Kamu Lagi Di Sumatera Barat? Jangan Lupa Sambangi 7 Wisata Cantik Berikut Ya

Banyak sekali hal-hal seru yang bisa kamu jumpai di Sumatera Barat. Sebut saja topografinya yang beranekaragam, seperti laut, gunung, lembah dan danau-danau cantik, hutan yang masih alami, dan kehidupan dataran rendahnya yang unik. Dengan topografi yang seperti ini sudah pasti menghasilkan masyarakat yang kaya akan budaya, mulai dari tradisi masyaraktnya, kesenian, bangunan khas, kuliner-kuliner lezat serta mitos-mitosnya. Bukan hanya itu, karena topografi yang unik tentu akan menghasilkan juga hewan endemik Sumatera Barat

Nah, pada kesempatan kali ini Isikulkas.com akan mengajak kamu mengekspolasi wisata-wisata khas yang hanya bisa kamu temui di Sumatera Barat. Apa sajakah wisata khas tersebut? Simak ulasan berikut ini ya.

1. Lembah Harau, Taman Yosemite-nya Sumatera Barat

Lembah Harau via anekawisatabahari.blogspot.co.id

Lembah Harau via anekawisatabahari.blogspot.co.id

Wisata khas Sumatera Barat yang pertama adalah lembah cantik yang sering disamakan wisatawan dengan taman nasional Yosemite di Amerika Serikat yaitu Lembah Harau. LemabĀ  Harau merupakan taman nasional yang dikelilingi oleh bukit dengan tebing dramatis yang memiliki ketinggian 500-800mdpl, serta kemiringan hampir 90 derajat. Bukit-bukit ini juga dihiasi corak warna alami perpaduan antara tumbuhan liar dan efek warna akibat iklim dan cuaca pada batuan tebing. Dan semakin indah karena terdapat area persawan dan rumah penduduk di antara tebing-tebing ini.

Secara garis besar, Lembah cantik yang sudah menjadi objek wisata sejak jaman Belanda ini dibagi menjadi 2 lokasi, yaitu akar berayun dan sarasah bunta. Di lokasi akar berayun terdapat satu air terjun dengan debit air yang sungguh besar dan di bagian bawahnya terdapat kolam pemandian yang sangat segar, yang konon katanya dimanfaatkan para wisatawan untuk berendam sejak jaman Belanda dahulu.

Sedangkan di Sarasah Bunta yang terletak tidak jauh dari akar berayun ada beberapa spot menarik yang bisa kamu jelajahi, seperti titik echo. Titik echo ini merupakan titik yang ditandai sebuah prasasti kecil. Ada mitos yang dipercaya disini, konon kalau kamu meneriakan nama seseorang yang kamu cintai di titik ini, kemudian nama itu akan bergema pada dinding bukit yang beada jauh di sebrang dipercaya nama yang kamu sebut tadi akan menjadi jodoh kamu.

2. Rumah Gadang pusatnya dokumntasi dan Informasi Minangkabau

Rumah Gadang Padang Panjang via nationalgeographic.co.id

Rumah Gadang Padang Panjang via nationalgeographic.co.id

Rumah Gadang ini terletak di Padang Panjang. Di rumah ini kamu bisa mengetahui mengenai informasi dan koleksi yang berkaitan dengan budaya Minangkabau, salah satunya adalah mengenai Rumah Gadang. Rumah Gadang merupakan tempat tinggal yang dimiliki budaya Minangkabau, Sumatera Barat. Seluruh bagian dalam Rumah Gadang merupakan ruangan lepas kecuali kamar tidur.

Rumah khas Minang ini dibangun biasanya di atas sebidang tanah milik beberapa keluarga dalam satu suku secara turun temurun yang hanya dimiliki serta diwarisi kepada peremuan yang termasuk suku tersebut.

Jumlah kamar yang ada di dalam Rumah Gadang tergantung dari jumlah keluarga yang tinggal di dalamnya. Namun ketika anak peremuan menikah, mereka akan memperoleh sebuah kamar. Sementara anak-anak gadis yang bellum menikah ditempatkan di dalam satu ruangan yang terletak di bagian ujung. Tiang-tiang yang ada di depan kamar menandakan batas wilayah keluarga yang menemppati kamar tersebut. Banyak sekali filisofi yang ada di Rumah Gadang.

3. Pemandian Alam Lubuak Paraku

Pemandian Alam Lubuak Paraku via www.infosumbar.net

Pemandian Alam Lubuak Paraku via www.infosumbar.net

Pemandian alam Lubuak Paraku ini terletak di kilometer 15 jalan raya Padang-Solok atau tepat berada sebuah kawasan sebelum Sitinjau Lauik. Untuk masuk pemandian ini kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis kecuali parkir. Fasilitas yang ada di sini cukup lengkap, mulai dari kamar mandi sampai dengan warung-warung kecil yang menjajakan makanan ringan.

Pemandian alam yang satu ini menyuguhkan pemandanganalam sangat alami, asri nan hijau. Airpun yang mengalir pun bening dan segar, dipadu dengan rindangnya pepohonan yang begitu hiaju seoalh menambah daya tarik tersendiri obyek satu ini. Saat akhir pekan tiba, tempat ini selalu dipenuhi para wisatawan.

4. Puas mandi di Lubuak Paraku lanjut ke Batang Tabik

Batang Tabik via sucirahmadona.wordpress.com

Batang Tabik via sucirahmadona.wordpress.com

Batang Tabik terletak di Kenagarian Sei Kamuyang, Kec. Luak, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Untuk sampai ke tempat ini tidaklah susah karena akses menuju tempat ini cukup mudah. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat yang selalu ramaiĀ  saat akhir pekan datang. Buat kamu yang merindukan susana alam dan kedamaian, tempat ini bisa menjadi pilihan.

Kondisi air di Batang Tabik ini sangat bersih dan jernih membuat siapa saja yang melihatnya seoalh ingin langsung menceburkan diri. Tempat ini juga biasa dimanfaatkan untuk aktifitas snorkeling. Konon, sumber air Batang Tabik ini berasal dari mata air danau singkarak. Konon volemue air disini sangat besar, agar air tidak meluap, maka dimasukkanlah batu ke dalamnya.

Objek wisata Air Terjun Nyarai terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

5. Air Terjun Nyarai, tempat keren untuk meluruhkan kebosanan

Air Terjun Nyarai via lubuk-aluang.blogspot.com

Air Terjun Nyarai via lubuk-aluang.blogspot.com

Salah satu primadonanya Suamtra Barat ini terletak di kawasan Hutan Gamaran. Untuk mencapai lokasi kamu akan dibawa melintasi hutah dengan berjalan kaki. Mungkin akan sedikti melelahkan, tapi keindahan yang yang ditawarkan mampu menghipnotis siapa saja yang berada di dalamnya, sehingga rasanya betah untuk berlama-lama.

Sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan alam yang cantik nan asri. Selain itu kamu juga bisa melihat keindahan beberapa kolam alami (lubuak) seperti Lubuak Batu Taduang, Lubuak Lalang dan Lubuak Ngungun. Buat kamu yang ingin menyegarkan dari dari segala rutinias yang menjemukan, tempat ini sangat direkomendasikan.

6. Snorkeling Asik di Pantai Pemutusan

Pantai Pemutusan via www.kemonholiday.com

Pantai Pemutusan via www.kemonholiday.com

Pantai ini terletak di sebelah barat provinsi sumatera barat, dan menjadi salah satu pantai kebanggaan Indonesia. Di sini kamu bukan hanya bisa menikmati keindahan pantai dan pasir putihnya saja, tapi kamu juga bisa melihat keindahan sekumpulan Terumbu Karang yang cantik nan indah di dalam balutan air laut yang kehijau-hijauan. Buat yang suka snorkeling, disini kamu bisa snorkeling sepaus kamu. Tempat ini benar-benar mampu meluruhkan segala penatmu.

7. Menikmati sunset menawan di Pantai Pariaman

Pantai Pariaman via www.indonesiakaya.com

Pantai Pariaman via www.indonesiakaya.com

Pantai yang letaknya tak jauh dari kota Pariaman ini memiliki pesona yang sungguh luar biasa. Hamparan pasir putihnya mampu membius siapa saja yang menginjakan kaki disana. Akses untuk sampai ke pantai ini sangat mudah, jadi memudahkan siapa saja yang ingin berkunjung. Keindahan ditawarkan dari pantai yang satu ini yaitu ombaknya yang tidak terlalu besar sehingga aman bagi kamu yang ingin berenang atau bermain di tepian pantai. Waktu terbaik berada di sini adalah waktu sore, sebab sunset disini sangat cantik dan eksotis sekali. Buat kamu yang sedang galau atau patah hati, pantai ini bisa sedikit menyembuhkan hatimu. Datang saja. Dan luapkan segala rasa sakitmu pada hamparan laut yang begitu luas dan hijau.

Demikianlah informasi mengenai 7 wisata menarik yang ada di Sumatera Barat. Keindahan yang ada di dalamnya dijamin mampu meluruhkan segala penat dan letihmu. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kebersihan dan kelestarian sekitar. Selamat liburan.

Leave a Reply