Bukan Cuma Bandung, 8 Tempat Wisata di Sumedang Ini Bikin Jawa Barat Makin Keren!

Saat akhir pekan, banyak lokasi di Indonesia yang menjadi buruan para wisatawan. Yup, liburan atau jalan-jalan menjadi bius tersendiri bagi mereka yang penat dengan dunia pekerjaan ataupun tugas perkulliahan. Beberapa tempat yang menjadi destinasi favorit wisatawan, diantaranya Bali, Bandung, Malang dan Yogyakarta. Namun ada tempat menarik lainnya yang juga patut untuk kamu sambangi saat liburan. Dimana? Tempat menarik tersebut adalah Sumsedang.

Hal pertama yang muncul di kepala kamu saat mendengar kata Sumedang pasti adalah tahu Sumedang. Salah satu camilan legendaris ini memang sudah terkenal menjadi icon kota Sumedang.  Itulah mengapa Sumedang ini mendapat julukan kota Tahu. Selain terkenal dengan tahunya, Sumedang juga memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata seperti Bali, Bandung, Malang dan Yogyakarta.  Nah, penasaran dengan kecantikan yang dimiliki Sumedang? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Curug Cinulang, tempat mendamaikan untuk kamu yang sedang ditindih keresahan dan kegalauan.

Curug Cinulang via bdg.co.id

Curug Cinulang via bdg.co.id

Kontur wilayah Sumedang yang bergunung-gunung, membuat wilayah Sumedang banyak dikelilingi air terjun. Banyak air terjun eksotis yang bisa kamu sambangi saat tiba di Sumedang, salah satu diantaranya adalah curug Cinulang atau yang populer juga dengan sebutan curug Sindulang. Buat kamu yang tertarik mengunjungi, curug ini berada di perbatasan antara Sumedang dan Bandung, tepatnya di Dsa. Sindulang, Kec. Cimanggung, sekitar 38km dari Bandung via bypass Cicalengka.

Curug dengan ketinggian mencapai 30 m ini memiliki panoraman yang indah sekali membuat siapa saja yang menginjakan kaki di dalamnya betah untuk berlama-lama.  Tempat ini cocok sekali untuk kamu yang merindukan kedamaian dan ketenangan.

2. Selain Curug Cinulang, ada juga Curug Cigorobog dengan pesona yang akan membuatmu langsung terpikat.

Curug Cigorobog via rafidyazmi.blogspot.com

Curug Cigorobog via rafidyazmi.blogspot.com

Curug Cigorobog terletak di Dsa. Citengah, Kec. Sumedang Selatan. Curug tiga tingkat ini memiliki ketinggian 40 m yang bersembunyi dibalik rimbunnya hutan. Untuk mencapai lokasi, kamu akan memakan waktu satu jam perjalanan dari kota Sumedang.

Keindahan yang disuguhkan curug ini selain memiliki air terjun tiga tingkat yaitu pemandangan sekitarnya yang masih begitu asri nan hijau. Tempat ini cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri.

3. Hamparan perkebunan teh Margawindu yang begitu hijau.

perkebunan teh Margawindu via coretansumedang.blogspot.com

perkebunan teh Margawindu via coretansumedang.blogspot.com

Buat kamu yang akan ke Curug Cigorobog, pada sebuah titik kamu akan menjumpai indahnya panorama bukit dan hamparan Perkebunan Teh Margawindu yang begitu hijau. Jadi sebelum atau sesudah dari Curug Cigrobog kamu bisa mampir dulu ke perkebunan teh yang satu ini. Pemandangannya yang asri nan hijau membuat perasaamu adem dan tenang. Tempat ini cocok sekali untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran atau sekadar melarikan diri dari rutinitas sehari-hari yang memuakan. Namun, karena kurangnya perawatan dari pemerintah setempat membuat akses menuju tempat ini kurang begitu baik, membuat kamu harus lebih berhati-hati jika ingin berkunjung kesini.

4. Buat kamu yang suka hikking, coba jajal pendakian menuju Puncak Sangiang Taraje di Gunung Tampomas.

Puncak Sangiang Taraje via wisatawanalam.blogspot.co.id

Puncak Sangiang Taraje via wisatawanalam.blogspot.co.id

Yup, buat kamu yang suka hikking cobalah untuk mendaki Gunung Tampomas dengan puncaknya bernama Sangiang Taraje. Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 1.684 mdpl ini memiliki beberapa jalur pendakian yang bisa ditempuh yaitu jalur Cibeureum, Buahdua dan Narimbang.

Kalau kamu berangkat lewat jalur Narimbang, kamu bisa menjumpai Curug Ciputrawangi yang asudah cukup populer di kalangan para wisatawan. Bukan hanya bisa menjumpai curug yang cantik tersebut, kamu juga bisa menjumpai hutan pinus yang begitu teduh sepanjang perjalanan. Setelah sampai di puncak Sangiang Taraje, kamu bisa menikmati keelokan panorama kota Sumedang dari atas ketinggian. Benar-benar keren dan mengasikan.

5. Bukan hanya gunung Tampomas yang bisa kamu daki. Masih ada Gunung Kunci yang layak juga untuk dijelajahi.

Gunung Kunci via gunungkunci.wordpress.com

Gunung Kunci via gunungkunci.wordpress.com

Selain gunung Tampomas, ada Gunung Kunci yang layak juga untuk kamu daki.  Gunung Kunci ini sarat akan sejarah, jadi kamu bukan hanya sekedar mendaki tapi juga kamu bisa mempelajari sejarah yang ada di dalamnya. Disini, terdapat juga benteng peninggalan Belanda yang masih kokoh sampai sekarang. Bukan Cuma itu, kamu juga bisa menikmati rimbunnya hutan pinus yang menaunginya.

Meski terkesan angker karena dulu beberapa ruang di tempat iin dijadikan untuk penyiksaan oleh penjajah, tapi Benteng Gunung Kunci ini tetap mampu menarik hati para wisatawan dan para pendaki untuk berfoto ria.

6. Kampung Toga, salah satu wisata terpadu di Sumedang yang cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu berasama keluarga.

Kampung Toga via www.indonesiawisata.info

Kampung Toga via www.indonesiawisata.info

Kampung Toga berjarak sekitar 2 Km dari kota Sumedang. Kalau kamu membutuhkan tempat wisata terpadu dengan fasilitas yang lengkap, Sumedang jawabannya. Kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan berasama keluarga. Bebrapa fasilitas yang ada disini diantara, yaitu: tempat menginap (vila dan cottage), tempat berenang, wahana outbond, wahana paralayang dan beberapa fasilitas lainnya yang menyenangkan. Buat kamu yang mau ke Sumedang, tempat ini jangan sampai kelewat dari list destinasimu.

7. Desa Wisata Alam Pangjugjugan yang akan membuatmu semakin bisa memaknai kehidupan.

Desa Wisata Alam Pangjugjugan via www.sgdnews.com

Desa Wisata Alam Pangjugjugan via www.sgdnews.com

Kawasan wisata yang satu ini terletak di Dsa. Cilembu, Kec. Pamulihan, Sumedang. Desa Wisata Alam Pangjugjugan ini tidak hanya menawarkan petualangan yang mengasikan, tapi juga memberimu banyak wawasan dan pengetahuan, seperti hasil produksi peternakan dan pertanian yang diolah menjadi usaha rumah tangga. Jangan lupa juga untuk menikmati susu sapi dan ubi Cilembu yang menjadi komoditas utama dari desa Cilembu ini.

8. Tutup perjalananmu dengan mengunjungi Museum Prabu Geusan Ulun yang sarat akan sejarah.

Museum Prabu Geusan Ulun via sky-adventure.com

Museum Prabu Geusan Ulun via sky-adventure.com

Sumedang bukan hanya kaya akan kuliner dan wiata alamanya saja, Sumedang juga sarat akan nilai sejarahnya. Buat kamu yang ingin lebih mengetahui sejarah Sumedang, kamu bisa mengunjungi Prabu Geusan Ulun. Museum ini menajdi tempat disimpannya peninggalan-peninggalan dari Kerajaan Sumedang Larang. Lokasinya yang tak jauh dari alun-alun kota Sumedang membuat lokasi obyek wisata yang satu ini mudah sekali dijangkau. Akan sangat disayangkan bila kamu melewatkan museum Prabu Geusan Ulun.

Itulah beberapa tempat wisata yang gak tidak boleh terlewatkan saat kamu jalan-jalan ke Sumedang. Tertarik untuk menyambanginya satu-satu? Pastinya tertarik ya. Yasudah sampai disini dulu infomasi mengenai wisata kota Sumedang. Bila ada yang ingin menambahkan, silahkan tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Dan selamat jalan-jalan.

Leave a Reply