Mengenal Lebih Dekat Malaikat Israfil Sang Peniup Sangkakala

Bagi orang muslim, pasti tahu siapa itu malaikat Israfil. Malaikat Israfil merupakan Malaikat pertama yang diciptakan oleh Allah SWT, dan juga menjadi malaikat pertama yang dibangkitkan di Hari Kiamat kelak. Tugas Malaikat ini yaitu meniup sangkakala tanda awal kehancuran dunia. Dalam Alkitab, Malaikat Israfil disebut Serafim. Buat kamu yang ingin tahu sosok malaikat Isra’il lebih dekat, simak ulasan berikut ini. Yuk simak sama-sama.

Asal-usul nama Israfil

Malaikat Israfil via news.liputan6.com

Asal usul penyebutan nama Isrf’il diambil berdasarkan penyebutannya di dalam sejumlah hadist. Salah satunya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini;

“Ya Allah, Rabb Jibril, Rabb Mikail, Rabb Israfil. Pencipta langit dan bumi…”(HR. Muslim)

Tugas Utamanya Sebagai Peniup Sangkakala

Tugas utama dari malaikat Allah yang satu ini yaitu sebagai peniup sangkakala. Ketika Israfil meniumpakan sangkakala, maka hancurla kehidupan dunia. Meskipun mengemban tugas dari Allah  sebagai peniup sangkakala, bukan berarti Malaikat Israfil ini tidak mengalami kematian. Kelak di hari kiamat, semua ciptaan Allah akan binasa. Termasuk Malaikat juga.

Berikut hadist yang menceritakan tugas Malaikat Israfil;

Allah menciptakan sangkakala itu sebuah mutiara putih dalam kaca yang sangat bersih, lalu Dia berfirman kepada ‘Arsy;  ‘Ambilah sangkakala itu. Maka, dia mengambilnya dan bersamanya ada sebuah lubang sejumlah semua ruh makhluk dan semua napas yang dihembuskan. Dua ruh tidak akan keluar dari satu lubang. Dan di tengah-tengah sangkakala itu ada sebuah lubang angin seperti bulat langit dan bumi.Sementara israfil meletakkan mulutnya di atas lubang angin itu, lalu Tuhan berfiman kepadanya, aku telah menugaskanmu mengurus sangkakala itu. Maka, tugasmu adalah meniup dan berteriak.” (HR. Abu Asy-Syaikh dari Wahb)

Kedudukan Israfil dekat dengan ‘Asry Allah

Posisi malaikat Israfil begitu dekat dengan ‘Asry Allah. Diriwayatkan dalam sebuah hadist,

seorang laki-laki bertanya, ‘Wahai Rasulullah, beritahulah aku tentang malaikat Allah yang berada di samping-Nya, beliau menjawab: “Sesungguhnya malaikat yang ada di samping-Nya adalah Israfil, Jibril, Mikail, lalu malaikat maut.’” (HR. Abu Hurairah)

Bentuk Malaikat Israfil

Diantara kalian mungkin bertanya-tanya bentuk malaikat Israfil itu seperti apa, dalam sebuah hadist menyebutkan bahwa malaikat Israfil itu mempunyai 4 sayap.

Ka’ab pernah bertanya kepada Aisyah; “Apakah kamu pernah mendengar Rasulullah berbicara sesuatu tentang Israfil?” Aisyah menjawab: ‘Ya. Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, “dia memiliki empat sayap, dua sayap diantaranya; salah satunya di Timur dan yang lainnya di Barat, sedangkan Lauh berada di antara kedua matanya, bila Allah ingin menuliskan wahyu, Dia mengulir diantara keningnya.” (Riwayat HR. Ibnu Abbas)

Tentang Terompet Sangkakala

Allah SWT berfirman:

“Dan tiuplah sangkakala, maka matilah semua siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (Az-Zumar: 68)

Ayat tersebut dijelaskan bahwa, kelak dihari kiamat, malaikat Israfil akan meniup sangkakala sebanyak 2 kali. Tiupan pertama untuk mematikan semua makhluk hidup yang bernyawa. Tiupan kedua adalah untuk menghidupkan kembali jasad manusia yang telah mati.

Sebagai seorang muslim, sangat dianjurkan mengenal lebih dekat sosok malaikat, salah satunya malaikat Israfil sang peniup sangkakala. Setelah mengenal lebih dekat malaikat Israfil, semoga kita bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu dilindungi Allah dari  hal-hal yang membuat kita lupa akan akhirat.

Leave a Reply