Jangan Langsung TIdur, Kamu Bisa Lakukan 9 Aktivitas Asik Ini Setelah Selesai Sholat Subuh

Bagi sejumlah orang yang sering begadang, bangun pagi menjadi rutinitas yang sulit untuk dipraktikkan. Kamu juga pasti sering malas bangun pagi, kan? Setelah sholat subuh, pasti kamu memilih untuk tidur lagi daripada melakukan aktifitas lainnya. Padahal kamu bisa melakukan banyak hal bermanfaat dibanding menghabiskan pagimu untuk tidur, seperti joging, belajar, memasak, mencuci, dan aktivitas-aktivias lainnya. Bukan hanya itu, bangun pagi juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Nah, buat kamu yang suka susah bangun pagi, simak nih 10 tips yang bisa membuat kamu lebih bersemangat bangun pagi.

1. Mandi pagi baik untuk kesehatan, lho. Bukan hanya sehat, tubuh kamu juga bakal segar tiap saat.

mandi di pagi hari via obatherbalterpercaya.com

mandi di pagi hari via obatherbalterpercaya.com

Kalau kamu malas bangun pagi atau setelah sholat subuh memilih tidur lagi, sebaiknya kamu mandi. Mandi pagi bisa membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh. Memang, air di pagi hari  terasa dingin seperti es, tapi  itu terasa hanya pas di guyuran awal saja, selanjutnya tubuhmu sudah bisa menyesuaikan sehingga dingin tidak terasa lagi di badan. Setelah mandi, pasti rasa kantukmu juga akan hilang. Tubuh menjadi segar, melakukan kegiatan pagi pun jadi lebih menyenangkan.

2. Biar hidupmu lebih tertata, buatlah daftar kegiatan yang akan kamu lakukan seharian.

Rencana via lifehacker.com

Rencana via lifehacker.com

Membuat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan seharian membantumu menentukan prioritas. Kamu jadi tahu mana yang harus dikerjakan lebih terlebih dulu dan mana yang bisa dekierjakan belakangan. Kamu juga jadi tahu kapan kamu harus bekerja, kapan kamu harus makan, dan kapan kamu harus istirahat atau tidur. kamu tidak akan lagi keteteran, tugas-tugasmu bisa terselesaikan, dan hidupmu jadi lebih teratur. Membuat daftar kegiatan membantu melatih diri untuk lebih  bertanggung jawab terhadap kehidupan yang sedang dijalani.

3. Menyelesaikan tugas di pagi hari bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang.

mengerjakan tugas via smkn6palembang.sch.id

mengerjakan tugas via smkn6palembang.sch.id

Setelah selesai membuat daftar kegiatan, kamu bisa melihat daftar tersebut, kira-kira hal menyenangkan apa yang bisa dilakukan saat pagi hari. Badan yang masih fresh di pagi hari sangat bagus untuk beraktivitas. Maka dari itu, ada baiknya kamu menghabiskan waktu luangmu selepas shalat Subuh dengan hal-hal yang lebih berguna, salah satunya mengerjakan tugas-tugas yang belum sempat terselesaikan, seperti: tugas sekolah, tugas kuliah, ataupun tugas kantor. Dengan semangat yang masih berapi-api, tugasmu akan cepat terselaisaikan dan kamu pun akan semakin mudah mengerjakan aktifitas lainnya.

4. Nonton Tv di pagi hari biar nggak ketinggalan info.

Menonton tivi via shamelesspile.blogspot.com

Menonton tivi via shamelesspile.blogspot.com

Mengikuti perkembangan terkini mengenai informasi nasional maupun internasional memang diperlukan sebagai makhluk sosial. Obrolan dengan orang sekitar biasanya menyakut peristiwa-peristiwa terkini. Ada kalanya sahabatmu membutuhkan opinimu mengenai isu-isu yang sedang berkembang tersebut. Kamu nggak mau dong kalau sampai ketinggalan berita dan membuat lawan bicaramu kecewa? Jadi, dengan menonton perkembangan berita baik itu itu di tv maupun media sosial akan membuat pengetahuanmu semakin luas.

5. Menikmati udara pagi dengan jalan-jalan santai di lingkungan sekitar.

menghirup udara pagi via obatsakit2011.blogspot.com

menghirup udara pagi via obatsakit2011.blogspot.com

Jika kamu masih bingung ingin melakukan aktifitas apa saat bangun pagi, apalagi saat hari libur cobalah untuk berjalan-jalan santai di lingkunagn sekitar, menghirup udara segar, menyapa tetangga dan teman. Bukan Selain itu, udara di pagi hari juga masih belum tercampur polusi. Sehingga udara pagi itu sangat baik bagi kesegaran badan dan pikiran. Hawa sejuk yang dikeluarkan embun pagi juga memberi efek positif untuk memulai pekerjaan.

6. Selain jalan-jalan, olahraga juga bisa menjadi pilihan karena bisa menjernihkan pikiran.

Olahraga pagi via httpi58.tinypic.com

Olahraga mampu memberi energi positif pada tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa menjernihkan pikiranmu yang dipenuhi berbagai permasalah hidup. Efek positif buat kamu yang rutin berolahraga di pagi hari yaitu termotivasi untuk menjalani hidup lebih teratur. Jika sudah terbiasa, dijamin rasa malas beraktivitas di pagi bakal jauh-jauh pergi.

7. Jangan lupa sarapan! Sarapan itu penting untuk menjaga stamina jika kamu akan melakukan banyak aktifitas seharian.

Jangan lupa sarapan via www.123rf.com

Jangan lupa sarapan via www.123rf.com

Sarapan itu penting sebelum kamu memulai untuk beraktivitas. Karena di waktu pagi hari, segala macam aktifitas seharian akan dimulai. Untuk mengawalinya, tubuh membutuhkan energi dari asupan makanan. Bukan hanya itu, sarapan juga bermanfaat untuk menguatkan konsentrasi otak, meningkatkan kembali kadar gula turun saat tidur. Agar daya konsentrasi tetap baik, maka otak  membutuhkan asupan energi yang cukup. Dengan demikian, aktivitasmu selama seharian bisa  berjalan dengan lancar dan penuh semangat.

8. Macari hal-hal yang bisa menunjang aktifitasmu dengan berjelajah di Media Sosial.

bermain medsos via health.liputan6.com

bermain medsos via health.liputan6.com

Aktifitas yang biasanya dilakukan hampir setiap orang saat bangun pagi pasti mengecek media sosial. Membuka media sosial sebaiknya bukan hanya untuk update status atau posting foto aja, tapi baca juga berita-berita terkini yang ada di dalamnya. Membaca hal-hal menarik yang sekiranya bisa menunjang aktivitasmu. Tapi jangan terlalu sering melakukannya, karena bisa memberi pengaruh negatif pada kesehatan tubuhmu juga pikiranmu.

9. Kalau rasa kantuk benar-benar sudah tak bisa dihindari, sebaiknya tidur selepas matahari terbit.

Tidur di pag www.pcmaconvene.orgi hari via

Tidur di pag www.pcmaconvene.orgi hari via

Buat kamu yang suka begadang atau insomnia, pastinya rasa kantuk tak tertahankan akan menyerang saat paginya. Kalau rasa kantuk benar-benar sudah tak bisa dihindari lagi, sebaiknya tidur selepas matahari terbit, yaitu setelah jam 6.30 pagi. Dengan catatan, setelah beberapa tugasmu selesai dikerjakan.

Begitu banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan dipagi hari. Demi kesehatan tubuh, sebaiknya jangan tidur disaat pagi, jangan memaskakan diri untuk begadang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply