Meditasi Itu Nggak Harus Duduk Kok, Nih 5 Jenis Meditasi yang Bisa Kamu Lakukan Tanpa Duduk Diam

Mungkin kamu menganggap kalau meditasi itu harus duduk diam dalam posisi tertentu dengan mata terpejam. Memang, kebanyakan orang yang melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran dengan duduk terdiam. Tapi tahukah kamu kalau meditasi bisa dilakukan di mana saja dan tanpa duduk terdiam?

Satu dari banyaknya manfaat meditasi adalah mampu mengontrol metabolisme tubuh dan kamu bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Cara dan metodenya pun terbilang banyak. Nah, kalau kamu tahu manfaat meditasi yang lain, pasti kamu akan segera melakukannya. Meditasi sudah dibuktikan secara ilmiah, seperti bisa mengurangi inflamasi, menjaga kekebalan tubuh, dan mencegah penuaan di otak.

Sekarang, yuk cek 5 jenis meditasi yang bisa dilakuan tanpa duduk terdiam.

1. Qigong

Qigong via shiatsucollege.co.uk

Qigong via shiatsucollege.co.uk

Jenis meditasi ini berasal dari Tiongkok dan bisa dilakukan oleh segala usia. Manfaatnya terbilang banyak, seperti menjaga kebugaran fisik, mental dan spiritual. Qigong fokus dalam menenangkan pikiran, menjaga pernafasan dengan gerakan lambat. Kalau untuk manfaat mental, gerakan ini bisa mengurangi depresi dan menurunkan kecemasan. Bila kamu melakukannya secara rutin, rasa cemas dan was-was akan sirna.bUntuk melakukannya, kamu harus berdiri dan mengikuti ritmik yang telah ditentukan, seperti gambar di bawah ini:

2. Yoga

Yoga via www.mandalayogaspa.com

Yoga via www.mandalayogaspa.com

Pada dasarnya Yoga hampir mirip dengan Qigong, bedanya Yoga bisa dikombinasikan dengan gerakan baru yang membuatmu tertantang. Ketika melakukan Yoga disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman, jangan terlalu ketat karena bisa menghambat aliran darah. Nah, kalau kamu ingin melakukan Yoga, kamu bisa mengikuti gerakan Yoga di televisi atau Youtube.

Yoga bermanfaat untuk merenggangkan otot-otot yang kaku, menurunkan kecemasan dan bisa membuat pikiran lebih fokus. Yoga sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki rutinitas berat, seperti pekerja kantoran atau akuntan.

3. Meditasi Berjalan

Meditasi Berjalan via www.theglow.com.au

Meditasi Berjalan via www.theglow.com.au

Meditasi Berjalan terbilang jarang dilakukan orang, padahal manfaatnya sungguh banyak. Jenis meditasi yang fokus pada gerakan kaki ini bisa kamu lakukan di mana saja dan tanpa harus duduk terdiam. Hal paling penting dari Meditasi Berjalan adalah menyadari seutuhnya pada momen yang kamu alami. Manfaatnya pun sungguh banyak, seperti meredakan otot yang kaku, menjaga keseimbangan tubuh dan mencegah penuaan otak.

 

4. Tai Chi

Tai Chi via www.pingminghealth.com

Tai Chi via www.pingminghealth.com

Kamu pasti mengira kalau Tai Chi identik dengan ilmu bela diri. Memang benar, tapi sebenarnya Tai Chi bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus bertujuan untuk bela diri. Tai Chi melibatkan gerakan teratur, lembut dan mengarahkan kamu menjaga keseimbangan mental dan spiritual. Biasanya, Tai Chi dilakukan saat pagi hari, karena pada saat itu tubuh bisa lebih menerima udara yang masuk. Meski pun gerakannya lambat, tapi bila kamu percepat akan menjadi gerakan bela diri. Manfaatnya; bisa menghilangkan stress, menstabilkan aliran darah dan menurunkan kecemasan.

5. Bermeditasi di alam

Bermeditasi di alam via visesaubud.com

Bermeditasi di alam via visesaubud.com

Meditasi tak melulu dilakukan dalam ruangan. Kamu bisa mencobanya di alam bebas agar bisa lebih fokus. Meditasi di alam bebas sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Pengalaman ini juga bisa kamu gunakan untuk ‘menghilang’ sejenak dari kesibukan kota. Syaratnya, kamu hanya perlu fokus pada apa yang sedang kamu lakukan, sehingga mood dan konsentrasi menjadi lebih baik.

Meditasi sangat dianjurkan bagi kamu yang sering bersinggungan dengan hal-hal mengikat. Dengan melakukan meditasi, pikiranmu bisa lebih fokus dalam menjalani hari. Selain itu, manfaatnya pun sangat banyak. Sempatkanlah beberapa jam untuk pergi keluar dan melakukan 5 jenis meditasi di atas. Semoga bermanfaat ya…

Leave a Reply