Mood Cepet Rusak? 4 Tips Berikut Akan Buatmu Ceria Sepanjang Hari!

Apakah kamu termasuk orang yang berubah mood? Sepertinya ada baiknya kamu mengevaluasi lagi makanan-makanan apa saja yang sudah kamu konsumsi belakangan ini. sebuah studi yang dilakukan di Uneversitas Melbourne –Australia menunjukan mereka yang lebih banyak mengkonsumsi makanan modern seperti cola, hamburger, dan makanan cepat saji lainnya lebih gampang mengalami bad modd ketimbang mereka yang mengkonsumsi makanan rumahan.

Kesimpulan itu dirangkum setelah mereka melakukan penelitian terhadap 1046  perempuan usia 20 hingga 90 tahun selama lebih dari 10 tahun.

Menurut hasil penelitian yang publikasikan oleh American Journal of Psychiatry, makanan olahan, makanan menu tambahan kimia dan tinggi lemak berpengaruh buruk pada mood wanita. Dari totoal total 925 perempuan yang diteliti, 121 orang mengalami kecenderungan depersi dan kecemasan berlebihan. Saat diteliti lebih jauh pada kebiasaan makanannya, ternyata secara rutin mereka yang mudah emosi atau moodnya ccepet rusak karena terlalu sering mengkonsumi makanan seperti hamburger, roti tepung putih, pizza, susu berprerisa, bir dan makanan manis olahan.

Nah, terus bagaimana nih solusinya biar emosi atau mood baik terus sepanjang hari? Mudah saja. Yuk ikuti tips-tipsnya berikut ini. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan ini, dijamin deh emosi dan mood kamu jadi lebih mudah terkendali.

1. Mengkonsumi dark chocolate dipercaya ampuh buat mood tetap stabil.

dark chocolate via www.cleanindulgence.com

dark chocolate via www.cleanindulgence.com

Makanan pertama yang baik untuk mengatur emosi adalah dark chocolate atau yang biasa kita kenal juga dengan coklat hitam. Makanan yang satu ini memang merupakan makanan yang favorit banyak orang. Tidak hanya enak dimakan, tapi coklat hitam juga memiliki segudang manfaat. Coklat hitam atau dark chocolate yang tidak memiliki kandungan gula atau susu memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti meningkatkan mood sampai meningkatkan gairah biologis kamu. Menurut sebuah penelitian situs kencan terkemuka di inggris, setidaknya 78% wanita yang mengikuti penelitian tersebut mengaku gairah biologis mereka meningkat setelah mengkonsumsi dark chocolate. Selain itu, mereka pun juga mengaku bahwa susana hati mereka jadi berbeda alias jauh lebih baik dari sebelumnya.

Coklat sendiri mengandung feniletilamina yaitu unsur kimia yang dapat menimbulkan rasa bahagia dan merasa dicintai. Tak heran siapapun yang mengkonsumsi cemilan yang satu ini akan merasa bahagia. Keyakinan terhadapa kemampuan coklat sebagai pembangkit gairah dalam bercinta ini sudah ada sejak 400 tahun  silam. Disaat pertama kali coklat dikenal oleh suku Inidan Maya dan Aztec. Konon raja Aztec Montezuma dikabarkan memiliki 600 orang istri mengkonsumsi minuman yang berasal dari seduhan biji coklat yang telah dikeringkan setiap hari demi keperkasaannya.

2. Buah-buahan, sayuran dan biji-bijian juga dipercaya bisa bikin mood baik sepanjang hari.

sayuran dan biji-bijian via healthy.co.id

sayuran dan biji-bijian via healthy.co.id

Makanan pengatur mood atau emosi selanjutnya adalah buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Ketiga jenis makanan ini dipercaya juga mampu membuat mood baik sepanjang hari dan mengurangi hormon stress. bagaimana bisa? Begini penjelasannya.

Pertama, kita ulas biji-bijian terlebih dahulu. Biji-bijian seperti kacang kenari memiliki zat penambah mood omega3, vitamin B5 dan B9, serta triptofan yang merupakan zat penambah mood yang sempurna. Kacang kenari juga termasuk makanan yang mampu meeredam amarah pada wanita.

Untuk buah-buah, seperti alpukat membantu kamu mengurangi rasa sedih, cemas atau takut. Dan membuat mood kamu auh lebih baik. alpukat juga kaya akan omega3 yang juga baik untuk kesehtan otak. Aplukat merupakan sumber folat yang bisa mengurangi sumber ketakutan  yang irasional dan rasa cemas. Selain alpukat, ada juga buah pisang yang kaya akan magnesium yang bermanfaat untuk membuat kamu jado lebih rileks dan juga mengandung B6 yang bermanfaat untuk meringankan depresi. Pisang juga mengandung karbohidrat yang tinggi yang merangsang produksi serotonin yang membuat kamu merasa lebih bahagia.

Nah, untuk sayuran kamu bisa mencoba untuk mengkonsumi tomat 2 hingga 6 kali dalam seminggu. Tomat bermanfaat untuk menurunkan 46% depresi dibanding dengan orang yang tidak mengkonsumsi tomat sama sekali. Antioksidan yang terdapat dalam tomat melindungi kamu dari serangan depresi.

Biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan memang pada umumnya mengandung triptofan, magnesium, kalsium, vitamin B6 yang merupakan penyusun serotonin. Bahan-bahan tersebut banyak yang mengandung asam lemak yang diperlukan untuk proses hormonal.

3. Kafein juga ternyata bagus buat ningkatin mood, lho.

Kafein via www.infiline.com

Makanan pengatur mood barikutnya adalah kafein. Kafein adalah senyawa alkaloida turunan santin yang berwujud kristal berwarna putih. Kafein bersifat psikoaktif, digunakan untuk stimulasi sistem syaraf pusat dan mempecepat metabolisme. Konsumsi kafein berguna untuk meningkatkan kewaspadaan, menghilangkan kantuk dan menaikan mood. Tetapi kamu patut berhati-hati bila berlebihan mengkonsumi kafein bisa menyebabkan overdosis kafein akut. Biasaya lebih dari 500miligram perhari atau lebih dari 4 cangkir dalam sehari dapat menyebabkan sistem syaraf pusat terstimulasi secara berlebihan, kondisi ini disebut keracunan kafein. Tanaman yang mengandung kadar kafein tinggi antara lain, kopi, teh, coklat dan cola.

Manusia sendiri sudah mengkonsumsi kafein sedari jaman batu. Manusia purba menemukan bahwa mengunyah  biji, kulit kayu, atau daun dari tanaman tertentu memberi efek mengurangi rasa lelah dan menstimulasi kewaspadaan serta meningkatkan mood. Tidak lama kemudian ditemukan  bahwa efek tersebut meningkat bila tanaman tertentu diseduh oleh air panas. Berbagai kebudayaan kuno telah mengkonsumi kafein dalam berbagai wujud.

Di China, sudah mengkonsumi kefein dalam bentuk teh sejak 3000 tahun sebelum masehi. Kerajaan-kerajaan diwilayah timur tengah juga telah mengkonsumi kopi yang berasal dari Ethiopia sejak abad ke-9. Selanjutnya melalui jalur perdagangan kuno, kebiasaan mengkonsumsi kopi menyebar ke Eropa. Sekarang ini minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman ringan dan berenrgi sangat populer. Dengan konsumsi global 120.000 toh pertahun, kafein adalah bahan psikoaktif yang paling luas dikonsumsi di seluruh dunia.

4. Selanjutnya, agar moodmu stabil, cobalah untuk mengkonsumsi makanan manis.

mengkonsumsi makanan manis via korannonstop.com

mengkonsumsi makanan manis via korannonstop.com

Makanan pengatur emosi terkahir yaitu adalah makanan manis, doant misalnya. Rasa manis terbukti memang digemari banyak orang. Bagi sejumlah orang, makanan manis seperti donat atau es krim bahkan dapat membuat mood menjadi lebih baik, sehingga tidak henti-hentinya kamu mengkonsumsi makanan manis untuk meningkatkan mood terutama ketika kamu dikejar deadline.

Berdasarkan penelitian yang dilakuaka di Unversiti Of Nort Carolina Amerika Serikat, tingkat kegemaran terhadap rasa manis ternyata tergantung pada mood dan kontrol makan. Orang yang menyukai rasa manis cenderung mengalami efek perubahan yang kuat pada saat mengkonsumsi makanan yang manis. Sayangnya hal ini membuat mereka semakin banyak dan cenderung lepas kontrol dalam mengkonsumsi makanan manis tersebut. Padahal makanan manis mengandung glukosa dengan kadar yang tinggi. Masuknya glukosa dalam jumlah yang tinggi atau lebih besar dari jumlah kalori  yang dikeluarkan akan menyebabkan glukosa tidak digunakan sebagai sumber energi dan tersimpan sebagai lemak di dalam sel. Penumpukan lemak inilah yang menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Ingat, obesitas erat kaitannya dengan berbagai penyakit, seperti diabetes dan berbagai penyakit kadiopakuler.

Oke deh, demikianlah beberapa makanan yang sangat bermanfaat untuk mengatur mood atau emosi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply