Paket Data Cepat Habis? Coba Deh 7 Tips Ini Biar Dompetmu Tetap Bisa Bernafas

Kebanyakan orang masih susah mengatur keuangan, apalagi mereka yang masih usia 17-20an atau masih mengandalkan uang orangtua. Kalau tak hati-hati, uang bisa habis tanpa terasa. Boro-boro buat nabung, buat bisa makan di akhir bulan aja harus ngumpulan recehan dulu. Duh..

Untuk menyiasati hal tersebut, tentu kamu butuh strategi khusus agar uangmu tidak terbuang sia-sia. Bukan cuma makanan aja yang harus kamu perhatikan, tapi hal-hal kecil lainnya juga harus kamu perhatikan. Masalah paket data, misalnya saja.

Masalah paket data ini juga harus bener-bener kamu perhatikan, jika tidak hati-hati menggunakannya uangmu bisa cepet hilang. Ya, buat yang hidup rumah atau kost yang tidak mempunyai akses wifi, mau tidak mau kita harus membeli paket data agar bisa tetap menggunakan internet tanpa perlu pergi ke warnet.  Nah, biar kuota paket datamu nggak cepet ludes, yuk ikuti tips-tips berikut ini yuk..

1. Kalau nggak ada jaringan wifi, jangan pernah download file atau mengupdate aplikasi.

Jangan update aplikasi kalo nggak pake wifi via www.komando.com

Jangan update aplikasi kalo nggak pake wifi via www.komando.com

Kalau kamu nongkrong di kafe, kampus atau tempat yang ada wifinya, manfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai kamu membuang sia-sia kesempatan tersebut, download apa yang pingin kamu download. Hal ini bisa ngabantu kuota paket data kamu biar nggak cepet habis.

Wifi emang menjadi salah satu akses internet yang ngebantu banget deh. Nggak jarang banyak orang pergi ke kafe cuma buat nyari akses wifi, mulai dari buat tugas kuliah sampai pekerjaan. Pokoknya nih ya, ke kafe nggak manfaatin akses wifi tuh mending di kamar aja deh sana, nggak usah kemana-mana.

2. Untuk mengehemat paket datamu, jangan semua aplikasi media sosial diaktifkan. Aktifkan satu aplikasi saja yang sering kamu pakai.

Bijak dalam bersosial media via www.thesun.co.uk

Bijak dalam bersosial media via www.thesun.co.uk

Pasti kamu banyak aplikasi media sosial dong, mulai dari Facebook, twitter, Path,  LINE dan lainnnya. Buat kamu yang emang lagi pingin berhemat, mending aplikasi media sosialnya yang kamu punya jangan diaktifin semua. Aktifin satu aplikasi saja yang sering kamu pakai. Dengan begitu, kuota paket data kamu nggak cepet habis.

Nonaktifkan push notification dari aplikasi yang jarang kamu pakai. Kalau kamu mau tahu aktivitas teman-teman di media sosial, cukup cek sesekali saja, jangan keseringan. Jangan lupa untuk menidentifikasi aplikasi mana aja yang banyak menyedot kuota paket datamu, agar kamu tahu aplikasi mana yang harus kamu nonaktifkan.

3. Pilih tipe paket data yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai salah beli paket data deh.

Pilih paket data sesuai kebutuhan via www.hotel-magazine.co.uk

Pilih paket data sesuai kebutuhan via www.hotel-magazine.co.uk

Pilihlah paket data yang sesuai dengan kebutuhan kamu itu penting sekali. Jadilah pengguna paket data yang bijak.  Jangan sampai kamu kamu pilih paket data 4G padahal kebutuhan kamu hanya paket data 2G.

Kalau kamu nggak bisa bener-bener lepas dari internet, misalnya masalah pekerjaan yang memang harus menggunakan beberapa aplikasi media sosial, atau tugas skripsimu yang membutuhkan akses inertet 24 jam, kamu bisa pakai paket unlimitid. Pintar-pintarlah pilih paket data ya.

4. Pilih aplikasi browser yang tepat.

Pilih aplikasi browser yang tepat via caaries.ro

Pilih aplikasi browser yang tepat via caaries.ro

Buat yang gemar browsing, sudah sewajibnya kamu tahu aplikasi browser yang seperti apa yang paling tepat untuk kamu digunakan. Sebab, ada sejumlah browser yang bisa memblok iklan di web yang kamu tuju secara otomatis. Plihlah aplikasi browser yang bisa sekiranya bisa mengompres data sampai 50 persen. Jangan sampai kamu salah pilih aplikasi, alih-alih ingin hemat malah bikin kuota paket datamu malah ludes.

5. Saat ingin istirahat sebaiknya matikan paket data. Selain hemat kuota, hal tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh kita.

Matikan paket data via blog.credit.com

Matikan paket data via blog.credit.com

Setiap manusia pasti butuh istirahat. Sebaiknya, saat tubuh sedang istirahat matikan saja hal-hal yang sudah tidak digunakan lagi, seperti lampu, tv, dan tentunya juga paket data. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk mengehemat biaya. Tertuama buat kamu yang pakai paket data, hal tersebut bisa membantu kamu untuk mengemat paket datamu. Selain bisa menghemat kuota, mematikan listrik dan paket data juga bermanfaat agar tubuh kita sehat. Sebab, cahaya lampu dan sinyal internet bisa memengaruhi kesehatan tubuh, mata dan otak.

6. Perhatikan kondisi jaringan sebelum internetan. Kalau sinyal lagi labil, mending paket datanya nggak usah dipake dulu.

Jangan pakai paket data kalo sinyal labil via www.dailymail.co.uk

Jangan pakai paket data kalo sinyal labil via www.dailymail.co.uk

Kamu pasti suka sebel kamu sinyal internetmu naik turun. Buat buka aplikasi apapun jadi susah. Kalau kondisinya lagi kayak begitu, mending kamu nggak usah pakai paket datamu dulu. Kenapa? Biar kuota paket datamu nggak cepet terkuras. Buka tutup browser juga bisa ngebuat kuota paket data ceper berkurang, lho. Sabar aja dulu, ditunggu sampai sinyalnya bener-bener lancar, kalau udah lancar kamu bisa deh buka browser yang kamu tuju.

7. Aturlah batas penggunaan paket data agar kamu tidak khilaf saat menggunakannya.

Atur paket data via www.railway-technology.com

Atur paket data via www.railway-technology.com

Buat kamu yang masih setia memakai paket data terutama pake data dengan kuota terbatas, kamu harus bisa menahan diri dari godaan beberapa apliaks, jangan sampai kamu khilaf memnggunakan paket data sesuka hati kamu tau-tau paket datamu malah habis. Untuk menyiasati hal tersebut, cara satu-satunya dengan mengatur batas penggunaan paket data.  Dengan begitu, ponselmu akan selalu mengirimkan notifikasi otomatis saat penggunaan paket datamu sudah melewati batas.

Jadi, gimana? Tertarik untuk mencoba? Iya, kamu harus coba. Dijamin deh nggak akan ada lagi cerita kantongmu kering cuma gara-gara sering ngeluarin uang buat beli pulsa internet. Ingat ya, jadilah pengguna paket data yang  bijak dan pintar. Selamat mencoba!

Leave a Reply