Percaya Deh, Kamu Belum ke Solo Kalau Belum ke Air Terjun Grojogan Sewu

Obyek Wisata Tawangmangu terletak di sebelah barat kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Obyek Wisata Tawangmangu ini memiliki wisata-wisata yang sangat menarik dan mengagumkan, seperti Candi Cetho dan Candi  Sukuh. Bukan hanya itu, ada juga tempat lain yang cukup terkenal dan sangat sering dikunjungi ketika akhir pekan, yaitu Grojogan Sewu. Grojogajan Sewu merupakan kawasan air terjun yang bersumber dari mata air Gunung Lawu dan memiliki ketinggian sekitar 81 meter. Letaknya tidak terlalu jauh, kurang lebih 800 meter dari  terminal Tawang Mangu. Obyek Wisata ini berdiri di lahan dengan luas kurang lebih 20 Hektar dan masuk dalam komplek Wana Wisata.

Apa yang Istimewa di Grojogan Sewu?

Grojogan Sewu via surabaya.panduanwisata.id

Grojogan Sewu via surabaya.panduanwisata.id

Grojogan Sewu dibuka setiap hari bagi semua kalangan mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Banyak hal unik dan istimewa dari Grojogan Sewu, salah satunya adanya anak tangga yang begitu banyak dimana kita harus melewati anak tangga tersebut untuk mencapai lokasi. Terdapat pula monyet-monyer genit yang begelantungan di pohon-pohon dekat anak tangga. Biasanya monyet-monyet tersebut sering menggoda para wisatawan yang melintasinya dengan mencuri atau merampas makanan. Meski demikian kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa pawang yang menjaga  selama perjalanan.

Setelah sampai di pucuk bawah tangga, kamu akan disambut mata air yang menerpa kulit serta wajah. Selain itu, kamu juga bisa merasakan kesejukan airnya yang bening dan menyegarkan.  bahkan meminumnya. Namun sayang, tepat di bawah air terjun tidak diperbolehkan mandi atau berenang.

Fasilitas Apa Saja yang Ada di Grojogan Sewu?

Segarnya Grojogan Sewu via yasiryafiat.wordpress.com

Segarnya Grojogan Sewu via yasiryafiat.wordpress.com

Bagi kamu yang membawa adik kecil, bisa langsung mengajak mereka untuk menikmati kecantikan taman di Taman Balekambang. Di taman ini banyak dijumpai pedagang-pedagang yang menjual makanan-makanan khas Jawa Tengah, seperti sate kelinci, kerupuk cobek, dan lain-lain. Di samping itu adikmu pun  bisa berenang bebas di kolam renang yang memang tersedia khusus bagi anak-anak. Dijamin adik kecilmu akan bersenang-senang. Fasilitas yang ada juga cukup memadai; toilet, tempat parkir yang luas, mushola, dan warung-warung makanan.

Jajanan Apa Saja yang Ada di Grojogan Sewu?

Jajanan di Grojogan Sewu via www.wego.co.id

Jajanan di Grojogan Sewu via www.wego.co.id

Selain bisa merasakan kesejukan Obyek Wisata Tawangmangu, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Obyek Wisata Tawangmangu. Terdapat sebuah pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam jenis sayur  mayur hasil tanam warga  sekitar, karena  memang  sebagaian besar berprofesi sebagai petani.  Pasar di Obyek Wisata Tawangmangu ini sangat apik dan bersih karena sengaja dibuat untuk kepuasan para wisatawan yang datang berkunjung, ditambah lagi harga-harganya yang lebih ekonomis dibandingkan dengan harga di pasar pada umumnya. Bukan hanya itu, para penjualnya pun ramah-ramah dan sangat bersahabat.

Bagaimana Akses Menuju Grojogan Sewu?

Ramainya Grojogan Sewu via yasiryafiat.wordpress.com

Ramainya Grojogan Sewu via yasiryafiat.wordpress.com

Bagi para perjalan kaki atau backpacker disarankan melewati pintu gerbang yang berada di bawah (pintu kedua), sebab pintu gerbang ini cukup dekat dengan terminal bus Tawangmangu –tempat di mana bagi pengguna kendaraan umum turun. Jadi tidah harus berjalan jauh ke pintu gerbang utama. Nah, bagi yang tidak ingin repot, ada alternative lain untuk sampai di loket pembelian tiket, yaitu dengan menaiki kuda ataupun naik ojek, harga sewanya masih terjangkau, kok.

Bagaimana Transportasi Menuju Grojogan Sewu?

Cantiknya Grojogan Sewu via panduanwisata.id

Cantiknya Grojogan Sewu via panduanwisata.id

Banyak bus yang akan siap mengantarkan mu ke objek wisata di Lereng Gunung Lawu ini. Bahkan ada beberapa bis yang bahkan langsung menuju Tawangmangu. Jika  berangkat dari terminal Tirtonadi Solo, kamu akan melewati Palur, lalu Jaten, setelah itu Kab Karanganyar, dan setelah itu berakhir di Terminal Tawangmangu. Jika menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan yang ditempuh bisa melalui jalan raya Solo-Tawangmang. Jalanan sudah mulus beraspal dan lancar untuk di lalui kendaaraan.

Namun harus tetap berhati-hati, mengingat jalan menuju pegunungan yang selalu berkelok-kelok dan menanjak. Membutuhkan keahlian khusus dalam mengendarai kendaraan entah itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Sepanjang perjalan, kamu akan dijamu dengan pemandangan cantik dari hamparan persawahan yang luas dan bukit-bukit yang mampu memanjakan mata. Kurang lebih jarak tempuh dari solo sekitar satu setengah jam.

Percayalah, kamu tidak akan menyesal memasukan Obyek Wisata Tawangmangu dalam daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Tempatnya yang menyegarkan, guyuran air terjun yang eksotis, deretan anak tangga yang menggemaskan, juga monyet-monyet genit yang bergelantungan, dipastikan bisa membuatmu rindu akan Tawangmangu.

Leave a Reply