Serangan Radang Mulai Merajalela. Agar Tetap Fit, Lakukan 5 Hal Berikut

Beberapa waktu belakangan, musim berkehendak seenaknya. Kadang panas, kadang hujan. Datangnya pun tiba-tiba. Perubahan musim yang tak menentu ini membuat tubuh mudah terserang penyakit, khususnya peradangan. Kita harus pandai-pandai membagi waktu dengan istirahat. Lalu, gimana sih cara yang paling tepat untuk mencegah peradangan? Banyak dokter menganjurkan untuk berolahraga. Sebab, oang yang aktif secara fisik memiliki C-reactive  protein (CRP) 33 persen lebih rendah daripada orang yang inaktif.

Apa sih CRP ini?

CRP merupakan penanda level inflamasi yang sangat berpengaruh pada risiko penyakit kardiovaskular. Nah, kebayang kan kalau CRP ini nggak seimbang? Penyakit kardiovaskluar akan menghampirimu. Selain itu, CRP ini jangan penting dalam menyeimbangkan metabolisme tubuh dan meminimalisir peradangan.

Nah, selain olahraga, hal apalagi yang bisa kamu lakukan untuk menangkis peradangan? Biar lebih enak, berikut kamu buat point-pointnya:

1. Peradangan itu kan panas ya? Jadi lawan dengan yang adem-adem.

Sayur mayur via ucfoodobserver.com

Sayur mayur via ucfoodobserver.com

Saat makan, penuhi piringmu dengan sayur atau buah-buahan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak. Sayur dan buah memiliki banyak fitonutrien atau antioksidan yang berguna sebagai anti peradangan. Misalnya, kamu bisa mengawali harimu dengan secangkir jus stroberi atau jus jeruk. Vitamin C dalam kedua buah ini sebanyak 150 persen, dan ini adalah jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Vitamin C akan bertindak sebagai stimulant sel darah putih untuk memerangi penyakit. Nah, saat makan siang pilih lauk sayur mayur. Dijamin, radang tak akan berani menyerangmu.

2. Sudah saatnya kamu batasi asupa gula.

Batasi asupan gula via www.newsweek.com

Batasi asupan gula via www.newsweek.com

Banyak dokter mengatakan bahwa konsumsi gula berlebih bisa mengganggu kerja kelenjar adrenalin dan kemampuan tubuh dalam melawan stress. Nah, saat stress hormon kortisol akan naik. Apa itu hormon kartisol? Ini adalah hormon yang membantu me-refresh atau meregulasi inflamasi dalam tubuh. Jadi bila tak seimbang, akan berakibat terjadinya peradangan. Jadi sudah saatnya bagi kamu untuk membatasi asupan gula. Jangan bandel ya…

3. Biasanya kamu sering mengkonsumsi obat peradangan. Nah, hati-hati saat memilih obat ya..

Aspirin via ww2.kqed.org

Aspirin via ww2.kqed.org

Mungkin kamu sering mengkonsumsi aspirin untuk mengatasi peradangan. Memang, aspirin merupakan obat anti-inflamasi yang banyak dipilih. Dalam satu butir aspirin bisa mencegah pembekuan darah dalam satu hari. Namun, kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter untuk dosis yang dianjurkan. Penggunaan aspirin yang salah dan sembarangan bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Banyak dokter menyarankan untuk lebih memilih mengkonsumsi sayur mayur dibanding aspirin.

4. Kalau sempat, cobalah bermeditasi.

Meditasi via www.yogajournal.com

Meditasi via www.yogajournal.com

Seperti kita tahu, menjalani hidup ini penuh dengan tekanan atau stress. Meski kita tak selalu menyadarinya, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa stress kronis berkaitan dengan CRP serta sistem imun. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa bermeditasi. Luangkanlah waktu sekitar 10-15 menit perhari untuk melakukan refleksi dan perenggangan. Hal ini bisa menurunkan tingkat stress juga menajamkan daya ingat.

5. Meski jadwalmu padat, sempatkanlah untuk beristirahat.

Bersitirahat via wallpaperscraft.com

Bersitirahat via wallpaperscraft.com

Sesibuk-sibuknya, istirahat adalah hal yang jangan sampai kamu lupakan. Kurang istirahat bisa menimbulkan banyak efek negatif, termasuk kardiovaskular, berat badan, inflamasi dan lain sebagainya. Selain itu, kurang istrahat juga akan menyebabkan level CRP naik secara drastis dan membuatmu rentan terserang penyakit peradangan. Jadi, jangan egois dengan melupakan istirahat ya..

Peradangan merupakan penyakit yang paling banyak diderita orang di musim-musim seperti sekarang. Selain 5 hal di atas, menerapkan asupan makanan seimbang dan olahraga adalah kunci utama yang bisa kamu lakukan. Selain itu, cobalah untuk rileks dan tidak duduk terlalu lama. Semoga bermanfaat ya…

Leave a Reply