Kalau Kamu Jalan-Jalan ke Pangandaran, Jangan Lupa Mlipir Ke Pantai Batu Hiu Ya

Sebuah tempat wisata yang memiliki pemandangan eksotis dengan sajian hamparan pantai yang luas nan anggun, inilah pantai Bantu Hiu. Batu hiu memiliki jarak kurang lebih 14 km dari pangandaran. Dan berada di kawasan Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, selatan Pangandaran. Batu Hiu memliki suguhan alam yang begitu mengagumkan. Mulai dari bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan, juga birunya hamparan Samudra Indonesia dengan munculnya deburan ombak yang menggulung-gulung –membuat Pantai Batu hiu semakin nampak menakjubkan.

Di mana sih letak Pantai Batu Hiu?

Pantai batu hiu via www.klikhotel.com

Pantai batu hiu via www.klikhotel.com

Pantai Batu Hiu berada di kawasan Desa Ciliang, di Kecamatan Parigi, Pangandaran. Pantai tersebut diberi nama Batu Hiu sebab terdapat batu yang nampak menonjol di laut tersebut yang hampir menyerupai sirip ikan hiu. Semisal para pelancong ingin menikmati seluruh keindahan pantai, bisa menaiki bukit kecil yang terdapat di pantai Batu Hiui ni. Nah, dari atas bukit tersebutlah batu yang menyerupai sirip ikan hiu tersebut bisa terlihat. Bukan hanya itu, dari atas bukit ini kita juga bisa merasakan tamparan lembut angin laut yang mampu mendamaikan tubuh kita yang mulai letih, dan dari atas bukit ini juga kita dapat menikmati panorama laut Samudra Indonesia yang begitu mengistimewa.

Apa yang bisa kamu lakukan di Pantai Batu Hiu?

nyantai di pantai batu hiu via google image

Untuk menikmati kecantikan pantai Batu Hiu, bukit kecil yang banyak ditumbuhi pohon-pohon pandang wong inilah tempat yang dirasa paling cocok untuk menikmati kecantikan pantai Batu Hiu. Menariknya, untuk melakukan pendaikan ke atas bukit, kita akan disambut dengan sebuah “gerbang” yang berupa terowongan kecil berbentuk ikan hiu yang seolah-olah kita melebur masuk ke dalam cengkraman mulut ikan hiu. Namun hati-hati karena banyak ubur-ubur berkeliaran di pesisir pantai sebelah bukit. Selain itu, ada juga beberapa gua di kawasan tersebut yang diyakini penduduk setempat bahwasannya salah satu dari gua tersebut terhubung ke Cirebon, Pantai Utara.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa jadi referensi kamu saat mengunjungi Pantai eksotis ini:

  1. Berenang di tempat ini cukup membahayakan karena gulungan ombaknya sangat mengerikan, untuk keselamatan, lebih baik redam keinginan untuk berenang.
  2. Tidak boleh berbicara seenaknya, sebab Batu hiu ini masih dianggap suci dan keramat oleh masyarakat setempat, sekedar untuk menghormati saja.
  3. Pastikan membawa kamera guna memonumenkan sejarah perjalananmu di Pantai Batu ini dan jangan lupa cendramatanya. Cendramata di tempat ini unik-unik, kamu patut membelinya.

Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai Batu Hiu

  1. Pejalan Kaki / Orang Rp 500,-
  2. Sepeda Motor Rp 900,-
  3. Kendaraan Penumpang Besar Rp 40.000,-
  4. Bus Kecil Rp 52.700,-
  5. Bus Sedang Rp 79.500,-
  6. Bus Besar Rp 500,-

Bagaimana trasportasinya?

Karang di pantai batu hiu via www.greencanyon.web.id

Pantai Batu Hiu tidak terlalu sulit untuk ditemukan karena ada penunjuk arah di setiap tempat. Berjarak kurang lebih 14 km dari Pangandaran atau kurang lebih setengah jam ke arah barat menuju  Cijulang dengan menggunakan mobil. Jika menggunakan kendaraan umum/ojek, kamu diharuskan menaiki kendaraan yang menuju daerah Parigi. Perjalanan yang ditempuh dari sana akan memakan waktu lebih singkat kurang lebih 10 menit.

Apa saja yang bisa kamu santap?

Kuliner pangandaran via www.anekawisataindonesia.com

Di kawasan Batu Hiu ada banyak warung makan yang menjual berbagai jenis makanan tradisional sunda maupun modern. Harga-harga makanan di objek wisata ini variatif, mulai dari yang harga ekonomis sampai yang harga highclass. Untuk masalah rasa, dijamin sedap dan mantap.

Batu Hiu merupakan tempat yang tepat untuk bersantai-santai. Sebuah tempat di mana kita dapat duduk-duduk manis dengan memandangi ombak yang bergulung-gulung seolah mampu memecah bebatuan pantai dan merasakan belaian lembut angin laut. Bagi para penggemar fotografi, Batu Hiu merupakan tempat yang sangat pas untuk dijadikan objek pemotretan.

Gimana? Tertarik ke Pantai Batu Hiu?

Leave a Reply