Selain Menurunkan Berat Badan, Ternyata Berlari Bisa Memberimu 7 Manfaat Ini

Berlari bukan hanya membantu mendapatkan tubuh yang sehat, tetapi juga bisa memelihara kebugaran secara keseluruhan, mempengaruhi setiap bagian dari tubuhmu. Untuk itu, banyak dokter kebugaran menyarankan untuk berlari setidaknya 3 kali dalam seminggu. Olahrag yang mengandalkan otot ini memang sangat baik menjaga peredarah darah serta saluran pencernaan.

Nah, itu hanya sedikit pandangan dari manfaat berlari. Untuk lebih jauh, berikut kami barikan ulasan tentang manfaat dari berlari.

1. Kalau kamu ingin meningkatkan kebugaran kardiovaskular, maka berlari secara teratur adalah yang terbaik.

Meningkatkan kebugaran kardiovaskular via theodysseyonline.com

Meningkatkan kebugaran kardiovaskular via theodysseyonline.com

Berlari –meski hanya satu jam seminggu, dapat membantu arteri mempertahankan elastisitas dan memperkuat jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah dan kolesterol. Jadi itulah mengapa orang-orang yang memiliki gangguan kardiovaskular disarankan untuk berlari setiap pagi. Selain itu, juga bisa menurunkan berat badan bila diimbangi diet seimbang.

2. Berlari memberikan hasil yang lebih cepat dalam membakar kalori; hampir dua kali lipat dari jumlah energi saat kamu berjalan.

lebih cepat dalam membakar kalori via theodysseyonline.com

lebih cepat dalam membakar kalori via theodysseyonline.com

Kamu bisa membakar sekitar 800 kalori per jam ketika berlari dibandingkan dengan berjalan yang hanya bisa membakar sekitar 300 kalori. Untuk membakar jumlah energi yang sama seperti berlari, kamu harus berjalan sekitar satu setengah kali lebih jauh dan dua kali lebih lama.

3. Kamu bisa mencapai target dan mengontrol berat badan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mengontrol berat badan via healthycentralflorida.org

Mengontrol berat badan via healthycentralflorida.org

Kamu akan membakar sekitar 100 kalori untuk setiap mil saat berlari. Itu artinya dalam waktu kurang dari 10 menit kamu bisa membakar 100 kalori. Jadi tak ada salahnya kan untuk berlari? Lagipula ini bisa sangat berguna buat kamu yang memang ingin menurunkan berat badan, karena sudah terbukti bisa membakar kalori dengan cepat. Selain itu, saran kami sebelum kamu mulai berlari, cobalah untuk meminum segelas air putih agar kamu tak dehidrasi.

4. Berlari meningkatkan hormon yang disebut peptida YY, yang telah terbukti menekan nafsu makan sehingga kamu cenderung merasa kenyang.

meningkatkan hormon peptida YY via pixabay.com

meningkatkan hormon peptida YY via pixabay.com

Banyak orang menganggap bahwa ketika berolahraga, bahan bakar juga akan berkurang. Nah, mereka cenderung mengganti bahan bakar tersebut dengan makan. Tapi penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity mengungkapkan bahwa, berlari bisa menurunkan tingkat hormon ghrelin, yang dikenal untuk merangsang nafsu makan, dan peningkatan kadar laktat darah dan gula darah, yang telah terbukti untuk mengurangi orang untuk makan dibandingkan olahraga lainnya.

5. Berlari akan membuat kualitas tidurmu lebih baik.

Mudah tidur via www.asics.pt

Mudah tidur via www.asics.pt

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1983 oleh Horne & Staf, berlari memicu peningkatan suhu tubuh, dan membuat orang cepat tertidur. Olahraga juga dapat mengurangi insomnia dengan penurunan gairah, kecemasan dan gejala depresi. Berlari pun sangat dianjurkan bagi kamu yang susah tidur atau insomnia.

6. Berlari secara teratur bisa meningkatkan stamina.

Meningkatkan stamina via running.competitor.com

Meningkatkan stamina via running.competitor.com

Dengan berlari secara rutin otomatis kamu sedang membangun otot kaki, sehingga pijakan langkahmu bisa semakin kuat. Otot juga akan membantu dalam menyerap dampak yang seharusnya menempatkan tekanan pada sendi, sehingga juga bisa meningkatkan stamina. Jadi anggapan kalau berlari hanya membuang-buang tenaga jangan dipercaya ya…

7. Berlari bisa meningkatkan daya ingat.

meningkatkan daya ingat via well.blogs.nytimes.com

meningkatkan daya ingat via well.blogs.nytimes.com

Berlari bisa mengurangi gejala demensia. Selain itu juga bisa meningkatkan memori dan melindungi diri terhadap Alzheimer. Kamu bisa melakukannya di pagi atau sore hari. Dengan demikian, gejala demensia bisa berkurang. Nah, bagi wanita yang melakukan olahraga lari secara intens, bisa mengurangi risiko kanker usus besar dan payudara sebesar 30%.

Sebenarnya olahraga yang paling berpengaruh dan sangat mudah dilakukan adalah berlari. Tapi sayangnya banyak dari kita yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sampai lupa menyempatkan olahraga. Nah, saran kami cobalah untuk menyisihkan waktumu untuk sejenak keluar rumah dan berlari. Percayalah, hanya 30 menit sehari, tubuh bugar dan sehat akan kamu dapatkan.

Leave a Reply