Mungkin, Kita Sering Mengabaikan 5 Hal Ini dan Membuat Doa-doa Ditolak Allah SWT. Yuk, Perbaiki

Berdoa adalah salah satu cara yang biasa dilakukan semua orang. Bagi Islam sendiri, berdoa melambangkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan memberikan harapan kepada manusia untuk memohon apa yang diinginkan. Meski demikian, manusia hanya bisa berusaha sambil berdoa, sementara pada akhirnya Allah, lah yang akan menentukan.

Terlepas dari itu, tahukah kamu ada doa yang cepat dikabulkan dan ada pula yang ditahan? Tentu saja, berdoa bukan sebatas meminta, ada usaha yang dilakukan agar keinginan cepat terkabul. Ada juga beberapa tindakan yang membuat doa kita ditahan oleh Allah SWT. Apa saja? Berikut 10 tindakan yang membuat doa kita ditahan oleh Allah SWT.

1. Sering melalaikan hak-hak Allah SWT.

Melalaikan hak-hak Allah via muslim-academy.com

Melalaikan hak-hak Allah via muslim-academy.com

Pada dasarnya, Allah akan mengabulkan doa dari hamba-hamba-Nya. Tapi tidak semua akan dikabulkan. Permintaan kita akan diberikan pada saat yang tepat. Ada juga doa yang ditolak. Hal ini berkaitan dengan tindakan kita karena melalaikan hak-hak Allah SWT. Kita selalu mengucapkan “Tiada Tuhan selain Allah” dalam sholat, tapi faktanya kita sering lalai dengan mengutamakan hak kita. Bahkan kita mempercayai kuasa lain selain dari Allah. Tentu saja hal ini masuk dalam golongan syirik.

Hal ini sebenarnya sudah jelas tertulis dalam Al-Qur’an:

“Janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Luqman: 13).

2. Halal dan haram dipandang sebagai sesuatu yang sama.

Halal atau haram via jumrah.com

Halal atau haram via jumrah.com

Di jaman seperti sekarang, halal dan haram rasanya tidak begitu dipedulikan. Berbagai upaya dilakukan guna menimbun kekayaan dan martabat. Kita hanya memikirkan duniawi saja, tanpa tahu hal yang kita lakukan halal atau haram. Allah secara tegas tak akan mengambulkan doa dari hamba-Nya yang masih berkutik dengan hal-hal haram. Ingat, Allah menerima hal-hal baik, karena pada dasarnya Allah itu Maha Baik. Masalah halal dan haram juga terdapat pada riwayat di bawah ini:

“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu baik. Dia tidak akan menerima melainkan yang baik pula. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (HR. Muslim).

3. Tidak konsisten atau fokus dalam berdoa.

Tidak konsisten via www.merpati.web.id

Tidak konsisten via www.merpati.web.id

Hal lain yang bisa membuat doa kita ditolak adalah karena sering kehilangan fokus, terlalu tergesa-gesa dan parahnya melupakan doa tersebut. Hal ini tentu saja tidak boleh dilakukan. Sebab, saat kita menginginan sesuatu dengan berdoa, kita harus bersungguh-sungguh dan tulus. Allah tentu akan membukakan pintu karunia-Nya untuk mengabulkan doa-doa kita. Tidak seperti anak kecil yang hanya menginginkan suatu hal yang sifatnya sementara.

Hal ini juga pernah tercatat dalam riwayat:

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “(Do’a) salah seorang diantara kalian pasti akan dikabulkan selagi ia tidak terburu-buru, dengan mengatakan; ‘Aku telah berdoa, namun tidak kunjung dikabulkan.” (HR.Muttafaq ‘alaih).

4. Mengabaikan Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

Amar Ma’ruf Nahi Munkar via mark-cannon.com

Amar Ma’ruf Nahi Munkar via mark-cannon.com

Hal selanjutnya mengapa doa kita ditolak Allah adalah karena kita mengabaikan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Tentu saja, kita tidak hidup di dunia ini sendiri saja. Allah pun menempatkan tiap manusia tidak dalam satu dimensi individu saja, melainkan dalam dimensi sosial, dimana ada lebih dari satu orang. Untuk itu, kita wajib mengajak semua orang untuk melakukan kebaikan, mencegah dari perbuatan yang dilarang dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Bila kita malah melupakan hal tersebut, semua doa yang kita panjatkan akan ditolak.

Terkait Amar Ma’ruf Nahi Munkar, sebuah riwayat menuliskan:

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, benar-benar kalian beramar ma’ruf dan nahi munkar atau Allah benar-benar hampir mengirimkan siksaan dari-Nya, lalu kalian berdoa dan tidak akan dikabulkan.” [HR at-Turmudziy: 2169 dan Ahmad: V/ 388, 391]

5. Berdoa dengan egois dan melampaui batas.

Berdoa secara berlebihan via utdsidrap.blogspot.com

Berdoa secara berlebihan via utdsidrap.blogspot.com

Mungkin ini adalah hal yang sering kita abaikan. Dimana kita sering meminta dengan egosi dan melampaui batas. Karena terlalu besarnya kita menginginkan sesuatu, kita jadi sering memaksakan diri dan berdoa dengan cara berteriak. Allah SWT berfirman:

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al-A’raaf: 55).

Selain itu, banyak juga orang yang mengkhususkan diri berdoa di tempat-tempat yang dianggap mustajab. Misalnya, berdoa di tepi laut, goa, atau pohon-pohon besar. Hal ini akan masuk dalam golongan syirik.

Itulah 5 alasan mengapa doa-doa kita ditahan Allah SWT. Dari semua alasan, tentu saja yang kita utamakan adalah benar-benar berserah diri dan tulus memohon kepada Allah SWT. Niscaya doa kita akan cepat terkabul.

Leave a Reply