Ini 4 Sunnah Rasululah SAW Soal Berpakaian. Yuk, Cek Lagi Cara Berpakaian Kita

Kita semua tahu kalau berpakaian adalah cermin dari penampilan seseorang. Apa yang dipakai bisa menjadi ekspresi si pemakai. Dalam ajaran Islam, berpakaian menjadi hal yang sangat penting dan mempunyai kedudukan tinggi. Hal ini karena berpakaian adalah cara untuk menutup aurat yang memang sudah dianjurkan sejak dulu.

Bahkan, berpakaian merupakan sunah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Ada lima sunnah soal berpakaian yang hendaknya kita amalkan. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Kenakan pakaian gamis (baju kurung).

Pakaian gamis via harryszaen.blogspot.com

Pakaian gamis via harryszaen.blogspot.com

Rasulullah SAW men-sunnahkan umatnya untuk mengenakan pakaian gamis. Karena sejatinya pakaian gamis bisa menutupi segala aurat. Selain itu, si pamakai juga bisa bergerak secara bebas. Hal ini tercermin pada hadis barikut

“Baju yang disenangi Rasulullah SAW adalah gamis,” (Shahih al-Jami’).

2. Pilihlah pakaian yang berwarna putih.

Pakaian putih via www.tokopedia.com

Pakaian putih via www.tokopedia.com

Rasulullah mengajurkan untuk mengenakan pakaian warna putih pada umatnya. Warna putih merupakan warna yang lebih baik daripada warna lain. Namun, ini hanya anjuran, karena Rasulullah juga tidak pernah sekalipun melarang umatnya mengenakan pakaian dengan warna lain.

Rasulullah SAW bersabda, “Pakailah pakaian putih, karena itu yang pakaian terbaik, dan kafanilah orang yang meninggal di antara kalin dengan kain tersebut,” (Shahih al-Jami’).

3. Selalu membaca doa setiap mengenakan pakaian baru.

Berdoa via faslanfarook.blogspot.com

Berdoa via faslanfarook.blogspot.com

Pakaian juga termasuk rezeki yang diberikan Allah SWT. Oleh sebab itu, bila mendapat pakaian baru, dan kita mengenakannya, bacalah doa supaya pakaian tersebut menjadi berkah. Selain itu, dengan membaca doa, kita bisa terhindar dari segala hal buruk yang ada pada pakaian tersebut.

“Ya Allah, bagiMu segala puji, Engkau telah memberikan pakaian ini kepadaku. Aku memohon kepadaMu kebaikannya dan kebaikan yang tercipta baginya, dan aku berlindung kepadaMu dari keburukannya dan keburukan yang tercipta baginya ,” (Shahih al-Jami’).

4. Bila melihat orang mengenakan pakaian baru, doakanlah dia.

Berdoa untuk orang lain via www.timeanddate.com

Berdoa untuk orang lain via www.timeanddate.com

Nabi Muhammad SAW bukan hanya menganjurkan umatnya membaca doa ketika memakai pakaian baru. Beliau juga menyarankan umatnya untuk mendoakan mereka yang memakai pakaian baru.

Ummu Khalid RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah menerima hadiah baju dengan gambar-gambar warna hitam, beliau berkata, “Siapa di antara kalin yang ingin mengenakan baju ini?” orang-orang diam, dan Rasul berkata, “ Panggil Ummu Khalid ke sini!” Maka aku dibawa kepada Nabi dan aku dipakaikan pakaian itu kepadaku dengan tangan beliau sendiri. Beliau berkata, “Semoga kamu panjang umur sampai baju ini rusak dan usang.” Nabi mangatakan hal itu dua kali. (HR. Al-Bukhari).

Mengenakan pakaian tentu saja harus ada kode etik dan tidak mengundang syahwat. Berpaikan menjadi semacam simbol kalau kita termasuk golongan yang maju. 4 Hal di atas tentunya bisa menjadi cermin bagi kita untuk berpakaian lebih baik lagi. Selain mengikuti apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, kita juga akan mendapat pahala. Semoga informasi ini bermanfaat ya…

Leave a Reply