara, bersin lebih keren lagi. Bersin merupakan sebab yang biasanya memunculkan ingus, dan terjadi karena tubuh sedang berusaha menyingkirkan kuman yang ada di sekitar kita. Oleh sebab itu, lebih banyak orang yang bersin di tempat kotor daripada di tempat yang dingin.  Tubuh mengembangkan bersin sebagai cara untuk memerangi allergen. Tahukah kamu seberapa cepat kecepatan bersin?  40mph! Jadi bayangkan bila kamu menahan bersin?

4. Merinding

Merinding

Ada suatu masa ketika orang merasakan aliran adrenalin melalui tubuh dan tiba-tiba bergetar. Ini adalah metode oktan alami untuk menjaga kita tetap hidup dalam situasi yang mengancam dan tanpa perubahan cepat. Jadi merinding tak bisa kamu antisipasi atau dihentikan. Istilah “merinding” pertama kali dikemukakan pada tahun 1932 oleh profesor Walter Bradford Cannon dari Harvard Medical School.

5. Berkeringat

Berkeringat

Kebalikan dari merinding, keringat membuat kita tetap dingin. Tapi kenapa sebab kita berkeringat adalah karena kita kepanasan? Ini adalah proses alami yang ditimbulkan tubuh. Dengan berkeringat sebenarnya membuat tubuh tetap dingin.  Karena kalau tidak, kita akan menderita heatstroke dan bahkan bisa tewas. Menurut Journal of Applied Physiology, setiap manusia memiliki sekitar dua juta kelenjar keringat.

6. Menangis

Menangis

Menurut Profesor Randolph Cornelius, dari Vassar College New York, menangis bukan hanya melembabkan bola mata, air mata juga bertindak sebagai sinyal untuk orang-orang terdekat kita. Teorinya adalah bahwa, menangis dikembangkan sebagai sinyal untuk menyampaikan bahwa kita sedang rentan.

7. Gatal

Gatal

Sebelumnya, sensasi misterius ini telah membingungkan para ilmuwan selama bertahun-tahun. Dr Zhou-Feng Chen, seorang profesor di Washington University School of Medicine, menyebutnya sebagai ‘persepsi’. Gatal terjadi saat saraf di kulit mengirim sinyal ke otak bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Keinginan untuk membuat “sesuatu yang tak beres itu” pergi mengarah ke aktivitas menggaruk.

Perubahan atau gerakan yang sering kita alami tanpa disadari membuat kita harus bersyukur. Karena dengan hal tersebut, itu pertanda tubuh kita dalam keadaan yang normal dan sedang berusaha untuk membuat semuanya baik-baik saja.

Leave a Reply