Sering Lelah? Inilah 7 Penyebabnya yang Tanpa Disadari Sering Kamu Lakukan

Sibuknya rutinitas, membuat beberapa orang harus pintar-pintar membagi waktu. Tak jarang, meski sudah membagi waktu dengan cermat, tubuh pun diserang rasa lelah yang luar biasa. Meskipun kita sudah mengimbangi tidur cukup, rasa lelah seperti tak bisa ditawar dan terus menyerang. Nah, apakah kamu pernah merasa demikian? Bila iya, 6 hal inilah yang jadi penyebabnya.

1. Kamu tidak bangun pagi secara teratur.

Telat bangun via www.huffingtonpost.com

Telat bangun via www.huffingtonpost.com

Bila kamu termasuk orang yang berlama-lama bangun dari tidur, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Hal demikian akan berdampak negatif bagi kesehatan. Tidur yang disarankan dokter adalah; bisa tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Kamu perlu segera bangun dan meluangkan beberapa menit untuk mengurangi gejala stres sebelum memulai aktivitas. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan Harvard pada tahun 2008 lalu menunjukkan, orang yang bangun lebih pagi mampu mengantisipasi masalah dan proaktif dengan baik. Berbeda dengan mereka yang terbiasa begadang. Hal ini berhubungan pula dengan pekerjaan, kinerja, serta sukses yang lebih baik.

2. Kamu sering dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki pikiran negatif.

Pikiran yang penuh kebencian  via www.sheswanderful.com

Pikiran yang penuh kebencian via www.sheswanderful.com

Biasanya rasa lelah dipicu oleh lingkungan sekitar, misalnya rekan kerja atau tetangga. Mereka yang sering curhat atau mengeluh padamu secara terus menerus akan membuatmu letih. Ya, orang-orang yang kamu izinkan untuk masuk dalam kehidupanmu bukan hanya berpengaruh pada tingkat emosional, tapi juga fisik. Bila orang-orang yang sinis dan senang komplain selalu ada di sekitarmu, maka mereka bisa menyedot engeri baikmu. Lalu bagaimana mengatasinya? Hindari mereka dan kalau pun harus berada di sekelilingnya, banyak-banyak memberi masukkan dengan perasaan yang positif. Perasaan bahagia bisa memerimu suntikan energi yang baik bagi tubuh.

3. Kamu sering mengalami defisiensi magnesium.

Defisiensi magnesium via lifestyle.okezone.com

Defisiensi magnesium via lifestyle.okezone.com

Istilah ini mungkin terdengar aneh, tapi sangat berpengaruh pada kehidupanmu. Defisiensi magnesium merupakan mineral relaksasi yang membuat tubuh bisa lebih rileks. Selain itu, juga meningkatkan kualitas tidur, lama tidur, dan lama kamu terbangun. Nah, untuk memastikan kamu dapat dosis yang ideal, maka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengadung banyak efek laksatif, seperti, sayuran hijau, avokad, biji-bijan dan kacang-kacangan.

4. Kamu benci dengan pekerjaan yang dijalani.

Benci pekerjaan via www.careerealism.com

Benci pekerjaan via www.careerealism.com

Tak bisa ditolak, rutinitas bangun pagi untuk bekerja sering membuat orang malas beranjak dari kasur. Hal ini juga sering disebabkan rasa lelah di malam hari. Bila kamu merasa kinerjamu terhamat karena susah bangun pagi, kamu bisa mengotak-atik dekor kamar. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tak suka dengan pekerjaannya, mereka akan mengalami susah tidur. Dengan mendekor kamar tidur, bisa membantumu mendapatkan kualitas tidur yang baik karena merasa nyaman.

5. Kamu jarang berolahraga,

Jarang berolahraga vianationalgeographic.co.id

Jarang berolahraga vianationalgeographic.co.id

Semua dokter setuju bahwa olahraga mampu meningatkan kulitas hidup seseorang. Dengan berolahraga, kamu juga akan mendapatkan tidur yang baik. Olahraga yang kamu lakukan tak perlu lama-lama. Paling tidak, 10 perhari hari dan rutin dilakukan. Hal ini bisa meningkatkan energi sebanyak 65 persen sepanjang hari. Nah, jadi mulai sekarang, yuk rutin berolahraga…

6. Kamu  tak mendapat cahaya matahari yang cukup.

Telat bangun pagi via www.seventeen.com

Telat bangun pagi via www.seventeen.com

Hal ini terkait dengan ritme sirkadian, ketika orang terkena sinar matahari di pagi hari, maka produksi melatonin noktural akan muncul lebih awal, dan membantu orang bisa tidur lebih mudah saat malam hari. Selain itu, dokter juga menyarankan saat kamu ingin tidur, sebaiknya lampu jangan dinyalakan, karena sinar tidak baik terkena kulit saat malam hari.

7. Kamu mengalami gangguan auto-imun.

Autoimun via id.theasianparent.com

Autoimun via id.theasianparent.com

Gangguan kesehatan yang berhubungan dengan auto-imun bisa memicu kelelahan. Karena wanita tiga kali lebih besar berisiko terkena gangguan ini, ladies disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika selalu merasa kelelahan. Bisa jadi, kamu mengalami gangguan penyakit yang terbilang serius ini. Jangan merasa malas untuk pergi ke dokter, itu demi kesehatanmu.

Kelelahan bukan suatu hal yang biasa. Terkadang kelelahan merupakan gejala yang merujuk pada penyakit tertentu. Nah, saran kami sering-seringlah berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Semoga kita sehat dan bahagia selalu.

Leave a Reply