Cantik Dengan Mentimun Ala Aisyah RA. Yuk Simak!

Mendambakan berat badan ideal tentu didambakan semua orang, bahkan tak jarang dari mereka yang memiliki berat badan berlebih akan melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan untuk mencapai bobot yang ideal. Bebrapa pria terutama wanita akan melakukan diet secara ekstrim supaya mereka mendapatkan berat badan yang mereka inginkan, seperti; staples telinga, bagian dalam telinga mereka akan di staples dan dibiarkan selama 6 minggu sampai 3 bulan. Ada juga yang nekat diet menggunakan cacing pita dimana mereka harus menelan kapsul yang berisi cacing pita dengan tujuan berbagai makanan yang mereka makan. Meskipun diet ini terbilang cukup ampuh, tapi dibiarkan terlalu lama diet ini dapat berujung kematian.

Susah payah untuk melakukan diet esktrim jangan sampai malah menyakiti diri sendiri. Sesungguhnya itu akan menyulitkan diri mereka. Tapi tahukan kamu, di jaman Rasululluah SAW sudah ada rahasia cantik dan sehat hanya dengan menggunakan mentimun.

Mungkin selama ini kita hanya mengatahui mentimun hanyalah sebagai sayuran atau pelengkap makanan. Namun sebenarnya mentimun ini memiliki rahasia unik yang baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan. Di jaman Rasululluah SAW. sayuran ini dipakai sebagai salah satu bahan untuk menjaga kesehtan dengan mengkombinasikannya bersama kurma segar. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa Rasululluah SAW. sering melakukannya.

“Rasululluah sering makan mentimun dicampur dengan kurma basah”. (HR. Tirmidzi)

Selain untuk menjaga kesehatan, kombinasi keduanya daapt pula membuat badan menjadi lebih berisi. Dalam sebuah riwayat Ibnu Majah disebutkan bahwa Aisyah RA. Hendak dipertemukan dengan Rasulullah, Aisyah rutin mengkonsumsi mentimun dan kuram basah untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Dalam ilmu pengobatan islam, sayur yang memiliki nama ilmia Cucumis Sativus dikenal dengan nama qitsa atau khiyar. Hal tersebut diabadikan juga dalam surat Al Baqaroh:

Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: ‘Hai, Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kamu kepada Tuhanmu, agar Diamengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya. “ (QS. Al Baqarah: 61)

Hasil penelitian modern menyebutkan bahwa mentimun mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat. Mentimun juga punya memiliki manfaat lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B 1, vitamin B2 dan vitamin C.

Selain dapat membentuk tubuh ideal sebagaimana yang diceritakan oleh Aisyah RA, apalagi manfaat dari mentimun?

Mentimun Ala Aisyah RA

Mengurangi bintik hitam

Tidak hanya berguna untuk mengurangi lingkaran hitam, mentimun juga membantu untuk menguangi bintik hitam. Parutan mentimun yang dibaluri ke daerah wajah dan leher dipercaya mampu menghilangkan bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena, timun daapt digunakan sebagai tonix alami.

Melindungi otak dari gangguan alzheimer

Di dalam mentimun terdapat zat yang bernama plafanol yang memiliki manfaat untuk meningkatkan memori dan melindungi sel-sel saraf dari penurunan fungsi otak. Pada penelitian, senyawa ini memberikan perlindungan secara progresif pada gangguan alzheimer.

Jus mentimun juga tak kalah sehat, karena di dalamnya terdapat kalium, magnesium, dan serat yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau rendah. Keseimbangan kalium sangat penting begitupun untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu yang daapt membantu untuk mengontrol saraf dan fungsi kinerja jantung. Apabila tidak suka dibuat jus maka bisa juga untuk mengunyahnya langsung. Ya, mengunyah mentimun dapat merangsang kalenjer air liur untuk memproduksi lebih banyak  dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bakteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi seperti iorea secara efektif dapat diobati oleh mentimun.

Melindungi dari serangan berbagai penyakit

Bukan hanya melindungi tubuh dari penyakit alzheimer, mentimun juga memiliki banyak manfaat lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah timbulnya sel kanker, penghilang racun, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah sembelit, pengontrol tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol dan mengobati diabetes.

Hidup sehat dan cantik itu tidak harus terus menerus merogoh kocek yang mahal. Jika kita lebih terbuka dan melihat sekeliling sebenarnya ada bahan-bahan alami yang berguna untuk kesehatan kita. Tidak sulit untuk tampil menawan tergantung dari kita sendiri bagaimana cara kita merawat diri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba.

Leave a Reply