Keistimewaan Lafadz Istighfar Menurut Firman Allah dan Hadist Rasulullah

Astaghfirullah hal adzim itulah kata-kata yang sering kali kita ucapkan ketika sedang dalam keadaan gelisah atau pun memiliki banyak masalah. Kata istighfar tidak hanya baik disebutkan ketika dalam kondisi sulit karena masih banyak keajaiban lainnya dalam ucapa istighfar. Berikut ini pemaparannya.

Sayidul Istighfar

Istighfar sebenarnya memiliki banyak versi, namun bacaan istighfar yang paling pendek yaitu astaghfirullah hal adzim yang setingkali kita ucapkan. Dan versi lain dari bacaan istighfar yang dikenal dengan istilah sayidul istighfar. Seperti pada bacaan berikut;

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta” (HR. Bukhori)

Sayidul ifstighfar yang paling istimewa menurut Rasulullah jika kita membaca bacaan tersebut pada siang hari dengan penuh keyakinan lalu meninggal di sore harinya, maka kita akan dimasukan ke surga. Kemudian kalau kita membaca pada malam hari dengan meyakini maknanya lalu esok paginya meninggal, maka akan dimasukan ke surga.

istighfar

1. Menggembirakan Allah

Keajaiban lainnya ucapan istghfar adalah menggembirakan Allah. Sesungguhnya Allah sangat gembira jika melihat umatNya bertaubat dengan menggunakan lafadz istighfar. Didalam sebuah hadist, Rasulullah SAW. bersabda;

Sungguh, Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya daripada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan ontanya yang hilang di padang pasir.” (HR. Bukhori dan Muslim)

2. Dicintai Allah dan diampuni dari segala dosa

Keajaiban selanjutnya dari lafadz istighfar yaitu dicintai Allah dan diampuni dari segala dosa. Sesungguhnya Allah SWT. Mencintai umatNya yang rajin bertaubat atas dosanya dan mengucap istighfar. Berikut dalam sebuah ayat Allah SWT. Berfirman;

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah:222)

Dianjurkan untuk setiap umat muslim agar memperbanyak lafadz istighar karena hal tersebut dapat mengampuni diri kita dari segala dosa yang kita telah perbuat. Namun tentunya dengan niat bertaubat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Berikut di dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda;

“Allah telah berkata, ‘Wahai hamba-hamba-Ku, setiap kalian past berdosa kecuali yang aku jaga. Maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian Aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengampuni dosa-dosanya, maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak peduli (beberapa banyak dosanya).” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi)

3. Selamat dari api neraka dan mendapat balasan dari surga.

Keajabian berikutnya dari lafadz istighfar adalah selamat dari api neraka dan mendapat balasan dari surga. Suatu ketika Huzaifah pernah berkata: “saya adalah orang yang tajam lidah terhadap keluargaku. Wahai Rasulullah, aku takut kalau lidahku itu menyebabkan aku masuk neraka.” Kemudian Rasulullah bersabda:

”Dimana posisimu terhadap istighfar?sesungguhnya, aku senantiasa beristighfar kepada Allah sebanyak seratus kali dalam sehari semalam.” (HR. Nasa’i Ibnu Majah, Al-Hakim)

Dan seperti yang tadi sudah dijelaskan, jika seseorang memperbanyak beristighfar ataupun betaubat kepada Allah SWT., maka orang tersebut akan mendapat balasannya di surga. Di dalam sebuah ayat, Allah SWT berfirman.

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhdap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (QS. Al Imran: 135-136)

4. Mengecewakan setan dan membuat setan putus asa

Sesungguhnya seseorang yang rajin mengucapkan istighfar yaitu astaghfirullah hal adzim dapat membuat setan kecewa dan putus asa. Dalam sebuah hadist disebutkan,

“Sesungguhnya setan berkata: demi kemuliaanMu ya Allah, aku terus-menerus akan menggoda hamba-hambaMu selagi roh mereka ada dalam badan mereka atau masih hidup, maka Allah menimpalinya dengan perkataan demi kemuliaan dan keagunganku, aku senantiasa mengampuni selama mereka memohon ampunan atau beristighfar kepadaku”. (HR. Ahmad dan Al Hakim)

Demikianlah penjelasan mengenai keajabian mengenai lafadz istighfar. Sesunggunya masih banyak lagi keajaiban yang dimiliki oleh lafadz istighfar diantaranya yaitu dapat meredam kesedihan, melapangkan kesempitan, melancarkan rezeki, membersihkan hati seseorang, mengangkat derajat seseorang di surga, dan ini tentu mengikuti sunnah Rasululluah SAW.

Semoga dengan informasi ini dapat menambah keimanan kita Allah SWT dan mengingatkan kita untuk selalu bertaubat dan mengucapkan lafadz istighfar di dalam kondisi susah ataupun senang. Amiin.

Leave a Reply