Kalau Kamu Nyari Tempat yang Asik Untuk Menghabiskan Sore di Jogja, Coba Deh ke Goa Cemara

Yogyakarta, selain terkenal akan kota budaya, kota yang sempat terguncang gempa beberapa tahun lalu ini, menyimpan keindahan alam yang sungguh eksotis. Sebut saja, Pantai Parangtritis, Malioboro, Prambanan, Museum Merapi, dan tentu saja Kraton Yogyakarta. Semuanya merupakan tempat wisata –yang kalau boleh kami menghiperbolakannya, paling lengkap se-Indonesia.  Dari wisata religi; sebut saja Masjid Kota Gede yang merupakan masjid tertua di Yogyakarta, atau dari segi wisata airnya sebut saja Kids Fun yang terletak di Bantul. Bukan Yogyakarta namanya kalau tak ada tempat wisata asik untuk santai bersama keluarga atau kekasih. Nggak percaya? Coba deh Ke Goa Cemara.

Goa Cemara Bukan Sembarang Goa. Di Sini, Kamu Bisa Merasakan Sensasi Berjalan dan Dipayungi Pohon-pohon Rindang Seperti di Jepang.

Sejuknya Goa Cemara via

Sejuknya Goa Cemara via

Terletak di Ds. Patehan, Kab. Bantul, Yogyakarta. Berkunjung ke Goa Cemara, kamu akan disuguhkan panorama alam khas tanah jawa. Selain udara dan alamnya yang masih sangat asri, tempat ini merupakan salah satu temat romantis di Yogyakarta. Ya, itu terlihat dengan suasana alamnya yang menenangkan serta beratus pohon cemara yang siap “mengipasi” api asmara kamu bersama pasangan.

Goa Cemara bukan sebuah tempat wisata yang terjadi begitu saja. Tempat ini merupakan buatan warga sekitar yang khawatir akan bencana tsunami akan terjadi di Yogyakarta. Setiap pohon di tempat ini memang sengaja di tanam untuk mencegah dampak dari abrasi pantai, serta sebagai pemecah angin yang datang dari laut. Maka pada tahun 2001 lalu, pengerjaan proyek ini pun dilakukan. Meski namanya Goa Cemara, bukan berarti di tempat ini terdapat Goa. Goa Cemara adalah simbolisasi dari banyaknya pohon cemara yang menunduk, sehingga menyerupai mulut Goa.

Goa Cemara Memang Masih Terbilang Baru, Tapi Fasilitas yang Ada Terbilang Cukup Memadai.

Fasilitas di Gua Cemara via bantulmedia.com

Fasilitas di Gua Cemara via bantulmedia.com

Meski tempat wisata ini terbilang baru, fasilitas yang ditawarkan Goa Cemara cukup lengkap. Ada ruang publik yang bisa digunakan untuk berbagai acara atau pertunjukan seni. Setiap hari-hari tertentu sering pula diadakan pertunjukan musik tradisional atau teater oleh warga sekitar. Tujuannya adalah mereka ingin mengenalkan budaya Yogyakarta kepada masyarakat luas. Selain itu, terdapat pula arena outbond, menara mercusuar, serta warung-warung makan yang siap memanjakan perutmu.

Di Goa Cemara, kamu bisa menemui warung-warung yang menyediakan menu andalan khas Bantul. Yaitu ikan bakar dengan ubi goreng atau bakar. Ikas serta ubi di sini memang memiliki rasa yang berbeda dari tempat lain. Ikan yang langsung di tangkap dari laut serta ubi yang memiliki cita rasa khas, akan membuatmu merasakan nuansa jawa sesungguhnya. Ya, ubi yang di hasilkan di Bantul memang terkenal akan rasanya yang gurih dan tidak lembek. Itu sebabnya, di sepanjang perjalanan menuju Goa Cemara kamu akan melihat banyak ubi yang di tanam oleh warga sekitar.

Terus Gimana Akses Menuju Goa Cemara?

Akses Gua Cemara via marhose.wordpress.com

Akses Gua Cemara via marhose.wordpress.com

Tidak terlalu sulit untuk mencapai Goa Cemara. Jalannya sudah rata dan sudah beraspal. Selain itu, jenis tanah di sini cenderung datar dan tidak berbahaya. Sepanjang mata memandang, kamu akan disuguhkan panorama laut serta beratus pohon cemara sebagai background-nya. Apalagi ketika sinar sunset mulai menyemburat dari barat. Romantis abis deh pokoknya..

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa langsung ke Yogyakarta. Setelah itu ikuti plang-plang yang menuju ke arah Bantul. Saat mencapai pertigaan ganjuran, ambil arah selatan. Lalu terus saja sampai kamu menemui loket retribusi karcis Pantai Samas. Loket ini juga termasuk loket pembayaran untuk ke Goa Cemara. Jarak dari Kota Yogyakarta ke Goa Cemara sekitar 30 KM dengan memakan waktu sekitar 1 jam-an.

Berapa Tiket Masuk ke Goa Cemara?

Papan Pantai Gua Cemara via travel.detik.com

Papan Pantai Gua Cemara via travel.detik.com

Untuk tiket masuknya, akan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500 saja per orang dan sudah termasuk akses menuju ke Pantai Samas. Untuk biaya parkirnya sekitar Rp. 2.000 untuk motor, Rp. 5.000 untuk mobil roda empat, dan Rp. 20.000 untuk mini bus.

Ya, itulah sedikit gambaran tentang salah satu tempat wisata tercantik di Yogyakarta. kamu bisa mengajak serta keluarga, sahabat, atau kekasih ke Goa Cemara. Berkunjunglah saat sore hari, agar pesona sunset di tempat ini bisa kamu abadikan.

Leave a Reply