Kajian Islami: Menjaga Lingkungan Hidup dengan Menerapkan “Kantong Plastik Berbayar”

Kebijakan kantong plastik berbayar mulai diterapkan di Indonesia pada tanggal 21 Februari 2016 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN). Kementrian Lingkungan Hidup atau Kehutanan yang dikenal dengan KLHK telah menerapkan sistem ini  serempak pada 17 Kabupaten atau kota di Indonesia. Kebijakan ini di mulai dari usaha retail seperti supermarket, hypermarket dan minimarket. Namun kebijakan ini tak berjalan semulus yang diperkirakan. Kebijakan ini pun menuai banyak protes dari berbagai lapisan masyarakat baik masyarakat biasa atau artis dan beberapa kepala daerah. Lalu kenapa pemerintah harus menggalakan kebijakan ini?

Persoalan sampah baik disetiap tempat di Indonesia tak kunjung selesai. Persoalanpun semakin bertambah karena sampah konsumsi masyarakat ternyata banyak yang tidak terurai terutama plastik. Kantong plastik baru dapat mulai terurai paling tidak selama lebih dari 20 tahun di dalam tanah. Namun jika kantong plastik itu berada di air, maka akan lebih sulit lagi terurai. Sebush riset menyebutkan bahwa Indonesia berada di posisi kedua penyumbang sampah plastik ke laut setelah Tiongkok disusul Fhilipina, Vietnam dan Sri Lanka.

Menurut reset generation, organisasi non pemerintah yang 10 tahun mengikuti isu  sampah menyebutkan bahwa di Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik/tahun. Dan kantong plastik yang tak terurai di alam ini menjadi ancaman kehidupan dan ekosistem. Bahkan ada satu pernyataan bahwa “tanah dan lautan akan terkubur oleh lapisan plastik hasil kegiatan manusia dalam setengah abad kedepan. Plastik juga diperkirakan akan menjadi fosil di masa depan” yang disampaikan dalam sebuah penelitian dari Universitas Manchester Inggris yang menghasilkan kesimpulan sementara.

Kondisi ini menjadi salah satu pemicu Indonesia dalam kondisi darurat sampah. Namun tidak semua masyarakat Indonesia menyadari kondisi ini. Dan salah satu usaha mengurangi sampah plastik adalah dengan menghemat penggunaan kantong plastik. Untuk Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bekerjasama yang berasosiasi dengan pengusaha retail Indonesia mengeluarkan kebijakan kantong plastik berbayar.

Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup

Ayat lingkungan hidup

Terkait berhasil atau tidaknya kebijakan kantong plastik berbayar untuk pengurangan sampah plastik di Indonesia ini adalah tergantung kesadaran dari kita sebagai masyarakat dalam menjaga lingkungan alam kita. Karena tanpa kita sadari, kegiatan yang kita lakukan pasti berinteraksi dengan lingkungan. Selalu ada potensi bagi manusia untuk merusak alamnya sendiri. Contohny saja tindakan manusia dalam membangun perekonomian yang berorientasi pada pengelolaan sumber daya alam dan telah meningkatkan eksploitasi sumber daya alam. Sehingga banyak mengakibatkan pencemaraan air sungai, sampah yang menumpuk dan lan sebagainya. Dan secara tidak langsung akan merusak tanah dan mengakibatkan banjir akibat meluapnya sungai karena limbah. Dalam hal ini Allah SWT berfirman:

Maka mengapa tidak ada dari umat-umat yang sebelumn kamu orang-orang yang mempunyai keutamaan yang melarang (berbuat) kerusakan di muka bumi,…kecuali sebagian kecil di antara orang-orang yang telah Kami selamatkan, dan orang-orang yang zalim hanya mementingkan kenikmatan dan kemewahan, dan mereka adalah orang-orang yang berdosa”. (QS. Hud:116)

Selain ayat  tersebut, bahkan Allah SWT juga telah mengancam orang-oarng yang sering melakukan kerusakan lingkungan hidup dengan bencana alam ataupun penyebarab wabah penyakit. Karena mereka telah menghilangkan keseimbangan ekosistem makhluk hidup di bumi. Dalam firmannya Allah SWT menegaskan:

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka,agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Rum: 41)

Dari penjelasan ini maka dapat kita ketahui bahwa islam mewajibkan seluruh umatnya untuk senantiasa menjaga lingkungan hidup. Untuk itu mari kita dukung semua gerakan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup agar kita dapat meminimalisir kerusakan lingkungan yang terjadi. Semoga informasi ini dapat menambah kesadaran kita untuk meciptakan lingkungan hidup yang akan menjadikan kehidupan kita di masa mendatang mejadi lebih baik. Amiin.

Semoga kita juga menjadi pribadi-pribadi yang menjaga kebersihan karena kebersihan juga adalah sebagian dari iman. Kebersihan juga bisa menceriman seperti apa kita. Jadi jagalah kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan.

Leave a Reply