Lagi di Jogja? Jangan Lupa Mampir Ke Gunungkidul. Kenapa? Ada 8 Spot Wisata Ciamik yang Sedang Menunggumu

Hello, teman-teman. Apa kabar nih kondisi keuangan di awal bulan? Pastinya isi dompet lagi tebel dong ya. Hihi.. kalau isi dompet lagi tebel, udah siap dong nih buat diajak jalan-jalan. Jalan-jalan kali ini isikulkas.com bakal ngajak kamu ke Gunung Kidul, Yogyakarta. Sudah tau dong kalau Gunung Kidul itu punya banyak banget tempat wisata cantik.

Letaknya yang berada di kawasan pantai selatan membuat Kabupaten Gunung Kidul ini kaya akan pesona pantainya  yang menawan, mulai dari pantai yang bisa buat berenang dan snorkeling sampai dengan pantai yang biasa dimanfaatin buat camping. Tak heran jika Gunung Kidul kerap disebut sebagai surganya wisata pantai. Tahukah kamu, selain kaya akan keindahan wisata pantainya, Gunung Kidul juga memiliki beberapa tempat wisata lainnya yang tak kalah menawan dengan wisata pantainya dan akan sangat disayangkan bila dilewatkan begitu saja. Dimana saja sich tempatnya?

Nah, berikut ini wisata-wisata menawan bukan pantai di Gunung Kidul yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Pesona Air Terjun Sri Gethuk yang Mampu Membius Penatmu.

Air Terjun Sri Gethuk via www.naturalsunrisetour.com

Air Terjun Sri Gethuk via www.naturalsunrisetour.com

Air terjun Sri Gethuk ini merupakan wisata air terjun yang selalu dipenuhi pengunjung, terlebih diakhir pekan. Karena  pesonanya yang memukau, air terjun yang satu ini pernah dijadikan setting lokasi dalam sebuah film asing. Untuk mencapai lokasi, kamu akan dibawa melewati jalanan setapak pada area persawahan kira-kira sejauh setengah kilometer dan menuruni 96 anak tangga. Kawasan air terjun Sri Gethuk ini terletak di desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

2. Gunung Api Purba (Gunung Ngelanggeran), tempat asik untuk merelaksasikan pikiran.

Gunung Api Purba via sosmed.visitingjogja.com

Gunung Api Purba via sosmed.visitingjogja.com

Gunung Api Purba atau Gunung Ngelanggeran ini terletak di desa Ngelanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunugn Kidul, Yogyakarta. Gunung Api Purba merupakan salah satu gunung yang disarankan untuk para pendaki pemula. Waktu tempuh untuk mencapai puncak hanya memakan waktu 1,5 jam saja. Selain bisa menikmati keindahan kota Yogya dan sekitarnya dari atas puncak Gunung, kamu juga bisa mampir ke Embung Ngelanggeran yang letaknya memang bersebelahan.

3. Embung Ngelanggeran, tempat asik untuk melihat sunset.

Embung Ngelanggeran via heryfosil.blogspot.com

Embung Ngelanggeran via heryfosil.blogspot.com

Jika kamu mau treking ke Gunung Api Purba (Gunung Ngelanggeran), jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke Embung Ngelanggeran. Kenapa dinamakan Embung Ngelanggeran? Karena letaknya di daerah Ngelanggaran, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pesona yang diberikan dari Embung Ngelanggeran ini sangat elok sekali terlebih saat sore dan malam hari. Saat sore hari, kamu akan disuguhi oleh panorama sunset yang mengagumkan. Sementara saat malam hari, kamu akan disuguhi kemegahan Yogyakarta dan sekitarnya bak lautan kunang-kunang.

4. Embung Batara Sriten, tempat mendamaikan untuk kamu yang sedang ditindih Kejenuhan.

Embung Batara Sriten via travelovers.id

Embung Batara Sriten via travelovers.id

Selain Embung Ngelanggeran, ada juga Embung Batara Sriten. Embung Batara Sriten ini berada di kawasan Sriten, Nglipar, Gunung Kidul, Yogyakarta.  Embung yang satu ini disebut-sebut sebagai Embung tertinggi di pulau Jawa. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, embung ini memliki suhu yang dingin. Berada di sini seolah sedang berada di atas awan. Embung Batara Sriten juga memiliki sunset yang tak kalah eksotis dengan  sunset di Embung Ngelanggeran. Dilihat dari karakteristiknya, Embung Batara Sriten mungkin juga asik jika dijadikan untuk tempat camping.

5. Seru-seruan di Cave Tubing Kalisuci.

Cave Tubing Kalisuci via www.telusurindonesia.com

Cave Tubing Kalisuci via www.telusurindonesia.com

Cave Tubing Kalisuci ini terletak di Dsn. Jetis, Ds. Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Bagi penggemar Cavin dan rafting, Cave Tubing Kalisuci bisa menjadi pilihan.Tempat ini   kerap juga dimanfaatkan untuk mempelajari Speologi dan speleogenesis, yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang gua dan proses terbentuknya sebuah goa.  Cave tubing Kalisuci ini merupakan wisaya jelajah yang memiliki 5 goa yang saling terhubung dimana masing-masing goa memiliki aliran sungai. Keindahan dalam gua, keunikan sungai yang berkelok-kelok dipadu dengan hiasan tanaman perdu serta kelelawar yang tengah asik bergelantung di atap goa, seolah menjadi daya tarik tersendiri buat siapa saja yang berkunjung Cave Tubing Kalisuci.

6. Goa Pindul, tempat membahagiakan yang jangan sampai terlewatkan.

Goa Pindul via www.initempatwisata.com

Goa Pindul via www.initempatwisata.com

Goa  Pindul yang memliki lorong sepanjang kurang lebih 300m, lebar 4m, kedalaman air 5m, dan ketinggian atap 4m ini terletak di Dsn. Gelaran I, Ds. Bejiharjo, kec. Karangmojo, kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Pindul merupakan wisata cave tubing dan merupakan salah satu dari rangkaian 7 goa dimana masing-masing goa dialiri oleh air sungai. Karekeristik sungai bawah tanah yang cenderung tenang menjadikan wisata Gua Pindul ini sangat tepat jika dijadikan sebagai wisata  cavetubing untuk segala usia.

7. Gua Jomblang, tempat yang dikenal memiliki cahaya surgawai.

Gua Jomblang via beatifulindonesia.com

Gua Jomblang via beatifulindonesia.com

Goa yang yang terkenal memiliki “Cahaya Surgawi” ini terletak di Desa Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa ini juga memiliki sebuah lorong alami yang menjadi penghubung menuju Goa Grubug. Nah, di titik inilah kamu bisa menyaksikan mahakarya Tuhan melalui perpaduan stalagmit berwarna hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan yang biasa dikenal dengan sebutan “cahaya surgawi”. Amazing!

8. Segarkan pikiran di Green Village Gedangsari.

Green Village Gedangsari via www.gunungkidulku.com

Green Village Gedangsari via www.gunungkidulku.com

Green Village Gedangsari berada di perbatasan Klaten dan Gunung Kidul, tepatnya di Dusun Guyangan Lor, Dsa. Mertelu Gedangsari, Kab. Gunung Kidul, sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.. Wisata yang satu ini menyuguhkan view keren abis selayakanya di Selandia Baru. Dari atas ketinggian, kamu bisa melihat keindahan Klaten dan Gunung Kidul, benar-benar mampu memanjakan mata. Terlebih saat sore hari dan malam hari. saat malam hari, kamu bisa melihat kemgehan dua kabupaten tersebut seperti tengah dibanjiri lautan kuanang-kunang. Berada disini, semacam tempat untuk menenangkan diri.

Nah, sekarang udah tau kan ada apa aja di Gunung Kidul. Bisa dibilang itu hanya sebagiannya saja, masih banyak pesona wisata Gunung Kidul yang mampu memanjakan mata, banyak spot-spot keren untuk kamu yang suka akan fotogarafi. Jadi, setelah puas berkeliling di pusat kota Yogyakarta, kamu bisa langsung cus ke Gunung Kidul. Nyesel deh kalau sampai jalan Ke Yogyakara tapi nggak mampir ke tempat-tempat wisata yang ada di Gunung Kidul.

Oke deh, demikianlah informasi mengenai wisata-wisata cantik nan ciamik yang ada di Gunung Kidul. Semoga bermanfaat ya. Dan tak bosan-bosannya isikulkas.com ngingetin tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Selamat jalan-jalan. Selamat liburan.

Leave a Reply