Dari Bogor, Coba Deh Mlipir Dikit ke Jonggol. Ada 5 Tempat Wisata yang Bikin Hati Adem

Jonggol salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor yang dikenal sebagai penghasil buah durian dan rambutan. Daerah jonggol ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bekasi. Sebagian besar area di Jonggol masih dikuasai Keluarga Cendana seperti Bambang Trihatmodjo, Sigit Harjojudanto & Hutomo Mandala Putra serta sejumlah pengusaha seperti Prajogo Pangestu  dan Ciputra taipan kayu dari Kebumen.

Buat kamu yang suka traveling, Jonggol juga menyimpan banyak wisata menarik, lho! Meski udara di kawasan Jonggol panas,  tapi kalau kamu mau sedikit berjalan ke arah selatan, kamu akan menjumpai pemandangan yang menawan. Nggak percaya? Simak deh nih ulasan berikut ini.

1. Gunung Batu, tempat hiking asik yang nggak bakal bikin kakimu lesu.

gunung batu jonggol via marisazania.blogspot.com

gunung batu jonggol via marisazania.blogspot.com

Berkat media sosial, gunung setinggi 875 mdpl ini langsung bisa dikenal banyak orang. Banyak orang berlomba-lomba mengupload foto mereka yang sedang hiking cantik di media sosial seperti facebook dan instagram. Kawasan yang tak jauh dari Jabodetabek ini memiliki permukaan yang didominasi bebatuan. Untuk mencapai puncak, kamu hanya butuh waktu 45 menit aja. Dijamin deh, hiking ke Gunung Batu ini nggak bakal bikin kaki kamu lesu. Ada dua yang bisa memengaruhi waktu tempuh kamu untuk sampai puncak, yaitu cuaca dan jumlah orang yang mendaki. Semakin banyak  jumlah orang yang mendaki, maka waktu tempuhnya akan semakin lama.

Akses menuju puncak Gunung Batu berupa jalan setapak yang hanya memiliki lebar 2 meter inilah yang membuat para pendaki lama untuk mencapai pucak, soalnya harus mengantri  dulu. Setelah sampai puncak, kamu akan disuguhi pemandangan cantik berupa perbukitan dan sungai-sungai disekitar Gunung Batu. Gunung Batu ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise. Oh iya, kamu harus  berhati-hati karena di puncak gunung tak ada pengaman apapun.

2. Curug Ciherang, tempat menyegarkan untuk melepas lelah.

Curug Ciherang via ysalma.com

Curug Ciherang via ysalma.com

Kawasan Jonggol memang terkenal dengan wisata curugnya, terutama di daerah perbukitan Cipamingkis. Dari sekian banyak wisata curug yang ada di perbukitan Cipamingkis, Curug Ciherang menjadi curug yang paling banyak diburu para wisatawan karena volume airnya yang cukup memukau.

Cek dulu kondisi kendaraan sebelum berkunjung ke Curug Ciherang, sebab  akses menuju Curug Ciherang ini cukup ekstrem dan mengkhawatirkan. Meski jalannya sudah di aspal, tapi tanjakannya itu lho, terjalnya naudzubillah.

Curug Ciherang bisa dibilang primadonanya kota Jonggol. Kalau tertarik datang ke Curug Ciherang, usahakan datang sebelum jam 10 pagi. Kenapa? Karena diatas jam 10 pagi curug ini biasanya sudah dipenuhi para wisatawan.  Jadi kalau kamu takut nggak kebagian tempat parkir, mending datang sebelum jam 10 aja ya. Curug ini juga aman kok buat mandi, jadi tenang saja.

3. Nyantai asik di Curug Cipamingkis.

Curug Cipamingkis via www.kompasiana.com

Curug Cipamingkis via www.kompasiana.com

Selain Curug Ciherang, Curug Cipamingkis juga menjadi objek wisata curug yang paling diburu wisatawan di daerah Jonggol. Letak Curug ini hanya berjarak 2 km dari Curug Ciherang. Jadi, setelah puas basah-basahan di curug Ciherang, kamu bisa lanjut ke curug Cipamingkis.

Walaupun letak Curug Cipamingkis berdekatan, dengan Curug Ciherang, tapi keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Curug Ciherang memiliki tinggi sekitar 25 m, sedangkan Curug Cipamingkis memiliki tinggi cuma 15 meter. Curug yang dikelilingi hutan pinus yang meneduhkan dan hawa dingin khas pegunungan ini sangat pas untuk dijadikan tempat bersantai sambil menikmati jagung bakar.

4. Situ Rawa Gede, danau cantik yang akan mendamaikan.

Situ Rawa Gede via artinriky.wordpress.com

Situ Rawa Gede via artinriky.wordpress.com

Situ Rawa Gede terletak tak jauh dari Curug Ciherang. Objek wisata Situ Rawa Gede memang tidak sepopuler dengan daftar objek wisata di atas, namun keindahannya layak sekali untuk diperhitungkan.

Beberapa fasilitas yang tersedia di dobjek wisata ini yaitu; warung makan, jasa penyewaan perahu, kamar mandi, tempat ibadah, tempat istirahat. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadiakn setiap moment berharga.

Akses menuju Situ Rawa Gede cukup susah karena hanya bisa dilalui kendaraan roda dua seperti motor maupun sepeda. Untuk memasuki kawasan ini kamu tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Duh, senengnya bisa nikmatin obyek wisata yang cantik secara gratis.  Meski gratis, kamu harus tetap kelestarian alamnya ya. Jaga kebersihan. Jangan samapi buang sampah sembarangan!

5. Penangkaran Rusa, tempat asik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Penangkaran Rusa via www.liburananak.com

Penangkaran Rusa via www.liburananak.com

Penangkaran Rusa ini terletak di wiayah Cariu. Letaknya yang tidak jauh dari jalan raya jurusan Cileungsi-Cianjur membuat tempat ini mudah sekali untuk dijangkau. Obyek wisata Penangkaran Rusa ini menjadi tempat asik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Di sini, kamu bisa menyaksikan dan menyapa sekumpulan rusa jinak yang tengah berkeliaran di padang rumput.  Buat kamu yang tertarik ingin memberi makan sekumpulan rusa, kamu bisa memberi makan mereka singkong dan ubi yang dijual dekat pintu masuk. Kamu tidak usah takut, tidak usah khawatir, tenang saja, mereka sudah jinak semua. Jika kamu ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dengan nuansa yang berbeda, obyek wisata penangkaran rusa ini adalah pilihan yang tepat. Selain bisa melihat sekawanan rusa bercengkrama, kamu juga bisa lebih mengakrabkan diri bersama keluarga. Mengajak calon mertua ke sini juga bisa jadi ide menarik. Coba saja.

Buat kamu yang sudah bosan dengan wisata puncak Bogor, kamu bisa berkunjung ke Jonggol. Banyak tempat menarik di dalamnya, kan? Segeralah ajak keluarga, teman, atau pacar liburan ke Jonggol. Semoga harimu menyenangkan. Tetap jaga kebersihan dan  keselamatan ya. Selamat jalan-jalan.

5 Comments

  1. rakha bintoro March 2, 2016
  2. iqbal March 2, 2016
  3. Ahmad March 3, 2016
  4. wa derry March 7, 2016
  5. Mnasrulloh March 25, 2016

Leave a Reply