Hai Travelers, Pastikan Smartphone-mu Punya 6 Aplikasi ini

Jalan-jalan atau traveling kini menjadi magnet paling kuat yang dimanfaatkan hampir semua orang untuk menghabiskan waktu saat liburan. Semua orang pasti setuju bahwa jalan-jalan itu obat alami untuk mereka yang tengah diserang stress, gelisah, galau, letih, bosan, dan hal-hal lainnya yang merusak sistem keseimbangan manusia.

Yup, menghabiskan waktu di alam bebas sangat menyenangkan, memang, seperti bersepeda, mendaki gunung, menjelajah hutan, menyusuri pantai, camping. Kesemuanya itu seolah menjadi bius tersendiri untuk hal-hal yang merusak sistem keseimbangan tubuh kita. Sejumlah peenlitian juga menyebutkan bahwa bergerak atau beraktivitas dengan bebas di alam terbuka mampu mengobati stress dan membuat pikiran menajdi lebih segar.

Oke, kita juga setuju kalau jalan-jalan mampu mengobati stress. nah, biar jalan-jalan jadi lancar dan tidak terhalang hambatan atau tersesat, ini ada bebearapa aplikasi smartphone yang sangat membantu melancarkan perjalananmu. Apa saja aplikasi tersebut? Simak nih ulasannya.

1. MotionX GPS, aplikasi yang bisa membantu perjalanan outdoormu.

MotionX GPS via news.motionx.com

MotionX GPS via news.motionx.com

Aplikasi MotionX GPS ini menjadi aplikasi yang bisa mempermudahmu dalam melakukan perjalanan outdoor. Aplikasi ini sangat harus kamu miliki jika kamu ngaku pecinta perjalanan outdoor. Aplikasi ini memang hanya digunakan untuk pemakai iOS. Meski harus mengeluarkan biaya $0,99 atau sekitar Rp13.000 tapi sangat berguna untuk membantu perjalananmu, sebab aplikasi ini beguna untuk mencatat segala macam kegiatan outdoormu seperti bersepeda, mendaki, paralayang mendayung, dan lain-lain. Dengan apliksai ini, kamu bisa mengunduh peta lokasi tertentu tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Peta lokasi tersebut meliputi peta jalan raya sampai dengan peta pelayaran. Dan yang menguntungkan lagi, kamu masih bisa membuka peta tersebut meskipun dalam keadaan offline.

2. MapMyHike, aplikasi yang bisa mecatat lengkap rute hikkingmu.

MapMyHike via adventureinadventureout.com

MapMyHike via adventureinadventureout.com

Saat melakukan pendakian ke suatu gunugn, kamu pasti kadang suka lupa jalur yang udah kamu lalui saat mau melaukan pendakian lagi ke gunugn tersebut. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada aplikasi yang berguna banget dalam hal seperti ini, aplikasi tersebut bernama MapMyHike. Dengan aplikasi tersebut, kamu tidak perlu lagi repot-repot utnuk mengingat-ingat lagi rute yang udah kamu  lalui, karena Aplikasi mapmyhike ini akan merekam rute atau jalur pendakian kamu, muali dari jarak tempuh, ketinggian, kecepatan, bahkan jumlah kalori juga terekam di aplikasi ini. Yup, aplikasi ini memang menyediakan fasilitas seperti peta navigasi, mencatat kecepatan, jarak tempuh, ketinggan, jumlah kalori, dan lain sebagainya. Kamu patut berbahagia, karena apliaksi ini tidak memungut biaya apapun alias gratis. Buat para pendaki atau guide, aplikasi ini sangat berguna sekali saat pendakian atau penjelajahan.

3. First Aid, PMI ala Smartphone.

First Aid via www.isurvivalsupply.com

First Aid via www.isurvivalsupply.com

Kita semua tahu bahwa kegiatan outdoor memiliki banyak resiko, salah satunya adalah kecelakaan. Para penjelajah atau pendaki diharuskan selalu waspada mengingat kalau jalur pendakian biasanya jauh dari pelayanan umum seperti kantor polisi maupun rumah sakit. Nah, salah satu usaha untuk mencegah  hal tersebut yaitu dengan cara memasang aplikasi First Aid di smartphonemu.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk Android dan iOS ini merupakan aplikasi yang menyuguhkan langkah-langkah untuk mengatasai berbagai macam situasi darurat. Seperti hypothermia, asma, terbakar, mengalami patah tulang, pendarahan, dan lain sebagainya. Jika terjadi sesuatu yang tidak diingankan atau kejadian darurat, aplikasi First Aid ini akan menampilkan grafik pertolongan jenis apa yang tepat. Dan kerennya lagi, aplikasi ini bebas iklan dan gratis.

4. SAS Survival Guide, aplikasi yang membantumu bertahan hidup di alam liar.

SAS Survival Guide via yourstory.com

SAS Survival Guide via yourstory.com

Aplikasi yang patut dimiliki smartphone berikutnya bagi para pendaki adalah aplikasi SAS Survival Guide. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang akan membantumu dalam bertahan hidup di alam liar dan  dalam berbagai rintangan maupun berbbagai medan. Seperti saat melakukan pendakian, perkemahan, di gurun, di hutan, di laut, maupun di perkotaan. Agar mudah dimengerti, cara-cara yang muncul di aplikasi ini yaitu berupa video atau gambar yang. Aplikasi yang bisa digunakan untuk Android dan iOS ini bisa diunduh secara gratis. Buat kamu yang ingin mendapatkan fitur aplikasi yang lebih lengkap, kamu bisa mengunduh aplikasi berbayar yang dikenai harga Rp69.000-Rp79.000

5. SkyMap, aplikasi yang bisa mengidentifikasi berabagai rasi bintang.

SkyMap via www.indogamers.com

SkyMap via www.indogamers.com

Memandangi langit di alam terbuka saat malam hari tentu sangat mendamaikan, terlebih  saat langit sedang cerah sehingga bintang dan bulan bisa langsung telihat oleh mata. Namun, kamu pasti suka bingung dan bertanya-tanya, apa nama –nama rasi bintang tersebut, kenapa bintang yang satu dnegan bntang yang lain ukurannya tidak sama. Nah, untuk memudahkan hal tersebut, kini ada aplikasi Google Sky Map yang akan membantumu mengidentifikasi berbagai rasi bintang yang ada di langit. Apliksai Google Sky Map ini bisa juga dikatakan sebagai alat bantu untuk mempelajari astronomi.

Apliaksi Google Sky Map ini merupakan gabungan antara GPS, kompas dan teknologi accelerometer yang berguna juga untuk menentukan letak lokasi dimana kita sedang berada. Untuk menentukan lokasi kita caranya mudah, masukkan data kita secara manual atau bisa dengan menggunakan GPS agar lebih mudah. Setelah itu, aplikasi kece ini akan memunculkan objek luar angkasa yang sesuai dengan posisi kita. Aplikasi ini juga sangat responsif terhadap pergerakan ponsel yang kita lakukan. Buat para penjelajah atau para pendaki, aplikasi ini seperti harus dimiliki.

6. Accu Weather, aplikasi yang membantu dalam menentukan cuaca terkini.

Accu Weather via accuweather.en.softonic.com

Accu Weather via accuweather.en.softonic.com

Sebelum melakukan kegiatan outdoor, salah satu hal yang harus sangat diperhatikan adalah kondisi cuaca. Akan sangat menyusahkan jika kita terjebak dalam cuaca buruk saat melakukan perjalanan. Nah, untuk mengatasi hal tesebut, ada apliksai ciamik yang bisa membantumu dalam membaca cuaca terkini, yaitu aplikasi Accu Weather. Aplikasi Accu weather ini merupakan aplikasi yang menampilkan perkiraan cuaca terkenini beberapa hari kedepan disuatu lokasi. Meski belum 100% akurat, tapi aplikasi Accu Weather ini cukup membantu sekali saat kamu memutuskan untuk bepergian atau melakukan perjalanan ke  alam liar.

Buat kamu yang ingin melakukan perjalanan, jangan hanya fisik, mental dan materi saja,  elengkapan aplikasi smartphonemu juga perlu diperhatikan. Semoga inforamsi diatas bermanfaat dan bisa menajadi represni. Dan, selamat jalan-jalan. Tetap jaga kesehatan dan kebersiha.

Leave a Reply