Bukan Salahmu Karena Sering Makan Berlebih. Ini 8 Faktor Penyebabnya

Makan berlebih via gifemotions.tumblr.com

Makan berlebih via gifemotions.tumblr.com

Apakah kamu pernah merasa tak pernah bisa menghentikan nafsu makan? Entah itu cemilan atau makan besar, pasti langsung dilahap. Percayalah, itu bukan suatu kebiasaan yang baik. Tapi kamu juga tak perlu merasa bersalah karena mungkin itu tidak sepenuhnya menjadi kesalahanmu. Cobalah periksa faktor-faktor di bawah ini –yang menyebabkan kamu jadi suka makan berlebihan.

1. Kamu dalam lingkungan yang berantakan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Lingkungan dan Perilaku menemukan bahwa wanita yang berada di dapur berantakan cenderung makan lebih banyak daripada wanita yang berada di dapur bersih. Alasan ini mungkin bisa diterapkan untuk lingkungan rumah dan lingkungan pekerjaanmu. Jika kamu berada di sebuah ruang berantakan, kamu bisa tergoda untuk melahap semua makanan.

2. Kamu memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan terlalu cepat.

Dibutuhkan 20 menit bagi otak untuk memberitahukan bahwa perutmu sudah penuh. Jika kamu makan terlalu cepat, kamu bisa makan lebih banyak daripada yang dibutuhkan sebelum otak menyadari bahwa kamu sudah kenyang. Cobalah untuk makan perlahan, mengunyah setiap gigitan dengan hati-hati. Tindakan mengunyah adalah bagian dari proses yang membantu otak menyadari bahwa kamu sudah kenyang, sehingga semakin kamu mengunyah, semakin baik pencernaanmu. Para ahli juga menyarankan untuk meletakkan sendok di antara waktu makan untuk memperlambat proses.

3. Kamu tidak memperhatikan apa yang kamu makan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Cornell University menemukan bahwa orang-orang yang tidak memperhatikan apa yang mereka makan lebih cenderung untuk makan berlebihan. Menonton TV, atau melakukan kegiatan lain saat kamu sedang makan bisa membuat dirimu terus makan sampai di ambang batas.

4. Kamu makan dari piring atau mangkuk besar.

Penelitian yang sama menemukan bahwa menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantumu mengurangi jumlah makanan yang kamu makan hingga 20 persen! Hal yang sama juga berlaku untuk mangkuk.

5. Kamu dikelilingi sajian junk food.

Penelitian yang disebutkan di atas juga menemukan fakta bahwa jika ada junk food di sekitarmu, tanpa disadari kamu akan memakannya. Para peneliti menemukan bahwa menempatkan makanan junk food dan menggantinya dengan makanan sehat mudah dijangkau membantu menurunkan berat badan! Penelitian ini menyarankan agar kamu menaruh makanan sehat di lemari es dan dapur.

6. Kamu tengah stres.

Ketika stres, tubuhmu akan melepaskan hormon kortisol untuk memerintah otak bergeges mengambil makanan. Sebenarnya ini terbilang normal, tapi bila periode stress berkepanjangan kamu harus hati-hati. Peningkatan kadar kortisol terus menerus menyebabkan kamu jadi lebih sering makan berlebihan, seolah-olah kamu sedang mempersiapkan diri untuk perang.

7. Kamu sering mengkonsumsi alkohol saat makan.

Alkohol menurunkan daya ingatmu, dan bisa menyebabkan seseorang untuk makan lebih banyak dari biasanya. Karena rasanya yang masam, membuat lidahmu ingin mengkonsumsi makanan lainnya untuk pengganti rasa. Ada baiknya kebiasaan ini segera disingkirkan.

8. Waktu makanmu tak teratur.

Melewatkan waktu makan bisa membuatmu makan berlebihan, terutama jika kamu melewatkan makan siang. Misalnya, ketika kamu melewatkan makan siang, maka kamu akan terbawa untuk “balas dendam” di waktu malam.

Mengkonsumsi makanan pada dasarnya oke-oke saja, asalkan apa yang kamu makan itu tidak merugikan tubuh. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk menerapkan 8 anjuran di atas. Semogo kita semua selalu diberi kesehatan ya…

Leave a Reply