Sering Kita Abaikan; 4 Dosa yang Balasannya Disegerakan Oleh Allah SWT. Semoga Kita Tidak Pernah Melakukannya

Sejatinya, kita hidup di dunia hanya sebagai pijakan awal sebelum berlanjut ke kehidupan yang lebih kekal di akhirat. Allah SWT menyiapkan surga sebagai balasan untuk orang-orang yang mengikuti segala perintah-Nya dan menyiapkan neraka untuk mereka yang membangkang. Tapi, tahukah kamu selain dibalas pada hari akhir, ada beberapa jenis dosa yang kian disegerakan balasannya di dunia? Bukan hanya pada orang yang melakukannya, tapi juga pada suatu kaum yang selalu membangkan pada Allah SWT.

Coba lihat bagaimana Allah SWT memberi bencana pada suatu tempat bila kita mengkajinya dalam riwayat, hadist dan tentu saja Al-Quran. Berbagai bencana tersebut adalah balasan yang disegerakan karena orang-orang sudah tak lagi mengikuti ajaran Islam. Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga pernah menerangkan hal tersebut di berbagai hadist.

Berikut  ini adalah lima maksiat yang balasannya langsung terjadi di dunia.

1. Mengurangi Takaran Timbangan

Mengurangi Takaran Timbangan via www.hisbah.net

Mengurangi Takaran Timbangan via www.hisbah.net

 

Ini kaitannya dengan berdangang. Memang, berdagang merupakan pekerjaan yang dianjurkan, bahkan Nabi Muhammad SAW dulunya juga berdagang. Tapi di jaman sekarang, banyak orang yang berdangang melakuan kecurangan, seperti mengurangi takarang timbangan. Padahal sejatinya, hal demikian tidaklah dianjurkan dan balasannya akan disegerakan oleh Allah SWT. Mereka yang melakukan kecurangan akan dihukum dengan kerugaian yang panjang, hidup susah dan tidak tenang menjalani hidup.

Mereka yang melakukan hal tersebut sejatinya hanya mengharap kemewahan dan melupakan orang-orang di sekitarnya.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa menjadikan akhir zaman sebagai orientasi hidupnya, maka Allah akan jadikan kekayaan ada dalam hatinya, Allah himpun kekuatannya, dan dunia akan menghampirinya, sedang ia tidak menginginkannya, dan (sebaliknya) barangsiapa menjadikan dunia sebagai cita-citanya, Allah jadikan kefakiran ada di depan matanya, Allah cerai beraikan urusannya dan dunia tidak menghampirinya kecuali apa yang sudah Allah takdirkan untuknya.” (HR. At-Tirmidzi : 2465)

2. Berzinah

Berzinah via www.liputan6.com

Berzinah via www.liputan6.com

Berzinah merupakan maksiat yang balasannya akan disegerakan oleh Allah SWT. Karena menjadi perkara yang sangat dibenci Allah SWT, maka perbuatan ini dikategorikan dalam dosa besar. Bila kita melihat hukum Islam, orang yang berzinah akan dicambuk dan diasingkan jauh dari pemukiman. Bila yang melakukan adalah orang yang sudah berumah tangga, maka hukumannya dilempar batu sampai tewas. Tentu. bila berkaca di jaman sekarang, banyak orang yang melakukan zinah dengan sembunyi-sembunyi. Dalam lingkup sosial, hubungan antar kaum perempuan dan laki-laki harus dipisahkan supaya tak terjadi perbuatan zinah.

3. Dosa Kepada Orang Tua

Melawan Kepada Orang Tua via dianeducationcenter.blogspot.com

Melawan Kepada Orang Tua via dianeducationcenter.blogspot.com

Seperti kita tahu, orang tua merupakan wali Allah yang memang diutus untuk menjaga kita. Bahkan, Allah SWT menaruh kewajiban agar kita berbakti pada orang tua, setelah kewajiban kita menyembah-Nya. Keutamaan inilah yang akan membuat Allah murah bila kita durhaka dan sering menyakiti orang tua. Balasannya pun akan disegerakan.

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Ada dua pintu (amalan) yang disegerakan balasannya di dunia; kedzoliman dan durhaka (pada orang tua). (HR. Hakim dan dishohihkan al-Albani dalam ash-Shohihah : 1120)

4. Menahan Zakat

Menahan Zakat via klikuk.com

Menahan Zakat via klikuk.com

Zakat menjadi rukun Islam yang langsung berhubungan dengan sesama manusia. Selain untuk membantu orang yang membutuhkan, zakat juga berguna untuk membersihkan harga. Kadang Allah SWT menguji orang melalui harta, bagi mereka yang beriman pasti akan mengeluarkan kewajiban untuk membayar zakat. Tapi sebaliknya, mereka yang kikir malah akan menyembunyikan hartanya –bahkan parahnya mereka ingin diberi zakat. Perbuatan seperti itu sangat dilarang oleh Allah SWT. Jenis dosa ini pun termasuk ke dalam dosa yang balasannya akan disegerakan. Bukan hanya itu, bila ada suatu kelompok yang tak mau membayar zakat, maka Allah tidak akan memberi hujan hingga terjadi kemarau panjang.

4 Jenis dosa di atas selayaknya bisa menjadi cerminan kita agar tetap berada di jalan yang lurus. Semoga kita semua dijauhkan dari perbuatan keji dan mungkar, serta selalu menjadi hamba Allah yang bertakwa dan beriman. Amien.

Leave a Reply