Seperti Apa Makan Menggunakan Tangan Dalam Pandangan Islam?

Setaip orang makan pasti menggunakan sendok. Makan menggunakan sendok terlihat elegan dan terhindar dari kuman yang menempel di tangan. Btw, pernah coba makan pakai tangan? Bagi sebagian orang, makan menggunakan tangan mungkin terdengar aneh dan primitif ya. Bahkan, tak tertarik sedikitpun untuk melakukannya. Namun, kamu perlu tahu, cara yang yang menurut sebgaian orang “primitif” ini ternyata lebih menyehatkan, lho. Percaya atau tidak, cara makan menggunakan tangan menurut al quran bahkan menurut beberapa penelitian membantu dalam menjaga kondisi kesehatan. Makan menggunakan tangan juga sudah diconntohkan oleh Rasulullah.

Dari Ka’ab bin Malik dari ayahnya mengungkapkan dalam sebuah hadits, “Rasulullah itu makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan. (HR. Muslim)

Menurut beberapa pakar kesehatan yang dirangkum dalam Healthier Way of Life menjelaskan sejumlah manfaat yang didapatkan dari aktifitas makan dengan menggunakan tangan (tanpa sendok dan garpu). Beberapa manfaat tersebut, diantaranya adalah:

1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Orang yang makan menggunakan sendok dan garpu cenderung lebih cepat daripada mereka yang makan dengan tangan telanjang (tanpa garpu dan sendok). Tahukah kamu, mereka yang makan dengan cepat lebih beresiko terserang diabetes tipe 2. Oleh karena itu, sebaiknya makanlah menggunakan tangan tanpa menggunakan sendok ataupun garpu. Meskipun cara yang demikian itu katanya “primitif”, tapi kalau lebih menyehatkan kenapa malu untuk dilakukan.

2. Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan

Mungkin sebagian ada yang belum tahu bahwa makan menggunakan jari-jari tangan itu bisa lebih meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Kenapa bisa demikian? Setiap mau makan, apstinya kamu mencuci tangan kamu dulu kan dengan sabun, notomastis semua bakteri jahat akan mati sementara bakteri baik tetap menempel di tangan. Nah, baktri baik yang menempel di tangan kamu ini akan dibawa masuk ke ke usus beserta makanan yang kamu makan. Bakteri inilah yang nantinya bermanfaat untuk kesehatan usus kamu.

Selain itu, manfaat makan dengan menggunakan jari-jari tangan ini  mampu mengirimkan sinyal ke otak apakah makanan yang kamu makan itu lembut atau padat, dingin atau panas, sehingga sistem pencernaan bisa lebih mempersiapkan untuk mencerna makanan yang kamu makan.

3. Mencegah Makan Terlalu Banyak

Orang-orang yang makan menggunakan jari-jari tangan cenderung memiliki berat badan yang  seimbang karena makan dengan menggunakan jari-jari tangan itu bisa menahan porsi makan yang terlalu banyak. Untuk para orangtua, akan sangat baik kalau mengizinkan anak-anak balitanya makan dengan mengunakan tangan. Makan dengan menggunakan tangan ini dianggap sebagai cara paling aman dan ampuh untuk mempertahankan berat badan agar tetap normal.

Makan dengan tangan dalam pandangan islam.

Makan Menggunakan Tangan via www.kumpulanmisteri.com

Makan Menggunakan Tangan via www.kumpulanmisteri.com

Dari Ka’ab bin Malik dari ayahnya, beliau mengungkapkan:

“Rasulullah shalallahu alaihi wassalam itu makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR Muslim)

Ibnu Utsaimin radhiallahu anhu turut memaparkan mengenai hadist di atas bahwa dianjurkan untuk makan menggunakan tiga jari, yaitu: jempol, jari telunjuk dan jari tengah. Makan dengan menggunakan jari-jari tangan tersebut menunjukkan ketawadhu’an dan tidak rakus. Tapi perlu diketahui juga, hal tersebut hanya berlaku untuk makanan yang memang bisa dimakan dengan hanya menggunakan tiga jari.

Tapi diperbolehkan juga makan  dengan menggunakan lebih dari tiga jari, misalnya saat makan  nasi. Namun, jika ada makanan yang memang bisa dimakan menggunakan tiga jari maka dianjurkan  hanya menggunakan tiga jari, karena makan menggunakan tiga jari tersebut merupakan sunnah dari Rasulullah SAW.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari University of Arizona bernama Dr. Charles Gerba, beliau mengatakan bahwa: “kita tidak mungkin menghalangi bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh kita. Namun, kita bisa mencegah bakteri dan kuman tersebut dengan cara selalu mencuci tangan sebelum maupun selesai beraktivitas.

Dilansir dari paparetta.wordpress.com yang dipublikasikan pada bulan Oktober 2010. Disitu dijelaskan bahwa  makan dengan menggunakan jari-jari tangan terbukti lebih menyehatkan. Karena dalam tangan mengandung enzim RNAse yang bisa mengikat bakteri, sehingga tingkat aktivitas bakteri sangat rendah ketika dibawa masuk ke saluran pencernaan tubuh bersama makanan.

Begitu makanan masuk ke dalam saluran pencernaan, enzim RNAse ini akan turut mengikat pergerakan bakteri sampai ke saluran pembuangan. Tapi sebaliknya, jika manusia makan dengan menggunakan alat seperti garpu dan sendok, maka tak ada yang mampu menahan laju kinerja bakteri yang terkandung di dalamnya, baik di dalam makanan ataupun alat makan itu sendiri.

Demikianlah informasi mengenai makan menggunakan tangan dalam pandangan islam. Semoga bermanfaat. Dan semoga kita selalu diberi keberkahan.

Leave a Reply