Kamu Termasuk Pribadi Introvert? Coba Deh 10 Tips Ini Agar Kamu Mudah Bergaul

Memiliki banyak teman memberi keuntungan tersendiri, hanya saja kadang ada sejumlah orang yang susah membuka diri sehingga susah juga ketika ingin berinteraksi, akibatnya tidak banyak teman yang dimiliki karena terlalu menutup diri. Keperibadian semacam ini dikenal dengan nama introvert. Berbeda dengan kepribadian extrovert yang memang lebih welcome dan supel, orang berkepribadian introvert cenderung lebih pendiam dan menutup diri.

Buat para introvert, tempat ramai biasanya seperti musuh yang harus dihindari. Bagaimana dengan kamu? Apa kamu termasuk golongan orang introvert? Jika iya, berikut ini  tips-tips yang mungkin bisa kamu aplikasikan jika ingin menambah teman atau kualitas berinteraksimu bisa berkembang. Yuk simak.

1. Tersenyumlah. Selain senyum itu ibadah, senyum juga bisa membuat orang sekitar merasa nyaman.

Tersenyumlah via thoughtcatalog.com

Tersenyumlah via thoughtcatalog.com

Tersenyumlah, karena senyum bisa mencermikan bahwa kamu adalah pribadi yang ramah dan menyenangkan.  Senyum juga bisa dijadikan modal utama untuk mencuri perhatian  seseorang. Dengan senyum tulus yang kamu torehkan, orang lain yang melihatmu menjadi tertarik untuk menyapamu atau bahkan tertarik untuk mengenalmu lebih dalam. Sihir senyum memang mematikan. Jadi, buat kamu yang pendiam dan pemalu, tersenyumlah jika ingin temanmu bertambah. Senyum juga bisa menjadi terapi agar wajahmu terlihat lebih berseri-seri. Coba saja.

2. Jadilah pendengar yang baik ketika diajak bicara, jangan alihkan perhatianmu pada hal lainnya. Fokus padanya yang mengajakmu bicara.

Fokus ya via www.express.co.uk

Fokus ya via www.express.co.uk

Siapapun pasti kesal jika sudah cerita panjang lebar tapi malah tidak didengarkan, malah fokus ke keadaan sekitar. Buat para introvert, pliss, jangan melakukan hal semacam ini jika tidak ingin temanmu pergi. Memberikan perhatian penuh pada seseorang yang mengajakmu bicara adalah yang harus kamu aplikasikan jika ingin dihargai orang. Buatlah orang-orang disekitarmu merasa nyaman dan merasa dihargai dengan tetap fokus pada apapun yang mereka bicarakan, jika memang harus berilah sesekali tanggapan agar lawan bicaramu juga merasa didengarkan.

3. Jika ingin percakapanmu lancar dan bertahan lama, hindari pertanyaan-pertanyaan yang hanya akan memunculkan jawaban ”iya atau tidak”

Jangan memojokkan via www.thepodium.ca

Jangan memojokkan via www.thepodium.ca

Menjadi peribadi introvert memang selalu kesulitan untuk bisa mempertahankan percakapan. Percapakan-percakapan yang mereka lakukan dengan orang biasanya berujung sebentar alias tidak banyak yang dibicarakan. Kesalahannya bisanya ada pada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Jika ingin percakapanmu lancar dan bertahan lama, sebisa mungkin hindarilah pertanyaan-pertanyaan yang hanya akan memunculkan jawaban “ya atau tidak”.

4. Hindari juga membicarakan masalah keluarga atau hal-hal sensitif lainnya. Diawal percakapan, bicarakanlah dulu hal-hal yang asik dan santai.

Bicara santai via www.pinterest.com

Bicara santai via www.pinterest.com

Membicarakan masalah keluarga pada sesseorang yang baru dikenal rasanya kurang wajar. Jadi, sebaiknya hindarilah obrolan-obrolan yang ada kaitannya dengan keluarga atau hal-hal sensitif lainnya. Diawal percakapan, bicarakanlah dulu hal-hal yang asik dan santai. Buatlah dulu orang disekitar kamu merasa nyaman. Dengan begitu, orang pun akan tertarik mengenalmu lebih dalam.

5. Akan lebih asik jika kalian memiliki hobby yang sama. Menyukai sesuatu yang bisa bisa lebih mengakrabkan hubungan kalian kedepannya.

Agar lebih akrab via www.fashionlivre.com

Agar lebih akrab via www.fashionlivre.com

Setelah kalian bicara cukup panjang, ternyata kamu menemukan hobby yang sama dengan lawan bicaramu. Kamu dan lawan bicaramu sama-sama suka membaca buku. Memiliki hobby yang sama bisa membuat percakapan dan hubunganmu semakin akrab. Kamu bisa membicarakan segala apapun tentang buku kepada lawan bicaramu. Menyukai sesuatu yang bisa lebih mengakrabkan hubungan kalian kedepannya.

6. Membicarakan tentang hobby masing-masing juga bisa menjadi solusi yang menyenangkan.

Bicara hobi via www.dailymail.co.uk

Bicara hobi via www.dailymail.co.uk

Membicara tentang hobby masing-masing ini bisa banget ngabantu kamu yang memang memiliki kepribadian introvert. Ini bisa jadi jalan untuk kamu agar kamu bisa lebih membuka diri dengan lawan bicara. Membicarakan tentang hobby pasti akan menyenangkan sekali.

7. Jika kamu masih ingin percakapanmu tetap lancar, bersikaplah seolah kamu tidak tahu apa-apa.

Tidak tahu apa-apa via blog.tidychoice.com

Tidak tahu apa-apa via blog.tidychoice.com

Menjadi sok tahu itu kadang membuat lawan bicaramu malas. Untuk menghindari itu, bersikaplah seolah kamu tidak tahu apa-apa, biarkan lawan bicaramu yang banyak bicara. Seperti yang sudah dikatakan tadi, diawal percakapan buatlah dulu lawan bicaramu merasa nyaman dan merasa dihargai.

8. Jika lawan bicaramu minta pendapat atau saran, berilah saran dengan bijak. Hindari sikap yang seolah memojokan.

Berilah saran yang bijak via hannahebroaddus.com

Berilah saran yang bijak via hannahebroaddus.com

Dalam suatu percakapan dengan seseorang, ada waktunya lawan bicaramu pasti meminta pendapat atau saran, jika benar begitu, berikanlah saran dengan bijak. Hidari sikap yang seolah seperti memojokan atau menyalahkan. Bantulah lawan bicaramu untuk memecahkan masalah. Berilah solusi-solusi bijak agar lawan bicaramu makin memercayaimu dan tidak salah berkenalan dengan orang seperti kamu.

9. Jika percakapanmu berada diambang penghabisan, menanyakan hal-hal konyol bisa menjadi pilihan.

Menanyakan hal konyol via www.menshealth.ph

Menanyakan hal konyol via www.menshealth.ph

Setelah berbicara kesana-kemari akan tiba waktunya kalikan bingung harus membicarakan apalagi. Solusinya, kamu bisa menanyakann hal-hal konyol ke lawan bicaramu.

“Oh iya, kok bisa ada disni? Lagi bete ya di rumah?

Pertanyaan-pertanyaan konyol semacam itu bisa kamu terapkan jika percakapanmu berada diambang penghabisan. Dengan begitu, lawan bicaramu akan merasa diperhatikan sehingga tidak ingin cepat-cepat berlalu dari kamu.

10. Sebelum berpisah, ucapkan terima kasih. Dan ucapakan juga semoga bisa bertemu kembali.

Ucapkan terima kasih via theodysseyonline.com

Ucapkan terima kasih via theodysseyonline.com

Sebuah pepatah mengatakan; dalam setiap pertemuan ada perpisahan. Ya benar, akan tiba waktunya setelah percakapan panjang pasti akan menenukan titik penghambisan. Jika sudah demikian, ucapkanlah salam perpisahan seperti ucapan terimakasih sudah mau berkanal dan berbincang-bincang. Dan, jangan lupa juga untuk mengucapkan semoga bisa bertemu lagi dilain kesempatan. Bila perlu cobalah untuk saling bertukar nomer hp atau pin bb, biar hubungak kalian bisa berlanjut kedepan.

Menjadi pribadi introvert itu memang susah, tapi jika mau berusaha berubah pasti bisa berubah. Semoga tips-tips yang sudah diuraikan diatas bisa membantu dan bermanfaat. Selamat menoba.

Leave a Reply