Sebelum tidur, Lakukanlah 7 Amalan Berikut. Dijamin Tidurmu Penuh Barokah

Kegiatan apa yang sering kamu lakukan sebelum tidur? Nonton tivi apa teleponan sama pacar tersayang? Pastinya banyak kegiatan yang bisa dilakukan sebelum tidur, tapi kadang kegiatan tersebut tak terlalu memberikan manfaat buat kita. Nah, buat kamu yang ingin kegiatan sebelum tidurnya mendatangkan manfaat dan barokah, berikut amalan-amalan yang bisa kamu lakukan seperti yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW.

1. Biasakan Berwudhu Sebelum tidur.

Berwudhu via www.akhwatindonesia.net

Berwudhu via www.akhwatindonesia.net

Berwudhu sebelum tidur adalah kegiatan atau amalan yang biasa dilakukan Rasulullah sebelum tidur. Itulah mengapa, kamu dianjurkan berwudhu sebelum tidur. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh HR. Bukhori dalam sebuah hadist yang berbunyi:

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari)

2. Hindari Tidur dengan Posisi Tengkurap.

Tidur dengan Posisi Tengkurap via www.tasdiqulquran.or.id

Tidur dengan Posisi Tengkurap via www.tasdiqulquran.or.id

Saat kamu hendak tidur, hindari tidur dengan posisi tengkurep. Saat tidur, Rasulullah pun selalu menghindari tidur dengan posisi tengkurap. Hal semakin dikuatkan oleh bunyi beberapa hadist berikut ini:

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari).

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud)

“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud)

3. Bersihkan Tempat Tidur Sebelum Tidur.

Bersihkan tempat tidur via id.wikihow.com

Bersihkan tempat tidur via id.wikihow.com

Berbahagialah kamu yang suka membersihakan tempat tidur sebelum tidur, sebab Rasulullah sangat menyukai sekali kegiatan tersebut. Seperti yang diungkapkan Imam Bukhari dan Muslim dalam hadistnya seperti berikut:

“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…”. (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Tidur Setelah Isya.

Tidur setelah isya via productivemuslim.com

Tidur setelah isya via productivemuslim.com

Sebuah hadist menyebutkan, bahwa tidur tepat selepas isya itu mendatangkan barokah. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi kamu dari hal-hal yang yang tidak terlalu penting, seperti menggosip dan hal-hal lainnya yang menguntungkan lainnya. Dengam tidur lebih awal, maka  memudahkan kamu bangun untuk menjalankan qiyamul lail.

Rasulullah bersabda:

“Aku membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (HR. Bukhari)

5. Berdzikir Sebelum Tidur.

Berdzikir via rev2.parasalik.com

Berdzikir via rev2.parasalik.com

Sebelum tidur hendaklah berdzikir terlebih dahulu. Selain untuk melindungi diri dari godaan syetan saat tidur, berdizkir sebelum tidur juga melindungi diri kita dari mati dalam keadaan su’ul khotimah.  Berikut ini bacaan dzikir yang biasa didengungkan oleh Rasulullah menjelang tidur seperti yang terangkum dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim tidur, yaitu membaca An-naas, Al Falaq, dan Al Ikhlas.

Caranya, baca surat An-naas, Al Falaq, dan Al Ikhlas masing-masing satu kali, kemudian tiupkan ke telapak tangan, selanjutkan uspkan ke seluruh anggota tubuh dari mulai wajah, tangan hingga ujung kaki. Lakukan amalan tersebut sebanyak 3x. Setelah itu, kamu juga bisa melanjutkannya dengan membaca ayat qursi sebanyak 1x.

Beberapa bacaan dzikir lainnya yang biasa Rasulullah dengungkan sebelum tidur, yaitu: membaca dua surat terakhir dari surat Al Bakarah, membaca surat Al Kafirun, membaca Alif lam mim, membaca surat sajdah, dan surat Al Mulk.

“Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqoroh pada malam hari, maka dua ayat terakhir tersebut telah mencukupkan-nya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan sahabat Naufal untuk membaca surat Al Kafirun sebelum tidur (HR Abu Dawud, Ahmad, dan At Tirmidzi).

6. Shalat Witir Selepas Sholat Isya

Shalat witir via madina.or.id

Shalat witir via madina.or.id

Jika kamu khawatir tidak bisa bangun untuk melaksanakan qiyamul lail, sebelum tidur disunnahkan untuk melaksanakan shalat witir terlebih dulu. Seperti yangdiriwayatkan oleh Imam Bukhori dalam sebuah hadits berikut ini.

Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, (3) mengerjakan witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari)

7. Berdoa Sebelum Tidur.

Berdoa sebelum tidur via mittaamicha.wordpress.com

Berdoa sebelum tidur via mittaamicha.wordpress.com

Sebaik-baik amalan sebelum tidur adalah amalan berdzikir dan berdoa.  Membaca doa sebelum tidur menjadi amalan yang paling utama yang harus kamu lakukan sebelum tidur.

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari)

Banyak amalan-amalan yang bisa kamu lakukan sebelum tidur seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Tapi terkadang kita selalu lupa dan menjadikannya sebuah kekangan. Ada baiknya mencoba, toh tak bayar juga kan? Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang dimuliakan Allah.

Leave a Reply