Mungkin Kamu Pernah Melakukan 4 Perawatan Kecantikan Ini. Sudah Tahu Kalau Dalam Islam Itu Dilarang?

Bagi setiap perempuan menjadi cantik itu menjadi kebanggaan tersendiri. Wajar kalau mereka memberikan perhatian lebih terhadap kecantikan, penampilan, dan kesehatannya. Segala macam cara dilakukan seperti pergi ke salon kecantikan untuk mempercantik diri mulai dari perawatan ujung rambut hingga ujung kaki. Dari berbagai jenis perawatan, ternyata ada beberapa jenis perawatan kecantikan yang dilarang dilakukan dalam syariat islam, karena beberapa jenis perawatan tersebut bisa dikatakan tidak mensyukuri nikmat yang sudah diberikan Tuhan. Apa saja perawatan yang dilarang tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Mencabut Bulu Alis

mencabut bulu alis via www.vemale.com

mencabut bulu alis via www.vemale.com

Bagi perempuan-perempuan yang sangat memerhatikan penampilan, memakai alis itu menjadi salah satu hal sering dilakukan. Bahkan beberapa dari mereka rela mencabut, mencukur dan menggunting bulu alisnya demi mendapatkan hasil maksimal. Dalam Islam, padahal perbuatan yang demikian itu diharamkan karena sama halnya tidak mensyukuri nimkat Tuhan. Hal tersebut juga dijelaskan dalam Al Qur’an.

“Dan akan aku suruh mereka (merobah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka merobahnya”. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.” (QS. An-Nisa’: 119)

2. Merenggangkan Atau Meruncingkan Gigi

Merenggangkan Atau Meruncingkan Gigi via gaya.tempo.co

Merenggangkan Atau Meruncingkan Gigi via gaya.tempo.co

Selain mencabut alis, merenggangkan atau meruncingkan gigi juga sedang trend di kalangan para perempuan masa kini yang ingin tampil cantik. Dalam islam, tindakan tersebut tidak diharamkan jika tujuannya adalah untuk pengobatan, tapi akan menjadi haram jika tujuannya  untuk kecantikan atau gaya-gayaan.

Dalam hadistnya Imam An-Nasa’i berkata: “Rasulullah melaknat orang-orang yang memasang tato, menajamkan giginya, mencabut alis matanya, dan yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. An-Nasa’I).

3. Menyambung Rambut

Menyambung Rambut via www.rambutsehatcantik.com

Menyambung Rambut via www.rambutsehatcantik.com

Trend kecantikan yang juga kini sedang marak di kalangan perempaun yaitu trend menyambung rambut. Perempuam muslimah perlu tahu, menyambung rambut itu adalah salah satu perawatan kecantikan yang dilarang Allah SWT. Banyak perempuan di luar sana yang mungkin belum tahu bahwa tindakan menyambung rambut itu diharamkan, untuk itu, sebagai sesama muslim jangan pernah bosan untuk saling mengingatkan. Selain menyambung rambut, memakai konde dan wig  juga dilarang Allah SWT.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori, Rasulullah bersabda:

“Allah SWT melaknat perempuan-perempuan yang mencukur alisnya atau minta dicukurkan alisnya” (HR. Bukhori)

Hal tersebut turut dikuatkan juga oleh Al-Allamah Asy-Syaukani rahimahullah dan Al-Qadhi ‘Iyadh seperti berikut ini:

Al-Allamah Asy-Syaukani rahimahullah berkata: “Menyambung rambut merupakan haram, karena laknat tidaklah terjadi untuk perkara yang tidak diharamka”

Al-Qadhi ‘Iyadh: “menyambung rambut itu merupakan maksiat dan dosa yang besar, lantaran adanya laknat bagi yang melakukannya.”

Begitu mengerikan hukum islam bagi orang yang menyambung rambut dan orang yang ikut  terlibat membantu menyambung rambut. Bagi para perempuan muslimah, jika kalian tidak ingin mendapat murka Allah jangan pernah sekali-kali menyambung rambut

4. Mentato Tubuh

Mentato Tubuh via www.fimadani.com

Mentato Tubuh via www.fimadani.com

Demi ingin menunjukkan rasa cinta kepada pasangannya, banyak perempuan yang rela mentato tubuhnya dengan gambar orang yang disayanginya tersebut. Seperti halnya mencabut alis, meruncingkan gigi dan menyambung rambut, hukum mentato tubuh juga diharamkan dalam islam.. Sekecil apapun bentuknya, mentato tubuh merupakan dosa besar. Baik yang ditato maupun yang mentato sama-sama berdosa karena  termasuk maksiat kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori dan Imam Tirmidzi, Rasulullah bersabda:

Allah melaknat perempuan penyambung rambut dan yang disambung rambutnya, dan perempuan pembuat tato dan yang bertato.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi).

Sebagai seorang muslimah, tampil cantik memang tak dilarang, akan tetapi perhatikan juga aturan yang terdapat dalam syariat Islam. Apa guna cantik kalau hanya membuatmu dosa? Semoga kita selalu dilindungi Allah SWT.

Leave a Reply