Kalau Kamu ke Bali, Jangan ke Sanur atau Kuta Aja. Coba deh ke Pantai Pandawa

Sejak dulu, memang tidak ada yang meragukan bahwa Pulau Bali merupakan tempat yang menyimpan sejuta keindahan dan tidak ada habisnya. Terutama beberapa pantai yang telah mendunia seperti Kuta atau Sanur. Namun, bagi kebanyakan wisatawan mungkin tidak pernah mendengar pantai Pandawa atau Pantau Kutuh. Ya, pantai ini memiliki nuansa yang begitu cantik dan begitu elok. Itu sebabnya pantai ini terus dikembangkan dari segi infrastruktur dan fasilitas di dalamnya. Pantai Pandawa juga direncanakan akan menjadi destinasi khusus wisata bahari.

Yang Istimewa di Pantai Pandawa

Pantai Pandawa via aswadmansur.wordpress.com

Pantai Pandawa via aswadmansur.wordpress.com

Pantai yang belum terjamah ini terletak di Bali Selatan, tepatnya di Ds. Kutuh, Kec. Kutu Selatan, Bali. Awalnya, pantai yang memiliki pesona sunset tak tertandingini ini dikenal orang sebagai “Secret Beach”, karena letaknya yang berada di bagian belakang tebing-tebing tinggi, serta ditumbuhi oleh pohon-pohon dan tumbuhan liar. Pantai Pandawa sebenarnya hanya berjarak kurang lebih 3 km saja dari Nusa Dua. Namun karena akses untuk menuju ke pantai ini cukup sulit, menjadikan pantai ini sedikit di lupakan dan sepi pengunjung.

Nama Pandawa sendiri sebenarnya diambil dari tokoh pewayangan bernama Panca Pandawa, yang di dalamnya termasuk tokoh Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Oleh sebab itu, kelima tokoh tersebut berdiri tegak di dalam tebing-tebing kapur Pantai Pandawa untuk menunjukkan bahwa Pantai Pandawa merupakan tempat yang konon sering disinggahi kelima dewa tersebut.

Pantai Pandawa tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Pesona pasir putih yang terhampar luas sepanjang mata memandang, dapat menenangkan batin Anda. Pun air pantainya yang jernih serta bersih, akan membuat Anda betah berlama-lama berenang bersama deburan ombak.

Fasilitas yang Ada di Pantai Pandawa

Fasilitas di Pantai Pandawa via www.pusatpariwisata.tk

Fasilitas di Pantai Pandawa via www.pusatpariwisata.tk

Karena Pantai Pandawa baru belakangan waktu ini saja ditemukan, fasilitas yang ada tentu tidak selengkap dan sebaik Pantai Kuta atau Sanur. Tidak ada hotel untuk tempat menginap di pantai ini. Namun, di pinggiran pantai, tersedia beberapa warung jajanan yang siap memanjakan perutmu. Oh ya, disarankan ketika kamu mengunjungi Pantai Pandawa, untuk membawa sendiri bekal dan perlengkapan saat berlama-lama bersama sahabat atau keluarga agar lebih terasa kekerabatannya.

Jajanan di Pantai Pandawa

Ayam Kedawetan via www.mainmakan.com

Ayam Kedawetan via www.mainmakan.com

Di Pantai Pandawa, khususnya di pesisir pantai, tersedia warung berbentuk pondok bambu yang menyediakan aneka makanan, minuman, serta cemila. Seperti, segala jenis makanan seafood, jagung bakar, dan air kelapa murni. Oh ya, warga yang tinggal di sekitaran Pantai Pandawa, sering menjemur rumput laut yang akan di jualnya kembali. Ya, kebanyakan warga di pantai ini memang menggantungkan hidup dengan menjadi petani rumput laut. Dan kabarnya, menurut beberapa sumber, lokasi Pantai Pandawa merupakan lokasi penghasil rumput laut terbaik di dunia.

Transportasi dan Akses Jalan di Pantai Pandawa

Akses Jalan ke Pantai Pandawa via citizen6.liputan6.com

Akses Jalan ke Pantai Pandawa via citizen6.liputan6.com

Dari bandara Ngurah Rai, kamu akan menempuh jarak sekitar 19 kilometer dan memakan waktu kurang lebih satu jam-an. Akses untuk ke menuju pantai ini, bisa terbilang agak sulit. Karena jalannya yang berliku-liku dan menanjak. Namun pemandangan di sepanjang perjalanan, tidak akan  terlupakan. Jika bingung, kamu bisa menyewa agen travel yang akan senang hati mengantarkan sampai Pantai Pandawa dengan harga yang ekonomis.

Untuk dapat secara langsung melihat keindahan Pantai Pandawa, kamu harus melewati sebuah jalan yang bisa di bilang unik, karena jalan itu dulunya merupakan tebing kapur yang di bagi menjadi dua. Namun tenang saja, jalan itu aman di lewati dan beberapa jalan utama memang sudah di aspal.

Tiket Masuk Pantai Pandawa

Tiket Masuk di Pantai Pandawa via ditaokta24

Tiket Masuk di Pantai Pandawa via ditaokta24

Tentu saja, hampir seluruh tempat wisata di Bali dikenakan biaya masuk. Hal ini memang sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan potensi pantai ini dari segi infrastrukturnya. Biaya tiket masuk Panta Pandawa cukup terjangkau, yaitu Rp. 20.000/mobil.

Ya, itulah beberapa gambaran tentang Panta Pandawa. Pantai yang belum tercemar dan masih asri hingga saat ini. Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, bawalah kamera. Kami tidak perlu menjelaskan untuk apa bukan?

So.. selamat bersenang-senang,

Leave a Reply