Kedhasyatan Doa Orangtua yang Sungguh Luar Biasa. Pliss, Jangan Sekali-kali Sakiti Hati Orangtuamu

Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban seorang anak yang diperintahkan langsung Allah SWT dalam Al quran. Kerena begitu pentingnya perintah ini, dalam ayat Al quran banyak sekali penyebutan tenttang penyembahan kepada Allah SWT dan diikuti dengan perintah berbakti kepada orangtua. Perintah berbakit kepada Orangtua juga tercantum dalam Quran Surat Al Israa.

“Dan Rabb mu telah memeritnahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang diantara kedua atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah engaku mengatakan kepada keduanya: ‘Ah’, dan janganlah engkau membetak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS. Al Israa: 23)

Allah SWT sangat mencintai perbuatan seorang anak yang berbakti kepada orangtuanya. Dalam sebuah hadits diceritakan, ada seorang sahabat bernama Abdullah bin Mas’ud bertanya kepada Rasulullah.

Abdullah bin Mas’ud bertanya: “wahai Rasul, perbuatan apakah yang paling dicintai Allah? Rasulullah menjawab: “sholat pada waktunya.” Aku bertanya lagi, kemudian apalagi? Rasulullah menjawab: “berbuat baik kepada orangtua.” Aku bertanya kagi, kemudian apalagi? Rasulullah menajwab: “jihad fi sabilillah.”  (HR. Bukhori dan Muslim)

Meski sudah tua, orangtua mempunyai senjata yang sangat penting buat bekal anak-anaknya, yakni doa. Dan jangan pernah meremehkan doa orangtua kerena doa orangtua adalah doa-doa yang sangat didengar Allah SWT.

Nah, berikut isikulkas.com berikan fakta-fakta tentang doa orangtua kepada anak. Yuk simak.

Doa Orangtua via www.dream.co.id

1. Doa orangtua untuk anaknya adalah doa paling mustajab.

Fakta pertama doa orangtua untuk anaknya adalah doa yang paling mustajab dan diijabah oleh Allah SWT. Rasulullah SWT bersabda:

“seseungguhnya ada tiga doa yang langsung diterima oleh Allah SWT secara langsung, yaitu: doa orang yang teraniaya, doa seorang musafir, dan doa orangtua terhadap anakanya.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Abu Dawud)

Karena itu jagalah jangan sampai orangtua mendoakan hal buruk kepada kita, karena pasti didengar Allah SWT. mintalah orangtua agar mendoakan kebaikan yang banyak dunia dan akhirat buat kita.

Keridhoan orangtua adalah keridhoan Allah SWT

2. Fakta kedua yaitu keridhoan orangtua adalah juga menjadi keridhoan dan kemurkaan Allah SWT. Rasulullah besabda:

“Keridhoan Allah adalah teragntung keridhoan orangtua dan kemurkaan Allah tergantung kemurkaan orangtua.” (HR. Tirmidzi)

Kemurkaan Allah akan hadir bila seseorang membuat murka kedua orangtuanya, begitu juga sebaliknya, keridhoan Allah akan hadir bila kedua orangtua ridha kepada anaknya. Jadi, berhatilah-hatilah jika bersikap kepada orangtua terutama kepada ibu. Karena ibu adalah seseorang yang mengirbankan jiwanya demi melahirakan dan merawat anaknya. Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai sekalian kaum Muhajirin dan kaum Ansor, barang siapa yang melebihkan istrinya daripada ibu kandungnya maka dia akan mendapat laknat dari Allah SWT, para Mallaikat dan seluruh manusia. Allah tidak akan menerima amalan sedikitpun kecuali dia mau bertaubat dan berbuat baik kepada orangtua serta meminta ridhonya. Karena ridha Allah tergantung ridhanya dan murka Allah tergantung murkanya.” (HR. Tirmidzi dan Muslim)

3. Doa orangtua bisa membawa kesuksesan dan melapangkan rezeki.

Fakta selanjutnya adalah doa orangtua bisa membawa kesuksesan dan melapangkan rezeki untuk anak-anaknya. Rasulullah SAW bersabda:

“barang siapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dilapangkan rezekinya hendaklah dia memuliakan dan berbakti kepada orangtuanya.” (HR. Ahmad)

Tak ada manusia yang hidupnya di dunia sengsara dan umurnya pendek. Allah telah memberikan kemudahan meraih semua ini dengan berbakti dan doa dari orangtua. Buat orangtua, jangan anggap remeh mendoakan anak, karena kesuksesan anak dunia dan akhirat berawal dari doa orangtuanya.

Berhati-hatilah dalam menjaga orangtua, jangan sampai menyakiti mereka terutama saat meraka sudah tua dan tak berdaya. Tahukan kamu bahwa perbuatan durhakan kepada orangtua termasuki doas yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda:

“Maukah aku beritahukan kepada kalian dosa besar yang terbesar? Sesungguhnya dosa terbesar itu adalah berbuat syirik kepada Allah dan durhaka kepada orangtua.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Islam sangat menguji seseorang yang mau merawat kedua orangtuanya dengan penuh kelembutan . ganjaran mereka yang mau melakukan ini adalah surga. Rasulullah bersabda:

“Celaka! Sekali lagi celaka! Dan sekali lagi celaka orang yang mendapatkan kedua orangtua berusia lanjut salah satunya atau kedua-duanya, tetapi dengan itu dia tidak masuk surga.”

Ada banyak hadist yang membahas keutamaan berbakti kepada orangtua sekaligus laknat bagi seseorang yang durhaka kepada orangtua. Semoga kita terhindar dari segala hal yang menggolongkan kita menjadi orang yang durhaka kepada orangtua. Allah SWT berfirman:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (untuk berbuat baik) kepada kedua orangtua, (tertuama keapda ibunya), karena ibunyalah yang mengandungnya dengan berbagai susah payah, dan menyapihnya dalam (umur) dua tahun. Oleh karena itu hendaklah kamu bersyukur kepadaKu (hai manusia) dan juga kepada kedua orangtuamu.” (QS. Luqman:14)

Leave a Reply