Say Good Bye Nyeri Haid Dengan 7 Gerakan Sederhana Berikut

Bagi perempuan, nyeri haid sangat mengganggu dan menyiksa sekali. Ada beberapa gejala yang biasa dirasakan, seperti sakit perut, pegal-pegal, mood berantakan, nafsu makan berlebihan, dan hal-hal lainnya yang menyebalkan. Nah, buat kamu yang suka bingung ngatasi gejala-gejala atau rasa nyeri saat menstruasi. Berikut ini 6 gerakan sederhana meredakan nyeri menstruasi yang bisa kamu jadikan referensi . Simak yuk.

1. Downward facing dog bermanfaat meredakan nyeri haid dan insomnia akut.

Downward facing dog via youqueen.com

Downward facing dog via youqueen.com

Buat kamu yang sudah terbiasa dengan yoga pasti tau gerakan Downward-facing dog. Gerakan ini terbilang sederhana dan mudah. Caranya, posisikan tubuhmu dalam posisi tengkurap, angkat tubuhmu perlahan-lahan, atur nafas,  luruskan tangan dan kaki, luruskan juga tubuh bagian belakang, selanjutnya lakukan gerakan menarik agar otot-ototmu kaku bisa tertarik. Gerakan ini bermanfaat untuk menghilangkan nyeri menstruasi.

Lakukan gerakan ini secara rutin selama 30 detik saat kamu menstruasi. Dijamin, rasa nyeri yang menggigit saat menstruasi (terutama pada bagian punggung) akan reda perlahan. Selain meredakan nyeri menstruasi, gerakan ini juga bermanfaat meredakan sakit kepala dan insomnia akut.

2. Kalau nyeri haidmu masih juga terasa menyakitkan, coba luruskan kaki dan regangkan punggungmu di atas alas yang nyaman.

Luruskan kaki dan regangkan punggung via ortotik-prostetik.blogspot.com

Luruskan kaki dan regangkan punggung via ortotik-prostetik.blogspot.com

Gerakan meluruskan kaki dan merenggangkan punggung pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian, kan? Gerakan ini biasa ada pada gerakan pemanasan saat olahraga. Bagi yang belum terbiasa, gerakan ini mungkin memang cukup sulit untuk dipraktekan. Tapi tidak usah khawatir, dengan menggunakan alas yang nyaman, kamu tidak akan lagi merasa kesulitan. Caranya, atur nafasmu perlahan-lahan, agar tidak cidera luruskan kakimu, tekuk satu kaki hingga jari tangan menyentuh tumit dan bibir menyentuh lutut, tahan selama 10 sampai 20 detik.

3. Gerakan jongkok juga bisa lho meredakan rasa nyeri saat menstruasi.

Gerakan jongkok via id.wikihow.com

Gerakan jongkok via id.wikihow.com

Gerakan jongkok ini biasa diapliksaikan pada pose duduk saat yoga. Meski gerakan ini cukup sulit, tapi memberi efek baik buat kamu yang sedang haid. Caranya, lakukan gerakan jongkok biasa, selanjutnya putar tubuh bagian atas dengan posisi tangan berada di punggung, tarik perlahan-lahan. Gerakan ini serupa dengan gerakan orang yang sedang ‘ngulet’. Selain meredakan nyeri haid, gerakan ini juga bermanfaat untuk melancarkan pernafasan.

4. Gerakan mengangkat satu kaki bukan hanya bermanfaat melenturkan tumit dan paha, tapi juga bermanfaat untuk meredakan nyeri haid.

Gerakan mengangkat satu kaki via duniafitnes.com

Gerakan mengangkat satu kaki via duniafitnes.com

Gerakan mengangkat satu kaki adalah gerakan yang sangat simpel dan sederhana. Gerakan ini bisa kamu lakukan di rumah. Gerakan ini bermanfaat untuk melenturkan otot-oto paha, kaki, dan punggung. Selain itu, gerakan ini juga bermanfaat meredakan nyeri haid.

Cara mempraktekannya gampang sekali, yaitu; posisikan tubuhmu dalam posisi terlentang, ambil posisi senyaman mungkin, angkat satu kaki, sentuhlah jari kaki, angkat kepalamu perlahan-lahan, lalu mulailah lenturkan bagian kaki dan punggungmu, tahan selama 1 menit.  Lakukan hal yang sama pada kaki satunya. Dijamin deh, nyeri haidmu pasti berkurang.

5. Gerakan setengah kayang tak selamanya menyakitkan. Meski sedikit sulit, mempraktikkannya sebentar bisa mengusir rasa nyeri yang mengganggu.

Gerakan setengah kayang via id.wikihow.com

Gerakan setengah kayang via id.wikihow.com

Nyeri haidmu masih terasa menganggu dan menyakitkan? Coba lakukan gerakan kayang. Gerakan kayang ini dipercaya bisa meredakan rasa nyeri saat haid karena mampu merenggengkan otot-otot yang tegang saat datang bulang. Meski gerakan ini cukup menyakitkan, tapi kalau sudah terbiasa dengan gerakan ini, pasti rasa sakit sudah tidak terasa lagi. Caranya, tekuk kedua kakimu, tubuh dalam posisi lurus, lalu jatuhkan tubuhmu perlahan-lahan dengan tangan menyentuh tumit dan posisi kepala mendongak. Agar lebih terasa manfaatnya, tahan gerakan ini selama 30 sampai 60 detik secara benar dan rutin.

6. Jika gerakan kayang terlalu sulit dilakukan, kamu bisa melakukan gerakan gerakan ringan, seperti memijat perut  dengan jari-jari tangan.

Memijat perut  dengan jari-jari tangan via www.solusisehatku.com

Memijat perut dengan jari-jari tangan via www.solusisehatku.com

Gerakan memijat perut ini bisa dibilang gerakan paling ringan diantara gerakan-gerakan lainnya, gerakan ini tak banyak menyita waktumu. Caranya, pijat ari-jari tanganmu ke bagian perut, terutama pada bagian bawah pusar, pijat perlahan-lahan dengan gerakan memutar, lakukanlah berulang-ulang sampai sakit haidmu berkurang. Kamu bisa menggunakan lotion atau minyak jika diperlukan.

7. Cara praktis meredakan nyeri haid adalah dengan meletakkan bantal di bawah lutut sambil berbaring.

Meletakkan bantal di bawah lutut sambil berbaring via www.beranda.com

Meletakkan bantal di bawah lutut sambil berbaring via www.beranda.com

Cara sederhana lainnya untuk meredakan nyeri haid selain memijat adalah dengan cara meletakan bantal di bawah lutut sambil berbaring. Cara ini sering digunakan oleh sejumlah perempuan yang sedang datang bulan karena cara ini terbilang sangat praktis dan gampang. Bahkan cara ini bisa dilakukan ketika kita sedang bersantai. Caranya mudah, siapkan 2 bantal empuk, posisikan tubuhmu dalam posisi berbaring, letakkan bantal tersebut di bawah lututmu, atur nafasmu. Tahan selama 30 hingga 60 detik. Semoga nyeri haidmu lekas hilang.

Dengan mempraktekan semua gerakan yang suda diuraikan di atas secara rutin, percaya deh pasti nyeri haidmu hilang perlahan-lahan.

Leave a Reply