Catet nih! 10 Tempat Wisata di Jember yang Tidak Boleh Kamu Abaikan

Kebanyakan orang, jika berkunjung ke Jawa Timur, yang terlintas dipikiran pasti Surabaya dan Malang. Kedua tempat ini memang memiliki daya tarik tersendiri untuk disambangi, mulai dari wisata kulinernya yang menggugah selera, wahana bermainnya yang wow gila, sampai dengan wisata alamnya yang begitu memesona. Kedua tempat ini bisa disebut sebagai pusatnya wisata Jawa Timur. Tapi, jika kamu mau bergeser sedikit, ada wisata menarik lainnya yang juga kamu harus tahu, yaitu Jember.

Wisata di Jember mungkin memang tidak sepopuler wisata Surabaya dan Malang. Meski begitu, Jember memiliki sejumlah wisata yang juga menarik untuk disambangi. Jember merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kabupaten yang terdiri dari 31 Kecamatan ini berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi di sebelah timur, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Lumajang di sebelah barat, dan Samudera Hindia di sebelah selatan. Jika kamu berkunjung ke Jember, berikut ini beberapa tempat menarik yang tidak boleh kamu lewatkan. Yuk simak genk

1. Suka surfing? Yuk mampir ke Pantai Bandealit.

Pantai Bandealit via www.wisatajatim.info

Pantai Bandealit via www.wisatajatim.info

Pantai Bandealit merupakan salah satu destinasi wisata Jember yang paling diburu para wisatawan.  Pantain Bandealit terletak di Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah nan seksi, membuat siapa saja yang datang betah tinggal berlama-lama. Ombaknya yang yang teratur membuat Pantai Bandealit ini diburu para wisatawan yang ingin belajar surfing. Nah, jika kamu mau bergeser sedikit ke selatan, kamu bisa menjumpai muara sungai yang banyak ditumbuhi tanaman mangrove. Selain itu, kamu juga bisa melihat taman anggrek dan penangkaran rusa timor. Lengkap, kan?

2. Dari Pantai Bandealit, puaskan hobby surfing-mu di Pantai Puger.

Pantai Puger via onenusantara.com

Pantai Puger via onenusantara.com

Pantai Puger, tempat asik buat kamu para pecinta surfing. Ombaknya yang tinggi memberikan sensasi esktrim tersendiri.  Tak hanya surfing, di pantai ini juga kamu bisa menikmati hasil laut yang segar. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menyaksikan festival larung sesaji yang biasanya diadakan setahun sekali. Festival larung ini merupakan wujud syukur para nelayan setempat kepada tuhan yang Maha Esa atas hasil tangkapan ikan yang melimpah dengan membuat nasi tumpeng yang dilarung ke lautan. So, ayok ke pantai Puger.

3. Penasaran sama Hawaii-nya Jawa Timur? Datang saja ke Pantai Papuma.

Pantai Papuma via mhs.blog.ui.ac.id

Pantai Papuma via mhs.blog.ui.ac.id

Pantai Papuma tempat asik buat kamu yang ingin rehat sejenak dari aktifitas sehari-hari yang  begitu membebani. Pantai ini terletak sekitar 30 KM dari pusat kota, tepatnya di Dsa. Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember. Pantai Papuma menyuguhkan pemandangan yang membuatmu seolah sedang  berada di  Hawaii.

Selain memliki pemandangan memukau, pantai ini juga memiliki Goa cantik bernama “goa lowo”. Memiliki kedalaman kurang lebih 30 m, goa ini cukup banyak diminati para wistawan. Hanya saja, untuk bisa memasuki goa ini para wisatawan harus menunggu air surut terlebih dulu. Oleh penduduk setempat, Goa ini dipercaya  sebagai tempat bertapa raja-raja mataran dan tempat bersemayamnya ratu laut selatan. Gimana, tertarik berkunjung kesini? Dijamin asik.

4. Dari Pantai Papuma, manjakan lagi tubuhmu di Pantai Watu Ulo.

Pantai Watu Ulo via jembertourism.com

Pantai Watu Ulo via jembertourism.com

Pantai yang leraknya tidak jauh dari pantai Papuma ini memiliki pesona yang tak kalah cantik dengan pesona yang disuguhkan pantai Papuma.  Selain hamparan pasir pantainya yang luas, hanyak hal yang bisa kamu jumpai disini, diantaranya; goa kelelawar, goa Jepang, dan area perkemahan. Bahkan kamu juga bisa menyaksikan formasi bebatuan runcing seperti sisik yang mengular ke lautan. Penduduk setempat meyakini bahwa bebatuan merupakan adalah ular raksasa yang tertidur yang dikutuk jadi batu.

5. Pantai Paseban, tempat romantis untuk menikmati sunset bersama pasangan.

Pantai Watu Ulo via jembertourism.com

Pantai Watu Ulo via jembertourism.com

Banyaknya pantai dengan volume ombak yang tinggi  kadang membuatmu was-was dan khawatir. Tenang, di Jember, ada Pantai Paseban yang bisa kamu jadikan tempat untuk bersantai tanpa takut terjangan ombak yang besar. Pantai Paseban yang memiliki ombak yang cenderung tenang ini membuat kamu tetap merasa aman untuk bermain air atau berenang. Waktu terbaik berada di pantai ini adalah waktu sore hari, sebab sunset disini cantik sekali. Buat yang ingin romantis-romantisan bareng pasangan, pantai Paseban ini bisa menjadi pilihan. Pokoknya dunia seolah milik berdua deh.

6. Sudah puas dimanjakan dengan pesona pantai, manjakan lagi matamu dengan menyaksikan kemegahan Air Terjun Tancak.

Air Terjun Tancak via google image

Air Terjun Tancak via google image

Air Terjun Tancak menyuguhkan panorama alam yang cantik nan eksotis. Selama perjalan, kamu  akan dimanjakan oleh hamparan kebun kopi Gunung Pasang yang begitu hijau memukau. Akses menuju air Terjun ini memang cukup menantang, mengkhawatirkan dan tentunya membuat badan sangat lelah. Tapi percayalah, setelah kamu sampai di tempat tujuan, rasa lelahmu terbayar sudah. Disana, kamu bisa luruhkan lelahmu dengan mandi. Konon, mandi di air tejun ini bisa membuat awt muda, lho. Jangan lupa bawa bekal makanan, karena disini masih minim fasilitas. Buat kamu yang ingin basah-basahan, jangan lupa bawa baju ganti. Buat yang ingin selfie cantik, jangan lupa bawa kamera.

7. Ingin merasakan sensasi dinginnya puncak Bogor di Jember? Datang saja ke kawasan Puncak Rembangan.

Puncak Rembangan via kabardunia.com

Puncak Rembangan via kabardunia.com

Berada di ketinggian Gunung Argopuro, puncak Rembangan menyuguhkan panorama alam yang begitu mengagumkan. Ditambah hawanya yang sejuk membuat kamu merasa nyaman berdiam diri lama-lama di sana. Selain terkenal dengan hawa sejuknya, Puncak Rembangan juga terkenal sebagai salah satu penghasil buah naga terbesar di Jawa Timur.  Hamparan perekebunan buah naga akan memanjakan perjalananmu menuju Puncak Rembangan. Jika malam datang, kamu bisa menyaksikan kemegahan kota Jember bak lautan kunang-kunang.

8. Pantai Payangan, tempat dimana kamu bisa melihat pantai dengan pemandangan sabana seperti yang sering kamu di film-film.

Pantai Payangan via jembertourism.com

Pantai Payangan via jembertourism.com

Pantai Payangan berada di Kecamatan Ambulu, Jember. Yang membuat pantai ini berbeda dari pantai lainnya yaitu,  adanya harmonisasi epic dari 3 buah bukit dan sebuah pulau mungil yang cantik.  Membuat siapapun yang berada disini betah untuk berlama-lama. Jika beruntung, kamu bisa melihat upacara Petik Laut yang biasanya dilaksanakan pada tanggal 1 Suro, lalu dilanjutkan dengan pementasan wayang kulit.

Hal menarik lainnya yang disuguhkan pantai ini yaitu, di sebelah kanan terdapat padang sabana yang begitu indah seperti yang sering kamu di film-film. Spot ini biasa dijadikan tempat untuk camping. Bahkan, spot ini juga sering dijadikan spot  untuk foto pre wedding. Keren, kan?

9. Taman Botani Sukorambi, tempat asik untuk bersantai dan melepas penat.

Taman Botani Sukorambi via www.jemberbanget.com

Taman Botani Sukorambi via www.jemberbanget.com

Taman Botani Sukorambi merupakan taman wisata berupa hutan yang dipenuhi flora dan fauna. Taman wisata yang terletak di Jalan Mujahir ini  memiliki berbagai macam fasilitas,  seperti flying fox, kolam renang, kolam ikan, perpustakaan, restoran, kafe, kamar mandi, tempat ibadah hingga ruang pertemuan. Di bagian atas taman ini, kamu juga menjumapai  kebun yang dipenuhi berbagai jenis tanaman herbal, serta berbagai jenis buah-buah dan bunga. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai berbagai jenis binatang.

10. Buat para pecinta Fashion, jangan lupa hadiri Jember Fashion Carnaval.

Jember Fashion Carnaval via www.telusurindonesia.com

Jember Fashion Carnaval via www.telusurindonesia.com

Event bertarap internasional ini bertujuan untuk mengenalkan ke dunia  tentang keanekaragaman fashion Indonesia. Festival yang biasanya diselanggarakan bulan Agustus ini menjadi salah satu jurus dari Kementrian Pariwisata untuk menarik animo wisatawan mancanegara terhadap Indonesia; khususnya wilayah Jember. Adapun beberapa rangkaian dalam acara ini, seperti; JFC International Conference, JFC International Exhibition, JFC Artwear Carnival, JFC Kids Carnival, JFC Grand Carnival, dan Wonderful Archipelago Carnival Indonesia. Rencanyanya JFC (Jember Fashion Carnaval) tahun juga akan diselenggarakan pada tanggal 24 sampai 28 Agustus 2016. Jadi, jangan sampai kelewatan acara megah ini, ya.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau Jawa Timur itu bukan cuma punya Malang dan Surabaya aja. Masih ada Jember dengan destinasi wisatanya yang juga tidak kalah indahnya. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Jember?

Leave a Reply