Saat Kamu Menjalankan Sholat Dhuha, 4 Hal Ini Akan Terus Mengikutimu

Sholat 5 dalam sehari hukumnya wajib bagi setiap muslim, namun junjungan kita nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan untuk melaksanakan ibadah-ibadah sunnah sebagai kesempurnaan ibadah. Rasulullah bersabda:

“kerjakanlah apa yang telah aku contohkan kepada kalian, sesungguhnya baang siapa yang mengajarkan apa yang telah aku sunnahkan maka ia termasuk ke dalam umatku”. (HR. Bukhori Muslim)

Salah satu ibadah sunnah yang dicontohkan Rasulullah adalah sholat dhuha. Tahukah kamu kalau sholat dhuha selain memiliki pahala besar juga memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa. Apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasannya.

1. Memperlancar rezeki dan kenerkahan hidup

Memperlancar rezeki via www.ibnusyamil.com

Memperlancar rezeki via www.ibnusyamil.com

Manfaat sholat duha yang pertama adalah untuk melancarkan rezeki dan keberkahan hidup. Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya Allah berfirman: ‘wahai anak adam, kerjakanlah sholat duha empat rokaat kepadaKu pada permulaan siang, nicsaya Allah akan memberikan kecukupan rizki kepadamu sampai akhir siang.” (HR. Tirmidzi)

Shalat yang dikerjakan dipermulaan siang adalah shalat dhuha. Permulaan siang atau waktu dhuha yaitu saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya atau kira-kira pada pukul 7 pagi hingga sebelum memasuki shalat dzuhur.

2. Shalat Dhula memberikan pahala yang besar

memberikan pahala via entertainment.harianterbit.com

memberikan pahala via entertainment.harianterbit.com

Manfaat shalat dhuha yang kedua yaitu memiliki keutamaan yang tinggi sehingga Allah SWT memberikan pahala besar. Pahala orang yang melaksanakan shalat dhuha sama dengan pahala dengan orang yang bersedekah. Rasulullah bersabda:

“Hendaklah kalian bersedekah setiap pagi sebab bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, melakukan kebaikan adalah sedekah,… melarang orang lain untuk tidak berbuat keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.” (HR Muslim, Abu Daud, dan Ahmad)

Begitu luar biasa keurtamaan yang diberikan Allah kepada hambaNya yang mau mengerjakan shalat dhuha, shalat sunnah yang dikerjakan dalam jumlah rakaat genap, seperti; dua, empat, enam, delapan atau duabelas rakaat.

3. Memberikan refleksi kesehatan

Manfaat kesehatan via www.dakwahmuslimah.com

Manfaat kesehatan via www.dakwahmuslimah.com

Manfaat shalat dhuha berikutnya yaitu  sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan shalat dhuha dapat berperan layaknya refleksi kesehatan seperti olahraga. Rasulullah bersabda:

“Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian dan ia wajib bersedekah pada tia-tipa persendian itu… maka dua rakaat shalat dhuha sudah mencukupi untuk peregangan dan kebaikan bagi setaip persendian dalam tubuh manusia.” (HR. Muslim, Ahmad dan Abu Daud)

Pada malam hari saat kita tidur terdapat beberapa organ tubuh yang tidak bergerak dan tidak beraktifitas secara maksimal yaitu bagian sendi dan otot. Ketika bangun tidur dipagi hari, sangat diperlukan suatu refleksi untuk peregangan dan pelemasan kembali persendian agar kembali beraktifitas dengan baik.

Sholat dhuha adalagh waktu paling tepat untuk mengautkan otot dalam tubuh. Tahukah kamu jika fakta ini juga sudah dibukitkan secara medis oleh para ahli kesehatan di Asia dan Eropa. Mereka menukan bahwa gerakan teratur yang dilakukan saat sholat dhuha sangat baik bagi kesehatan manusia, terutama bagi sistem kardiospakular yaitu sistem-sistem syaraf, otot, dan persendian manusia. Waktu sholat dhuha adalah waktu yang sangat tepat disaat tubuh memerlukan energi yang besar untuk menghadapi bebagai aktifitas dalam sehari. Hasil penelitian survei terhadap 10 orang yang dengan teratur melakukan sholat dhuha terbukti memiliki persendian dan sistem syaraf yang baik sehingga mereka dapat mengerjakan aktifitas seharian tanpa rasa malas dan lesu.

Para ahli kesehatan tersebut sepakat bahwa gerakan sholat dhuha memiliki manfaat seperti orang yang rajin berolahraga pagi. Sholat dhuha juga mampu mencegah bebagai penyakit persendian, ketegangan otot, reumatik, struk, serta dapat menghilangkan rasa stress dan sakit kepala.

Masih ada lagi manfaat luar biasa dari sholat dhuha. Mengerjakan sholat dhuha sama seperti telah melakukan dua kebaikan yang akan dicatat sebagai amal kebaikan kita.

Rasulullah bersabda:

“Tahukah kamu ada dua hal yang harus kalian kerjakan, menutup dan membersihkan ludah yang ada di masjid, dan menyingkirkan sesuatu yang berbahaya di jalan, sehingga kalian akan mendapatkan pahala besar dari Allah. Jika kalian tidak melakukan itu, maka cukuplah dengan mengerjakan sholat dhuha.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Jika seorang muslim mampu mengerjakan kebaikan selama hidupnya, serta taat mengerjakan sholat dhuha, maka makin sempurnalah amal holat dan ibadahnya.

4. Sholat dhuha adala bentuk kedekatan pada Sang Khaliq

Sholat dhuha via www.dakwatuna.com

Sholat dhuha via www.dakwatuna.com

Manfaat selanjutnya dari sholat dhuha yaitu sholat dhuha suatu bentuk kedekatan khusus seorang hamba kepada Sang Khaliq. Rasulullah bersabda:

“Sholat dhuha adalah sholat orang-orang yang ingin lebih dekat dan kembali kepada Allah di saat kebanyakan orang mulai lupa kepada Allah dan sibuk dengan pekerjaan mereka, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena panas di tempat berbarngnya.” (HR. Muslim)

Banyak orang yang sibuk dengan aktifitas kerjanya sejak pagi hari sehingga tidak sempat lagi mengerjakan sholat dhuha. Padahal kita telah melupakan satu hal penting yaitu kedekatan kepada Allah sang Pencipta yang memberikan rizki dari apa yang akan kita kerjakan setiap hari.

Meskipun pahala dan keutaman sholat dhuha begitu besar dan mulia, namun bukan berarti membuat kita hanya taat mengerjakan ibadah sunnah dan kemudian meninggalkan yang wajib. Kesempurnaan ibadah di hadapan Allah yaitu saat kita mampu menjalankan apa yang diwajibkan Allah dan tidak lupa mengerjakan apa yang disunnahkan Rasulullah.

Rasulullah bersabda:

Aku berwasiat kepada kalian, kerjakanlah sholat wajib lima waktu, puasa di bulan ramadhan dan membayar zakat fitrah. Selain itu, kerjakanlah apa yang telah aku contohkan puasa sunnah sebanyak tiga hari setiap bulan, sholat dhuha dua rokaat, dan melakukan sholat witir sebelum tidur.” (HR Bukhori dan Muslim)

Leave a Reply