Lagi Musim Penyakit Nih. Yuk, Jaga Trombositmu Dengan Mengkonsumsi 5 Makanan Berikut

Mungkin kamu belum begitu mengetahui; apa sih trombosit itu? Kalau bahasa sederhananya sih, trombosit itu semacam zat dalam tubuh yang menahan dari serangan penyakit. Nah, jadi kalau trombositmu menurun, maka sistem kekebalan tubuhmu juga ikut turun. Dampaknya, kamu jadi cepat lelah dan tak bisa menahan serangan penyakit. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang, banyak virus-virus baru yang siap menerkam dengan segala keburukannya.

Maka dari itu, penting benget deh buat jaga trombositmu tetap stabil. Dalam artikel ini kami sengaja untuk memberikan informasi; gimana sih biar trombosit kita tetap stabil? Tentu saja faktor utama adalah makanan. Nah, berikut ini adalah 5 makanan yang bisa menjaga dan menambah trombositmu.

1. Kurma.

Kurma via www.sapujagat.com

Kurma via www.sapujagat.com

Makanan ini sering muncul saat bulan ramadhan. Rasanya yang manis, bisa menambal rasa lapar setelah seharian puasa. Nah, kamu tahu nggak kalau kurma juga bisa meningkatkan trombosit? Yup! Kurma memiliki zat besi serta nutrisi cukup tinggi yang bisa menambah trombosit secara alami. Banyak dokter menyarankan untuk mengkonsumsi kurma saat pagi dan sore hari. Selain bisa menahan lapar, kurma akan membantu tubuhmu menangkan penyakit dari luar.

2. Angkak.

Angkak via www.grosirobatherbalasli.com

Angkak via www.grosirobatherbalasli.com

Tahu buah angkak? Ternyata setelah dilakukan penelitian, angkak mampu meningkatkan jumlah trombosit secara menyeluruh. Penelitian ini sebelumnya menggunakan tikus sebagai objek. Setelah 10 menit tikus memakan angkak, jumlah trombositnya langsung meningkat. Karena khasiatnya ini, angkak sering digunakan untuk obat demam berdarah. Selain itu, angkak juga bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh.

3. Sayuran Hijau.

Sayuran Hijau via www.vemale.com

Sayuran Hijau via www.vemale.com

Kalau kamu termasuk orang yang tidak suka makan sayur, rasanya sayang banget deh. Hal yang harus kamu tahu dari memakan sayuran adalah karena sayur hijau memiliki banyak manfaaat bagi tubuh, selah satunya sebagai peningkat trombosit. Nah, sayuran hijau ini termasuk, kangkung, bayam, salad, dan lain sebagainya. Selain itu, sayuran hijau juga bisa meningkatkan jumlah keping darah. Jadi, mulai sekarang biasakan makan sayuran ya…

4. Jambu Merah.

Jambu Merah via www.merdeka.com

Jambu Merah via www.merdeka.com

Kenapa jambu merah bisa meningkatkan trombosit? Kandungan vitamin C-nya yang lebih tinggi dari buah lainnya, membuat jambu merah paling direkomendasikan untuk meningkatkan trombosit. Nah, saran dokter, kamu bisa mengkonsumsinya sebelum makan. Jangan sesudah makan ya. Sebab nanti vitamin c-nya malah berbaur dengan sisa-sisa makanan yang kamu makan. Jambu merah juga ampuh dalam mempertahankan kebugaran dan daya tahan tubuh.

5. Gandum Utuh.

Gandum Utuh via www.molto.co.id

Gandum Utuh via www.molto.co.id

Banyak peneliti menjelaskan bahwa gandum lebih baik dibanding nasi. Mengkonsumsi gandum secara utuh bisa mengganti kandungan karbohidrat secara sempurna. Kok bisa? Ya, gandum kaya akan nutrisi, serat, vitamin dan mineral yang ampuh menaikkan trombosit dalam tubuhmu. Selain itu, keping darah juga bisa ditingkatkan jumlahnya dengan mengkonsumsi gandum saat pagi hari. Sesekali ganti sarapanmu dengan gandum yuk.

Banyak orang menganggap sepele masalah turunnya trombosit. Hal ini tentu saja harus diluruskan. Trombosit bisa menentukan apakah kamu sehat atau tidak dalam menjalani hari. Jadi, mulai sekarang jaga trombositmu ya…

Leave a Reply