Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Pengidap Asma; Mudah dan Tak Butuh Biaya Besar

Asma suatu penyakit saluran pernapasan yang suka datang tanpa diduga-duga, bahkan ketika sedang kambuh begitu sangat menyiksa. Orang yang punya riwayat penyakit asma sangat senisitif terhadap debu, sedikit saja salauran pernapasan terkena debu, maka asma langsung kambuh.

Tapi tenang saja, ada cara ampuh untuk mengatasi gejala asma tanpa harus melulu mengkonsumsi obat-obatan kimia.. Salah satunya, tentu dengan olahraga. Olahraga yang memang bemanfaat untuk melindungi tubuh sangat membantu sekali dalam proses penyembuhan asmamu. Dengat catatan: harus rutin menjalankannya alias tidak malas. Ya, karena kebanyakan orang ingin sehat tapi ia malah malas untuk berolahraga, padahal olahraga itu menyehatkan, bahkan beberapa diantaranya bisa kita bisa melakukannya secara cuma-cuma tanpa mengeluarkan biaya.

Nah, berikut ini adalah beberapa aktivitas olahraga yang sangat berguna sekali dalam mengurangi gejala-gejala asma. Yuk simak sama-sama.

1. Buat yang kurang suka nge-gym, jalan cepat bisa jadi alternatif.

Jalan sehat via news.okezone.com

Jalan sehat via news.okezone.com

Sehat nggak selalu berhubungan dengan gym, kan? Dengan melakukan aktifitas berjalan cepat saja sudah bisa lho membuat tubuhmu sehat. Selain aktifitas ini menyehatkan dan bisa dilakukan dimana saja, berjalan cepat juga tuk banyak mengeluarkan biaya, bahka gratis. Waktu terbaik untuk melakukan aktifitas jalan cepat adalah saat pagi hari, sebab udara di pagi hari itu masih sangat bersih. Lakukan kegiatan ini setiap hari selama 30 menit dengan disertai gerakan pemanasan dan gerakan pendingin.

2. Selain memberi ketenangan hati dan jiwa, Yoga juga mampu mengurangi gejala asma yang menyiksa.

Yuk latihan yoga via zeenews.india.com

Yuk latihan yoga via zeenews.india.com

Yoga adalah salah satu olahraga yoga sangat dianjurkan bagi para asma. Sebab, fungsi yoga memang untuk melatih pernafasan. Latihan pernapasan berguna untuk menigkatkan kerja paru-paru agar tetap aktif. Buat para penderita asma, yoga juga sangat membantumu agar tidak terus ketergantungan dengan obat asma. Maka, beryogalah jika ingin memiliki tubuh sehat dan jiwa yang kuat.

3. Buat yang hobby bersepeda, bersyukurlah; bersepeda mampu mengurangi gejala asma.

Gowes... via www.kabarmaya.com

Gowes… via www.kabarmaya.com

Setiap akhir pekan tiba, beberapa diantara kita pasti ada yang suka menghabiskan waktunya untuk bersepeda. Ya, bersepeda memang mengasikan. Buat yang hobby bersepeda, bersyukurlah, sebab bersepeda sangat membantu dalam mengurangi gejala asma. Bersepeda itu melatih pernapasan, itulah mengapa bersepeda dianjurkan bagi para penderita asma. Waktu terbaik untuk bersepeda yaitu saat pagi dan sore hari.

4. Berenang juga bagus lho untuk mengurangi gejala asma.

Berenang untuk asma via listcrux.com

Berenang untuk asma via listcrux.com

Bagi pengidap asma, udara lembab sangat dibutuhkan untuk membantu proses pernafasan. Olahraga yang identik dengan kelembaban adalah berenang, itulah mengapa berenang menjadi salah satu olahraga yang juga dianjurkan bagi para pengidap asma.

Berenang memang tak langsung menyembuhkan penyakit asma, tapi setidaknya, dengan berenang para pengidap penyakit asma bisa sedikit lega karena berkurangnya gejala-gejala asma yang begitu menyiksa. Selain membantu memperbaiki sistem pernafasan, berenang juga membantu meningkatkan toleransi tubuh terhadap hal-hal yang bisa memunculkan gejala asma yang tiba-tiba. Namun, sebaiknya kamu harus tetap waspada, sebab gejala asma bisa bertambah parah jika kandungan kaporit dan klorin di dalam kolam renang terlalu berlebihan. Tetap hati-hati ya.

5. Udara pantai yang segar sangat bagus bagi pengidap asma.

Jalan di pantai via www.fanpop.com

Jalan di pantai via www.fanpop.com

Udara yang segar berdampak baik untuk pernafasan. Pantai menjadi salah satu tempat dimana kita bisa mendapatkan udara segar. Pantai juga memiliki kadar oksigen lebih tinggi dibanding dengan kawasan-kawasan di dataran tinggi. Bagi penderita asma, berdiam diri di pantai menikmati segarnya udara bisa menjadi terapi alami untuk mengurangi gejala asma. Akan lebih baik lagi jika kamu melakukannya dengan berolahraga. Ada banyak pilihan olahraga pantai yang bisa kamu kerjakan, salah satunya adalah voli pantai. Satu hal yang harus kamu ingat, pilihlah pantai bersih. Pantai yang bersi melahirkan udara yang bersih.

6. Jika malas olahrga di luar, senam aerobik bisa jadi pilihan.

Senam via www.alodokter.com

Senam via www.alodokter.com

Olahraga memang menyehatkan, semua orang juga tahu akan hal itu. Tapi kadang, kita suka malas untuk melakukannya. Kita lebih memilih menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk berdiam diri di kamar, entah untuk menggalau, ngepoin mantan atau telponan sama pacar tersayang. Sebenarnya, ada olahraga yang tak harus membuat tubuhmu melangkah keluar, kamu cukup melakukannya di rumah. Olahraga jenis ini bisa dikatakan sangat menyenangkan dan membakar semangat, tentu olahraga ini sangat cocok untuk siapa saja yang malas keluar rumah. Olahraga tersebu yaitu senam aerobik.

Senam aerobik yan identik dengan musik ngebit ini begitu digilai kaum perempuan. Disamping mengasikan, senam aerobik tentunya sangat menyehatkan. Nah, buat para penderita asma, senam aerobik bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan, sebab senam aerobik terbebas dari debu-debu jalanan yang bisanya bikin dada sesak. Lakukanlah kegiatan senam aerobik ini secara rutin, minimal seminggu 2 kali dengan durasi waktu sekitar 30 menit sampai satu jam

Pada umumnya, olahraga bagi para pengidap asma sangat bermanfaat dan tenyunya membantu mengurangi gejala asma. Selain itu, olahraga juga bermanfaat dalam memaksimalkan kinerja otot pernafasan.

Pintar-pintarlah memilih jenis olahraga, sebab penyakit asma itu sangat sensitif. Pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu banyak menguras tenaga, jika berolahraga hindarilah tempat-tempat dengan kadar udara lembab yang terlalu rendah, sering-seringlah berada di kawasan yang sejuk dan segar.

Dari sekian banyak aktifitas olahraga yang ditawarkan, jangan lupa untuk selalu diikuti gerakan pemanasan dan pendingin. Dan, jangan lupa juga untuk konsultasikan ke dokter jika kondisi asmamu semakin menjadi.

Leave a Reply