Percaya Deh, Jomblo Itu Bukan Kutukan. Mungkin 5 Hal Ini yang Jadi Biang Keroknya

Cinta adalah kepedulian dan rasa menginginkan yang dimiliki seseorang terhadap orang lain. Kita pasti selalu berharap bahwa orang yang kita cintai adalah jodoh dunia-akhiarat yang sudah ditetapkan Tuhan untuk kita.

Bicara soal jodoh, seolah tak pernah ada habisnya. Jodoh itu ibarat skripsi, semakin ditunda-tunda semakin lama selesainya. Begitu juga dengan jodoh, jodoh harus dijemput dan diperjuangkan sampai titik darah penghambisan. Bebagai macam cara dilakukan bagi mereka yang belum menemukan jodohnya, seperti; membuka hati, memperbaiki penampilan, menjadi pribadi yang lebih menyenangkan, dll. Namun, ternyata Tuhan belum juga mendatangkan jodoh yang klik di hati.    Bagaimana dengan kamu, sudahkah menemukan jodohmu?

Nah, buat kamu yang sedang mati-matian mencari jodoh, 6 alasan ini  wajib  kamu perhatikan. Simak baik-baik ya..

1. Mengingat-ingat kenangan indah masa lalu membuat jodohmu makin jauh.

Move-on donk via doctornjoh.com

Move-on donk via doctornjoh.com

Tak bisa dipungkiri, kenangan indah di masa lalu bersama sang mantan kekasih pasti selalu menghantui kehidupanmu, membuatmu stuck di titik yang memuakan. Titik ini disebut; kenangan sang mantan. Jika kamu termasuk orang yang seperti itu, sebaiknya mulai hari ini cobalah untuk lebih membuka hati. Ingatlah, di luar sana, masih ada banyak wanita atau pria yang bisa kamu jadikan pasangan untuk menggantikan posisi mantanmu itu. Jangan sampai kamu jauh dari jodoh hanya karena masih sering mengingat-ingat kenangan indah di masa lalu, bahkan masih mengharapkannya kembali dalam kehidupanmu. Iya, kalau dia (mantanmu) mau kembali, tapi kalau ternyata dia sudah punya pengganti? Pada akhirnya, kamu malah semakin sakit hati, kan?

Sudahlah move on saja. Jika berat untuk melupakan, setidaknya cobalah untuk  mengikhlaskan. Bukankah Tuhan sudah menjanjikan; bahwa siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil, kan? Anggaplah Hubunganmu yang kandas di tengan jalan itu sebagai pelajaran agar hidup kamu kedepannya menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu, Tuhan pun akan dengan semangan membantumu menemukan pasangan baru.

2. Kamu belum bisa membuka hati.

Buka hatimu via manelblanco.blogspot.com

Buka hatimu via manelblanco.blogspot.com

Selain mengingat-ingat masa lalu, salah satu hal yang membuatmu susah mendapatkan jodoh yaitu; belum bisa membuka hati. Apa yang membuatmu susah membuka hati? Jika alasanmu susah membuka hati karena takut patah hati, berarti kamu pengecut, berati kamu mengaku kalah sebelum berjuang. Jika alasanmu susah membuka hati karena pernah disakiti, berarti kamu lemah. Patah hati memang sangat menyakitkan, untuk menyembuhkannya memang butuh waktu yang panjang. Tapi, bukan berarti patah hati membuat kamu jadi menutup hati. Ada yang bilang begini: obat sakit hati adalah dengan jatuh cinta lagi.

Cobalah untuk lebih memberanikan diri, jangan takut jatuh. Justru dengan jatuh kita jadi tau cara untuk bangkit lagi. Ayolah, buka sedikit hatimu. Mana bisa jodoh masuk dalam kehidupanmu jika hatimu tertutup rapat seperti itu.

3. Jangan suka mencari-cari kesalahan calon pasangan.

Mencari kesalahan via tinybuddha.com

Mencari kesalahan via tinybuddha.com

Pada suatu ketika, temanmu membawa seorang pria yang sengaja ingin dia kenalkan padamu. Kamu  yang katanya sedang mati-matian mencari pasangan. Setelah berkenalan, bincang-bincang, ternyata kamu merasa tidak nyaman, merasa tidak klik dengan pria tersebut.

”Aku gak suka sama dia, gak asik dia buat diajak ngobrol, terlalu serius,” bisik kamu ke temenmu.

Setiap manusia pastinya memiliki kelebihan dan kekuarangan. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia. Kesempurnaan itu hanya milik Allah azza wa jalla. Jadi, bisakah untuk tidak menyibukan dirimu dengan mencari-cari kesalahan calon pasanganmu? Jika tidak ingin jodohmu jauh, ya cobalah untuk lebih bisa menerima; kelebihannya maupun kekurangannya. Bukankah pasangan yang saling menyempurnakan itu lebih indah? Jangan terlalu banyak memilih. Banyak pilihan itu justru akan membuatmu semakin pusing dan bingung.

4. Kamu bingung untuk memilih.

Bingung memilih via lonlywallpapers.blogspot.com

Bingung memilih via lonlywallpapers.blogspot.com

Siapa yang tidak ingin mendapatkan pasangan yang baik, setia, pengertian, perhatian dan mapan? Semua orang pasti menginginkannya. Bagaimana dengan kamu? Seperti apa kriteria calon pasanganmu?

Karena ingin mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria, kebanyakan orang memilih untuk memiliki banyak calon pasangan (gebetan). Untuk apa calon pasangan banyak-banyak? Ya, untuk diseleksi kira-kira calon pasangan yang mana yang sesuai dengan kriteria. Padahal, cara mencari jodoh yang demikian ini tidak dibenarkan. Dengan banyaknya pilihan seperti ini justru akan membuat pusing dan bingung. Fokuslah hanya pada satu orang, yakinkan hatimu padanya, bila perlu mintalah bantuan pada Tuhan dengan sholat istikhoroh. Dikutip dari buku yang berisi kata-kata bijak; “carilah seseorang yang mencintaimu bukan yang kamu cintai.”

5. Kamu masih mencari pasangan yang sempurna.

Tak ada yang sempurna

Tak ada yang sempurna

Sudah dikatakan, bahwa kesempurnaan itu hanya milik Tuhan. Jika kamu masih mencari jodoh yang sempurna, maka akan jauh jodohmu. Orang bijak pernah berkata: bahwa konsep kesempurnaan manusia itu ada 4, yaitu; konsep kesempurnaan dari segi fisik, konsep kesempurnaan dari segi materi, konsep kesempurnaan dari segi sikap, dan konsep kesempurnaan dari segi agama . Dalam diri manusia, kebnyakan hanya memiliki 2 atau 3 konsep saja, bahkan ada juga yang hanya memiliki 1 konsep saja. Kalaupun ada yang memiliki ke-4 konsep kesempurnaan tersebut, belum tentu juga orang tersebut mau menjadi pasanganmu. Orang-orang dengan kesempurnaan yang demikian itu bisanya memiliki kriteria tingkat tinggi dalam mencari pasangan.

Intinya, janganlah kamu memusingkan dirimu untuk mencari pasangan yang sempurna. Jangan terlalu banyak memilih.  Jangan juga mencari-cari kesalahan calon pasangan. Dan, buat kamu yang masih suka mengingat-ingat sang mantan, cobalah untuk move on, mulailah membuka hati, ayo bangkit. Dengan begitu, jodoh pasti akan menghamipri.

Leave a Reply