Jalan-jalan Tapi Budget Tipis? Tenang, Coba deh Lakukan 6 Tips Berikut

Setiap orang menyukai traveling, dari yang muda hingga tua. Dengan traveling, hidup terasa lebih bermakna. Namun, keuangan yang minim kadang menjadi kendala bagi siapapun saja yang ingin traveling. Gaya hidup yang boros membuat uang jadi cepat berkurang. Oleh karena itu, mengelola keuangan dengan baik sangatlah diperlukan, apalagi bagi Kamu yang suka traveling atau jalan-jalan.

Nah, bila Kamu hobby traveling, berikut  tips-tips ampuh dalam mengelola keuangan yang bisa Kamu aplikasikan.

Sisihkan Uang Untuk Ditabung.

Menabung via blog.joytours.com

Menabung via blog.joytours.com

Memiliki banyak uang memang dambaan setiap orang. Tak heran bila tangan sedang memegang banyak uang, banyak yang lupa diri dengan menghambur-hamburkannya, tahu-tahu uang sudah banyak yang melayang. Saat Kamu tengah memegang banyak uang entah itu didapatkan dari hasil gajian atau kiriman bulanan dari orang tua, alangkah baiknya sisihkan lah beberapa untuk ditabung. Dengan menabung, Kamu jadi punya simpanan uang yang bisa digunakan saat kondisi keuangan mengkhawatirkan. Terlebih lagi buat Kamu yang hobby traveling, menyisihkan uang gajian atau kiriman uang bulanan dari orang tua sangat dianjurkan. Dengan menabung, Kamu yang hobbi traveling tak perlu takut lagi bakal kekurangan uang.

Pilihlah Lokasi Yang Biaya Pengeluarannya Sesuai Dompet.

Pilih tempat yang sesuai budget via money.usnews.com

Pilih tempat yang sesuai budget via money.usnews.com

Bagi Kamu yang hobby traveling, sebelum memutuskan untuk pergi traveling,  pilih-pilihlah dulu lokasi yang akan dituju. Hindarilah lokasi-lokasi wisata yang memungkinkan mengeluarkan banyak biaya. Di dunia, bahkan di Indonesia, banyak kok wisata-wisata eksotis dengan biaya pengeluaran yang ekonomis. Dengan menentukan dulu lokasi wisata yang akan Kamu tuju, Kamu jadi  bisa merekap pengeluaran keuangan, hingga pengeluaran yang membengkak pun bisa diminimalisir.

Jika Punya, Sebaiknya Gunakanlah Kendaraan Pribadi.

Jalan-jalan naik motor via www.investopedia.com

Jalan-jalan naik motor via www.investopedia.com

Saar traveling, kadang membengkanya biaya pengeluaran bukan karena Kamu tak mampu mengelola keuangan, melainkan karena biaya transportasinya yang terbilang mahal. Menggunakan kendaraan umum saat traveling memang  memaksa Kamu untuk merogoh kocek lebih dalam. Jadi, alangkah bagusnya jika gunakan saja kendaraan pribadi bila punya. Dengan menggunkan kendaraan pribadi tentunya akan menghemat biaya pengeluaran. Jika kebetulan Kamu  tidak memiliki kendaraan pribadi, Kamu bisa menumpang pada teman yang juga ingin traveling. Memilih teman traveling bisa mengirit biaya pengeluaran. Ya, setidaknya Kamu bisa memilih teman yang memiliki kendaraan jika Kamu kebetulan tidak memiliki kendaraan.

Untuk Mengantisipasi Rasa Lapar, Bawalah Bekal.

Bekal perjalanan via www.kaskus.co.id

Bekal perjalanan via www.kaskus.co.id

Traveling pastinya menguras banyak tenaga, membuat badan lemas tak terkira. Badan lemas membuat rasa lapar tak bisa lagi dihindari. Bagi kamu yang tak ingin biaya pengeluarannya membengkak saat traveling, sebaiknya bawalah bekal makanan dari rumah sebelum melakukan perjalanan. Dengan membawa bekal makanan dari rumah, biaya pengeluaranpun bisa sedikit diminimalisir. Sebab, biasanya harga makanan di tempat-tempat wisata terbilang mahal. Namun, jika Kamu tak sempat membawa bekal makanan dari rumah, Kamu bisa makan di warung makan yang sekiranya tak terlalu menguras banyak pengeluaran. Misalnya makan di warung-warung kecil, dan hindarilah makan restoran, keculai kalau Kamu memang sedang banyak uang. Hehe

Jika Mengharuskan Menginap, Pilihlah Tempat-tempat Yang Harga Sewanya Murah.

Penginapan murah via www.aeromedan.xyz

Penginapan murah via www.aeromedan.xyz

Traveling memang kadang memakan waktu perjalanan  cukup lama, bahkan tak jarang pula mengharuskan untuk menginap. Jika memang demikian, sebaiknya menginaplah di tempat penginapan yang biaya sewanya murah, atau jika Kamu ingin gratis, Kamu bisa menginap di pom bensin. Jika tempat wisata yang Kamu datangi merupakan tempat di mana teman Kamu tinggal, Kamu bisa menumpang dulu di tempatnya. Cara yang demikian ini kerap digunakan bagi para traveler yang ingin berhemat alias tidak ingin mengeluarkan banyak uang. Mungkin Kamu bisa mencobanya.

Stop! Membeli Barang-barang Tak bermanfaat.

Jangan belanja berlebihan via www.trashisfortossers.com

Jangan belanja berlebihan via www.trashisfortossers.com

Traveling memang mengasikan. Traveling tanpa memegang uang tentu akan sangat menyedihkan. Maka, menekan biaya pengeluaran adalah salah satu kunci bagi Kamu yang hobi sekali dengan jalan-jalan. Berhentilah membeli barang-barang tidak bermanfaat, selain tak memberikan manfaat, tentunya juga hanya akan membuat keuangan Kamu menurun deras. Kondisi keuangan yang sekarat tentunya akan membuat rencana traveling Kamu terhambat.

Pada dasarnya, traveling bukanlah suatu yang harus ditimbang dengan uang. Traveling adalah keniatanmu untuk menjelajah sisi-sisi indah dunia tanpa harus terbebani dengan budget. Nah, tips-tips ampuh dalam mengelola keuangan di atas mungkin bisa kamu lakukan agar masalah budget tak menghalangi langkah kakimu dalam menjelajah indahnya dunia.

Leave a Reply