Manfaat Luar Biasa Buat Kamu yang Rutin Menjalani Puasa Senin & Kamis

Puasa merupakan rukun islam yang wajib dikerjakan setiap kaum muslimin diseluruh penuru dunia. Tidak hanya puasa wajib, karena puasa sunah senin dan kamis juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. karena  puasa senin dan kamis adalah puasa sunnah yang sering di lakukan Rasululluah SAW.  sebagaimana Beliau bersabda dalam sebuah hadist di bawah ini:

“ Sesungguhnya  segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari senin dan kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, ‘Tangguhkan keduanya.’” (HR. Ahmad)

Seperti dalam hadits tersebut, Rasulullah sangat menyukai puasa sunah senin dan kamis, karena ternyata puasa sunah tersebut memiliki banyak keajaiban jika seseorang melakukannya.

Asal Usul Puasa Senin & Kamis

Rasulullah menjalankan puasa sunnah hari senin & kamis bukan tanpa alasan. Berikut ini hadits-hadits yang menjelesakan alasan Rasululluah menjalankan puasa sunnah senin dan kamis.

Kenapa disunahkah puasa hari senin oleh Rasulullah?

Pernah suatu ketika Rasulullah SAW ditanya tentang (alasan) puasa hari senin, lalu beliau menjawab; Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu (pertama kali) untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Dalam sebuah hadits, Rasululluah bersabda: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Selain itu, pada hadist lain disebutkan bahwa pada hari senin dan kamis amalan-amalan kita dilaporkan kepada Allah SWT, jika kita berpuasa kedua hari tersebut maka Allah akan senang.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Puasa Senin & Kamis

Puasa Senin & Kamis via makassar.tribunnews.com

Setelah mengetahui kenapa Rasululullah menganjurkan puasa pada hari senin dan kamis, sebagai umat muslim kita juga harus tau manfaat dari puasa hari senin dan kamis. Apa saja manfaatnya? Berikut ini jawabannya.

1. Dipermudahkan mengerjakan amalan-amalan shaleh lainnya.

Dengan berpuasa pastinya kita selalu terdorong untuk melalukan amalan-amalan yang bermanfaat, kan? Agar puasa kita berpahala, seperti mengaji, mengindari berkata bohong, menghindari menggunjing orang lain dan lainnya sebagaianya. Sebisa mungkin kita ingin melakukan perbuatan baik dan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang mengundang dosa. Dengan begitu, puasa senin kamis membantu kita untuk hidup lebih baik.

Bukan hanya itu, puasa senin dan kamis juga membantumu semakin istiqomah dalam ibadah. Jika kamu rutin berpuasa senin dan kamis dalam sebulan itu artinya  kamu 8 hari alias berpuasa atau sam artinya dengan berpuasa hampir sepertiga bulan. Jika puasa sunahmu ingin lebih sempurna, tambahkan juga dengan amalan-amalan lainnya, yang ringan saja , shalat duha 2 rokaat misalnya. Amal ibadahmu  pasti melimpah ruah.

2. Puasa sunah mampu meredam hawa nafsu

Salah satu tujuan puasa adalah melindungi diri dari hawa nafsu. Bahkan, Rasulullah SAW menyarankan kepada orang-orang yang ingin menikah tetapi belum memiliki penghasilan yang cukup untuk berpuasa.

Hawa nafsu memiliki makna sangat luas bukan hanya tentang nafsu birahi atau syahwat semata, seperti; nafsu mencuri, berkata kotor, menggunjing, dan perbuatan-perbuatan tercela lainnya. Dengan demikian, puasa benar-benar sangat bermanfaat untuk diri kita yang memang ingin hidupnya lebih baik. Berpuasalah, maka hidup kamu penuh dengan berkah.

3. Melembutkan hati dan menjadikannya lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Buat kamu yang rajin berpuasa senin dan kamis, maka Allah akan melembutkan hatimu, membuatmu lebih peka terhadap keadaan sekitar. Secara tak langsung, puasa mengajarkan kita  untuk tahu bagaimana rasanya tak memiliki makanan juga minuman. Terlebih lagi jika kamu rajin puasa senin & kamis, tentu akan semakin besar tingkat kepekaan sosialmu kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Mulailah membiasakan diri dengan berpuasa senin dan kamis. Jangan lupa niatkan puasa sunah tersebut karena Allah SWT dan untuk melatih kepekaan sosialmu juga. Buat kamu yang belum terbiasa menjalankan puasa sunnah senin dan kamis jangan takut karena puasa sunnah ini gampang sekali bahkan kamu tak perlu mengeluarkan banyak modal. Kamu hanya perlu sabar dan menahan lapar sampai adzan maghrib berkumandang.

4. Mengistirahatkan organ penting di dalam tubuh

Berpuasa membantu mengistirahatkan organ tubuh, terutama organ pencernaan karena tidak ada asupan makanan yang perlu dicerna seharian. Hal ini tentu sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh kita kedepannya. Logikanya begini, apabila ada sebuah unit mesin yang dihidupkan full 24 jam dan digunakan terus menerus tiada henti, coba pikirkan apa yang akan terjadi? Ya, benar, mesin tersebut perlahan-lahan akan rusak. Begitu pula dengan organ-organ di dalam tubuh kita, jika tidak diistirahatkan mereka akan rusak.

Jadi puasa sunah senin & kamis adalah solusi terbaik untuk mengistirahatkan organ pencernaan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

5. Menambah Kecantikan bagi Wanita

Manfaat lain dari berpuasa senin & kamis yaitu membantu menurunkan berat badan. Dengan rajin berpuasa makan secara tak langsung kadar lemakmu juga bisa berkurang. Jadi, buat kamu yang ingin memiliki tubuh langsing ideal, berpuasa adalah salah satu trik yang bisa kamu jadikan pilihan. Berpuasa memberikan manfaat yang melimpah, selain mendapat pahala, kamu yang ingin langsing juga bisa dengan mudah menurunkan kadar lemak. Subhanallah ya. Bahkan bukan hanya itu, berpuasa senin & kamis secara rutin juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan meremajakan sel-sel kulit.

Tapi kamu harus tetap ingat, jika ingin puasamu lebih berkah, niatkan puasamu tetap kepada Allah SWT tak ada sesuatu yang lain. Yang lainnya, biarlah kamu angp sebagai bonus saja. Jangan sampai puasamu sia-sia hanya karena niat yang kamu ucapakan bukan karena Allah melainkan karena ingin cantik dan lain sebagainya.

Jadi, tetap tetaplah niatkan puasa karena Allah SWT, niatkan puasa hanya karena ingin mendapatkan keridhaan Allah semata.  Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan pernah lelah mendekatkan diri pada Allah SWT. Semoga hidup kita selalu dipenuhi keberkahan. Amiin.

Leave a Reply