Pantai Kubu: Destinasi Terbaik Untuk Sejenak Lari Dari Bisingnya Kota Kalimantan

Destinasi wisata air di Kalimantan memang jarang terdengar. Tapi tak membuat Kalimantan dilupakan begitu saja. Ada banyak destinasi wisata air yang wajib kamu kunjungi, salah satunya Pantai Kubu. Pantai Kubu merupakan kawasan wisata Pantai Bogam Raya yang berada di Kumai. Pantai kubu mempunyai pasir putih yang kecoklatan, air lautnya berwarna coklat dikarenkan berdekatan dengan hutan gambut. Ada 2 jalur atau pintu untuk masuk ke Pantai Kubu:  Pertama, Pintu masuk dengan kepiting raksasa di atas pintu gerbangnya. Kedua, pintu masuk dengan patung buaya.

Apa yang menarik di Pantai Kubu?

Pantai Kubu via www.sassychris1.com

Pantai Kubu via www.sassychris1.com

Masing-masing kawasan mempunyai daya tarik tersendiri. Kalau kamu ingin menginjakan kaki di  sebuah dermaga kayu dengan panjang 300 m dari tepi pantai maka kamu harus masuk melalui pintu masuk yang ada kepiting raksasa di atas pintu gerbangnya. Sedangkan pintu masuk dengan patung buaya menjajakan sejumlah fasilitas seperti taman bermain akan tapi tanpa ada dermaga kayu yang membentang menuju laut.

Sesampainya di Pantai Kubu, rasakan angin laut yang menampar lembut tubuhmu saat berada di dermaga kayu sepanjang 300 m menghadap ke laut dan nikmatilah keindahan dari pemandangan sekitar yang menawan. Kamu bisa bersantai-santai sembari memancing atau sekadar melihat-lihat ubur-ubur, kepiting, ikan dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa berenang di air laut yang jernih. Di waktu-waktu tertentu, khususnya di waktu pagi, kamu bisa melihat nelayan-nelayan berburu ikan di laut.

Terdapat jasa-jasa penyewaan kapal-kapal kecil yang bisa mengantarkanmu untuk memturai  kawasan Pantai. Harga naik kapal sekitar Rp10.000/orang. Kamu bisa selfie sampai puas di Pantai Kubu. Birunya pantai dan deburan ombaknya akan membuatmu betah berlama-lama berada di Pantai Kubu.

Fasilitasnya?

Fasilitas Pantai Kubu via www.griyawisata.com

Fasilitas Pantai Kubu via www.griyawisata.com

Fasilitas yang ada  cukup lengkap karena memang Pantai Kubu merupakan destinasi wisata andalan di Kalimantan. Kamu akan menemukan mushola, toilet, tempat ganti baju, warung makan, penyewaan ban, toko aksesoris, dan lain sebagainya.

Bagaimana Akses Transportasinya?

Pintu gerbang Pantai Kubu via wisatadankisahku.blogspot.com

Pintu gerbang Pantai Kubu via wisatadankisahku.blogspot.com

Pantai Kubu berlokasi di selatan Pangkalan Bun, di Desa Kubu, Kecamatan Kumai Kotawaringin Barat. Dari Pangkalan Bun hingga Pantai Kubu bisa memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan air. Kondisi jalan dari Pangkalan Bun menuju Pantai Kubu kurang-kurang 30 km. Dikarenakan tidak adanya angkutan umum di sekitaran pantai, maka sebaiknaya kamu menyewa mobil atau menggunakan mobil pribadi. Untuk harga sewa mobil kurang lebih Rp200.000,-

Untuk yang berangkat dari Surabaya atau Semarang, kamu bisa menggunakan kapal laut untuk menuju Pelabuhan Kumai. Pantai Kubu berlokasi di sekitar wilayah pelabuhan Kumai ini. PT Dharma Laut Utama dan PT Pelni merupakan 2 perusahaan yang melayani pemberangkatan kapal.

Jadi gimana? Tertarik ke Pantai Kubu? Jangan lupa ajak sahabat, kerabat dan kekasih ya…

Leave a Reply