Jangan Lagi Cemooh Temanmu yang Suka Kentut. 7 Fakta Lain Soal Kentut Ini Akan Menjelaskan

Bila berbicara soal kentut, rasanya tiap orang pasti langsung merasa jijik. Memang, baunya yang tak sedap selalu jadi bahan olok-olok pada seseorang yang hobi kentut. Tapi, yang harus kamu tahu, studi menunjukkan bahwa kentut merupakan proses dan siklus dalam tubuh yang harus dikeluarkan. Selain itu, kentut juga menurunkan risiko terserang penyakit kembung, bahkan kanker!

Nah, kalau kamu ingin tahu sebenarnya apa sih kentut itu? Berikut ulasan dari kami serta fakta-fakta yang menyelimutinya.

Pertama, kamu harus tahu dulu kentut itu apa.

Bau ketut via google image

Bau ketut via google image

Kentut atau dalam bahasa inggris disebut “fart” merupakan proses biologis kehidupan. “Fart” ini juga menjadi salah satu kata paling tua dalam kamus bahasa Inggris. Sekarang, kenapa kamu bisa kentut?

Penyebab kentut didasari oleh udara yang penuh atau terjebak dari berbagai sumber. Nah, sumber masuknya angin tersebut bisa dari saat kamu menelan makanan atau meminum air. Udara ini kemudian merembes ke usus dan tercampur dengan darah. Gas dalam kentut terdiri dari nitrogen 59%, hydrogen 21%, karon dioksida 9%, metana 7% dan oksigen 4%. Hanya 1% saja dari kentut mengandung gas merkaptan dan hydrogen sulfide yang mengandung sulfur. Nah, sulfur ini yang bikin kentut jadi bau busuk.

Terus kok bisa bunyi? Bunyi kentut berasal dari getaran rectum, bunyinya juga tergantung pada seberapa banyak tekanan gas dan otot sfingter. Jadi, semakin banyak tekanan gas dalam perut, maka semakin nyaringlah bunyinya.

Kedua, cara menghindari kentut yang terjadi secara terus menerus.

Menghindari kentut via www.wikihow.com

Menghindari kentut via www.wikihow.com

Emank sih, kentut itu gak bisa diatur. Kentut biasanya makin dipacu dengan beberapa jenis makanan, seperti kubis, keju, kacang-kacangan, soda, dan telur. Jenis makanan ini juga sering mengendapkan udara di dalamnya. Saat kamu memakan makanan tersebut, udara yang masuk dalam tubuhmu jadi banyak dan tekanan gas pun memuncak. Kentut pun tak bisa dihindari. Selain itu, kentut mengandung gas metana dan hidrogen yang mudah terbakar.

Ketiga,  bila dikalkulasi, rata-rata orang kentut 14 kali dalam sehari.

Durasi kentut via thoughtcatalog.com

Durasi kentut via thoughtcatalog.com

Bila dikalkulasi, rata-rata orang memproduksi setengah liter kentut tiap hari. Dan tahukah kamu bahwa wanita lebih sering kentut daripada pria. Hal ini tentu saja tak diakui oleh wanita. Selain itu mereka juga lebih sering menahan kentut dibanding pria karena malu. Kentut juga bisa menjadi bom atom bila seseorang kentut secara terus menerus selama 6 tahun.

Keempat, kentut hanya keluar selama 10 sampai 15 detik saja.

Kentut tidak menjijikan via www.wikihow.com

Kentut tidak menjijikan via www.wikihow.com

Kentut memiliki kecepatan gas yang hanya keluar selama 10 sampai 15 detik saja.  Itulah mengapa kamu tidak akan pernah bisa mencium bau kentut lebih dari waktu tersebut. Meski demikian, bau yang dikeluarkan tak bisa diprediksi. Itu tergantung dari seseorang yang kentut, sebelumnya ia makan apa. Makanan yang paling parah menimbulkan bau kentut busuk adalah ubi dan telur rebus.

Kelima, jangan pernah menahan kentut bila tak ingin perut kena masalah.

Menahan kentut via google image

Menahan kentut via google image

Kentut adalah bagian alami dari sistem pencernaan tubuh. Bila sistem ini terganggun tentu juga akan berdampak pada kesehatan. Jadi, jangan pernah menahan kentut ya. Bila kamu berada dalam situasi yang membuatmu tak enak untuk kentut, maka ijin keluarlah sebentar. Kamu bisa mengeluarkan gas yang pada dasarnya memang harus dikeluarkan. Menahan kentut bisa menyembakan masalah yang cukup serius pada lambung. Selain itu juga gejala lain yang membuat sistem tubuh tak nyaman, terutama perut; menyebabkan gangguan usus serta wasir.

Keenam, tak selamanya orang yang suka kentut itu menjijikan.

Pergi keluar saat kentut via uproxx.com

Pergi keluar saat kentut via uproxx.com

Tahukah kamu ada beberapa budaya di dunia yang menyukai bau kentut pada seseorang. Di Cina, kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan bila kentutmu berbau busuk. Kok bisa? Menurut beberapa perusahaan di Cina, orang yang memiliki kentut berbau busuk menandakan orang yang professional. Bahkan di jaman dulu, Kaisar Claudius (Roma Kuno), mengesahkan undang-undang tentang diterimanya “mengentut” saat perjamuan.

Ketujuh, orang yang sudah mati pun masih bisa kentut.

Mayat bisa kentut via www.tribunnews.com

Mayat bisa kentut via www.tribunnews.com

Mungin ini bisa dijadikan bukti bahwa manusia benar-benar tak bisa lari dari gas, bakan setelah ia meninggal. Tiga jam setelah tubuh tak bernyawa, gas akan keluar lewat kedua ujung saluran pencernaan. Karena kontraksi otot, gas yang masih ada dalam tubuh memaksa keluar. Inilah yang menyebabkan mayat sering bersendawa dan mengeluarkan bunyi kentut.

Tak selamanya kentut itu buruk. Kamu juga harus tahu kalau kentut merupakan proses biologis tiap mahluk. Jadi jangan lagi pernah mengolok-olok temanmu saat kentut ya… cukup beri arahan; kalau kentut itu menjauh dulu. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply