Sudah Tahu Kalau Berwudhu Sebelum Tidur Memiliki Banyak Manfaat?

Rasulullah SAW selalu mrnganjurkan pada umatnya agar melaukan amalan-amalan yang mendatangkan pahala dari Allah SWT. Banyak amalan-amalan yang mendatangkan pahala, bahkan amalan-amalan tersebut mencakup dari mulai kita tidur sampai kembali terbangun. Subhanallah.

Berwudhu adalah salah satu amalan yang sering dilakukan Rasulullah SAW sebelum tidur. Sayangnya, sebagian muslim banyak yang mengabaikan amalan yang dianjuran Rasulullah tersebut.  Saat rasa kantuk yang teramat sangat datang menyerang, mereka lebih memilih langsung merebahkan tubuhnya di atas kasur dibanding berwudhu terlebih dahulu. Padahal berwudhu sebelum tidur itu bagus untuk kesehatan wajah. Bukan hanya itu, berwudhu sebelum tidur juga mendatangkan pahala.

Selain mendatangkan pahala, ada manfaat lainnya yang kamu dapatkan jika sering melakukan aktivitas berwudhu sebelum tidur seperti yang dianjuran Rasulullah SAW. Emang apa saja sich manfaat berwudhu sebelum tidur? Yuk simak jawabannya di bawah ini.

Ya, selain mendatangkan pahala dan bernilai ibadah, berwudhu juga ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Dr. musthafa syahatah yang merupakan peneliti dari Universitas Alexandria, mengenungkapkan bahwa berwudhu mengurangi jumlah kuman yang ada di wajah. Jadi, jumlah kuman pada orang sering berwudhu lebih sedikit dibanding mereka yang tidak atau jarang sekali berwudhu.

Bukan hanya itu, ber-istisnaq yang ada dalam tahap berwudhu juga bermanfaat atau membantu  mencegah munculnya berbagai penyakit di dalam organ bagian hidung. Beberpa manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari berwudhu yaitu untuk membersihakan tangan, membersihkan  kulit, membersihkan daun telingan, membersihkan telapak kaki dan melindungi tubuh dari serangan kuman nakal.

Beruntunglah kamu yang sering melakukan aktivitas yang dianjurkan Rasulullah ini., karena berwudhu itu bernilai ibadah tinggi. Dengan berwudhu, itu tandanya kamu tidur dalam keadaan suci. Tidur dalam keadaan suci membuat kamu bisa lebih dekat dengan Allah SWT.

Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban)

Manfaat berwudhu tersebut juga dikuatkan oleh syekh muhamad bin umar an-nawawi al-mantany dalam kitabnya yang berjudul tanqih al-Qand al-Hatsis, dalam kitab tersebut Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi allah.”

Berwudhu via www.akhwatindonesia.net

Berwudhu via www.akhwatindonesia.net

Begitu besar manfaat dari berwudhu sebelum tidur, sampai-sampai jika ia mati, maka matinya dalam keadaan syahid. Subhanallah, begitu tinggi posisi mereka yang berwudhu sebelum tidur di sisi Allah.

Adapun manfaat lainnya dari berwudhu, yaitu:

1. Merilekskan otot-otot.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa air yang dikucurkan saat berwudhu bisa dimanfaatkan sebagai suatu metode untuk merenggangkan otot-otot yang kaku, membantu merilekan otot-otot yang mulai lelah karena aktivitas seharian.

2. Mencerahkan kulit wajah.

Berwudhu bermanfaat bisa mencerahkan kulit memang benar adanya, bahkan pakar kesehatan pun mengamininya. Hal tersebut dikarenakan bahwa berwudhu itu membantu menghilangkan noda atau kotoran yang membandel pada kulit. Dengan berwudhu, kotoran atau noda yang menempel pada kulit wajah akan hilang sehingga membantu kulit wajahmu terlihat lebih bersih, cerah dan bersinar.

3. Didoakan ribuan Malaikat

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan wajah, bahkan ribuan Malaikat pun tidak akan segan untuk mendokan mereka yang rajin berwudhu sebelum memutuskan untuk tidur.

Dalam islam, berwudhu adalah syarat mutlak untuk melakukan ibadah sholat. Berwudhu untuk mensucikan diri dari hadast kecil. Berwudhu juga baik untuk kesehatan. Begitu banya manfaat yang didapatkan dari aktivitas berwudhu sebelum tidur. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang dicintai Allah SWT.

.

Leave a Reply