Ingin Aktifitas Bangun Tidurmu Berpahala? Lakukan Sunnah Rasulullah Berikut

Bangun tidur merupakan aktivitas dimana seseorang terjaga dan mulai mengawali hari dengan cara tertentu.  Setiap orang memiliki perasaan yang berbeda-beda tentang bangun tidur; ada yang merasa bahagia karena akan menjumpai sesuatu yang menyenangkan,  tapi ada pula yang merasa malas karena sudah terlanjur nyenyak dengan tidurnya. Bangung tidur menjadi titik awal dimulainya suatu kegiatan.

Di dalam ajaran Islam, ternyata bangun tidur juga bisa menjadi pahala. Sangat beruntung bagi umat muslim karena bangun tidur saja sudah bisa membuahkan pahala. Nah, buat kamu yang ingin aktivitas bangun tidur jadi berpahala, lakukan beberapa sunah yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW di bawah ini.

Mengusap Bekas Tidur di Tangan dan Wajah.

Mengusap wajah via www.dakwatuna.com

Mengusap wajah via www.dakwatuna.com

Selepas bangun tidur, hampir semua orang yang melakukan aktifitas mengusap bekas tidur di  tangan dan wajah. Selain untuk membersihkan, hal tersebut juga seperti menjadi sebuah aktivitas spontan yang susah untuk ditinggalkan, hingga akhirnya menjadi kebiasaan. Tapi tahukah kamu, ternyata mengusap bekas tidur di tangan dan wajah adalah salah satu sunnah yang sering dicontohkan Rasulullah. Seperti yang disebut HR. Muslim dalam hadistnya.

“Rasulullah bangun pagi kemudian duduk sambil mengusap wajahnya dengan tangannya.” (HR Muslim)

Jadi, ingin aktifitas mengusap bekas tidur di tangan dan wajah menjadi berpahala? Lakukanlah aktifitas tersebut dengan diiringi niat, niat untuk menjalankan sunnah Rasulullah SAW.

Jangan Lupa Berdoa Selepas Bangun Tidur.

Berdoa setelah bangun via islamicsquare.com

Berdoa setelah bangun via islamicsquare.com

Kebnayakan orang langsung melihat handphone selepas bangun tidur. Kamu juga pasti salah satunya, kan? Ada juga yang langung ke kamar mandi atau bahkan memilih menarik selimut untuk tidur lagi. Daripada kamu mengecek handphone selepas bangun tidur, apalagi lebih memilih menarik selimut untuk tidur lagi, ada baiknya selepas bangun tidur itu kamu berdoa agar aktifitas bangun tidurmu lebih berpahala. Adapun doa bangun tidur seperti berikut ini yang dikutip dari hadist HR. Bukhori Muslim.

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah ditidurkanNya dan kepadaNya kami dibangkitkan” (HR Bukhari Muslim)

Doa tersebut juga yang biasa dilakukan oleh Rasululaah selepas bangun tidur. Anak TK aja hafal kok doa bangun tidur tersebut, masa kamu engga?  Buat kamu yang belum terbiasa melakukan sunnah tersebut, cobalah untuk membiasakannya agar hidupnya juga bisa lebih berkah.

Pakailah Siwak Sebagai Pengganti Sikat Gigi.

Bersiwak via kesehatangigi.blogspot.com

Bersiwak via kesehatangigi.blogspot.com

Bersiwak selain menjadi salah satu sunnah Rasulullah selepas bangun tidur, bersiwak juga memiliki manfaat seperti sikat gigi yaitu bermanfaat untuk membersihkan dan menyegarkan mulut setelah tertidur semalaman. Bukan hanya itu, siwak juga lebih menyehatkan gigi daripada pasta gigi. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi, pakailah siwak yang berbahan kayu. Biasakan setiap bangun tidur untuk mencuci muka dan menyikat gigi menggunakan siwak. Rasulullah pun sangat suka bersiwak. Seperti dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR. Bukhori Muslim berikut ini.

“Adalah Rasulullah apabila bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak” (HR Bukhari Muslim)

Lengkapi Pahala Bangun Tidurmu dengan Mencuci Tangan Tiga Kali.

Mencuci tangan via www.popsci.com

Mencuci tangan via www.popsci.com

Selepas bangun tidur, sejumlah orang pasti akan langsung ke kamar mandi entah untuk buang air, cuci muka dan sikat gigi, atau hanya sekedar ingin mencuci tangan dan kaki. Sebuah riwayat menyebutkan, bahwa mencuci tangan tiga kali itu menjadi sunnah Rasulullah yang mendatangkan pahala.

Bila salah seorang diantaramu bangun tidur, maka janganlah ia menyelamkan tangannya ke dalam bejana, sebelum ia mencucinya tiga kali” (HR. Bukhari Muslim)

Jadi buat kamu yang ingin aktifitas cuci tangan mendatangkan pahala? Ikutilah sunnah yang dianjurkan Rasulullah dengan cara mencuci tangan tiga kali.  Simpel, praktis, mudah, dan berpahala.

Membersihkan Diri dengan Mandi.

Mandi via www.dream.co.id

Mandi via www.dream.co.id

Buat kamu yang ingin paginya diberkahi Allah, jangan habiskan waktumu dengan tidur-tiduran ketika pagi dan memilih menyambung mimpi. Selepas bangun tidur, segerkanlah membersihkan diri dengan mandi. Mandi menjadi aktifitas pagi yang tak pernah absen dilakukanan Rasulullah. Selain untuk membersihkan diri, mandi juga bermnafaat untuk melencarkan peredaran darah.

Begitulah sunnah-sunnah yang dianjurkan Rasulullah agar aktifitas bangun tidurmu berpahala.  Semoga pagimu selalu diberkahi Allah dan segalanya baik-baik saja 🙂

Leave a Reply