Karena Naik Gunung Begitu Spesial, 5 Olahraga Ini Bisa Membantu Pendakianmu Berjalan Sukses

Aktivitas mendaki puncak gunung membutuhkan persiapan fisik yang benar-benar matang. Selain akses atau medannya yang tak bisa diterka, ada juga faktor alam yang justru akan membuat kita kian lelah. Tahukah kamu, kalau rasa lelah saat mendaki bisa berakibat fatal? Kok bisa? Ya, itu karena  oksigen dalam tubuh akan berkurang secara drastis dan ditambah otot-otot tubuh yang mengeras. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebuah rencana persiapan jadi hal yang harus dilakukan sebelum mendaki. Dengan melakukan 6 olahraga ini, fisik kamu bisa lebih nurut ketika diajak kerjasama saat mendaki.

1. Cobalah untuk melakukan Jogging secara rutin dan tepat. Jenis olahraga ini mampu meningkatkan ketahanan fisikmu

tips daki gunung jogging

Jogging via globerunner.org

Berbeda dengan sprint, aktivitas jogging adalah olahraga lari dengan laju dan kecepatan yang stabil. Olahraga ini dirasa efektif dalam meningkatkan ketahanan tubuh. Tentu saja, olahraga ini sangat sesuai bagi kamu yang ingin mendaki gunung. Selain itu, bagi kamu yang tak terbiasa olahraga, aktivitas jogging ini bisa menjadi pilihan tepat sebagai persiapan pendakian. Lakukan secara rutin selama 2 minggu sebelum hari pendakian tiba. Ingat! Hal yang paling penting dari olahraga jogging ini adalah berapa lama waktu yang digunakan untuk berlari, bukan jarak yang bisa ditempuh dalam waktu tertentu.

2. Dalam mendaki, mengatur nafas adalah hal yang sangat penting. Untuk melatih pernafasan, kamu bisa memilih olahraga berenang.

berenang via paralympics.org.uk

berenang via paralympics.org.uk

Selain ketahanan tubuh yang harus dilatih, hal yang tak kalah penting untuk dilakukan supaya pendakianmu sukses adalah mengatur nafas. Pengaturan nafas ini sangat penting agar distribusi oksigen ke seluruh tubuhmu berjalan lancar dan supaya rasa lelah tak terlalu berat. Berenang bisa kamu jadikan alternatif olahraga yang mampu melatih sistem pernafasanmu. Tentu saja, jenis olahraga ini menuntut supaya kamu mampu berlatih dalam mengatur pernafasan. Selain itu, berenang juga akan melatih kamu untuk tetap tenang dan tidak panic saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

3. Agar tubuh tidak cepat kaget dengan beban dalam tas carrier, latihlah dengan weight lifting sederhana.

weight lifting via leanitup.com

weight lifting via leanitup.com

Olahraga dengan mengangkat beban bisa menjadi olahraga alternative sebelum hari pendakian tiba. Tentu saja, kamu nggak akan membawa barang bawaan sedikit kan? Tas carrier dengan kapasitas besar biasa dipilih para pendaki karena bisa menampung banyak kebutuhan selama berada di atas gunung. Makanan, sleeping bag, pakaian ganti, P3K, dan kebutuhan lainnya harus kamu bawa dalam tas carrier yang beratnya sama dengan berat badanmu. Nah, dengan melakukan olahraga angkat beban, tubuhmu bisa lebih siap dalam mengangkat tas carrier. Ketika angkat beban, biasakan dengan membawa beban sesuai barang-barang yang akan kamu bawa saat pendakian.

4. Dalam pendakian, fisik yang harus bekerja lebih keras dari biasanya adalah otot kaki dan tangan. Nah, untuk melatihnya, cobalah dengan olahraga wall climbing.

wall climbing via imgonnabeyourfriend.org

wall climbing via imgonnabeyourfriend.org

Bukan hanya fisik yang harus lebih kuat dalam aktivitas mendaki, namun kesabaran juga harus kamu latih sebelum pendakian. Nah, untuk melatihnya, cobalah untuk melakukan olahraga wall climbing yang bukan hanya melatih otot namun juga melatih kesabaran dan kemampuan fokusmu.

Memang, olahraga ini terbilang ribet untuk dilakakun. Cara mensiasatinya adalah dengan mencari fasilitas yang disediakan di kotamu atau dengan membuatnya sendiri. Jika perlu, kamu bisa mengajak teman yang juga ingin melakukan olahraga ini agar tidak kaku dengan pemandu.

5. Jangan sampai kehabisan ide. Kamu bisa mengkombinasikan olahraga dengan gerakan-gerakan ringan seperti squat, push-up, dan pull-up menggunakan metode HIIT.

HIIT via greatist.com

HIIT via greatist.com

Bila kamu merasa tak mampu melakukan olahraga di atas, kamu bisa menggunakan metode lain. Yakni dengan mengkombinasikan beberapa gerakan olahraga ringan seperti squat, push-up, pull-up dengan metode HIIT. Metode yang sebenarnya sudah lumrah ini sangat cocok bagi kamu yang tidak memiliki waktu banyak guna melakukan olahraga sebelum pendakian dimulai. Metode HIIT mampu meningkatkan otot dan melatih daya tahan tubuh dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya di dalam rumah.

Mendaki gunung bukanlah aktivitas yang semua orang bisa lakukan, sekali pun bisa tentu harus membutuhkan persiapan yang matang. Fisik adalah hal yang harus kamu perhatikan. Dan olahraga adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan ketahanan fisik. Jadi, jangan sampai rencana libruanmu berakhir dengan sia-sia karena saat sudah sampai puncak gunung fisik tak lagi fit. Yuk, mulai berolahraga…

Leave a Reply